3 Cara Analisa Fundamental Saham bagi Pemula

0
cara analisa fundamental saham

Cara Analisa Fundamental Saham – Analisa Fundamental merupakan salah satu analisa yang biasa digunakan oleh investor untuk analisis saham saham yang sudah menjadi incarannya.

Analisa fundamental saham bisa digunakan untuk segala jenis saham, baik saham first liner atau bluechip, saham second liner, bahkan third liner atau saham gorengan. Namun, analisa fundamental saham lebih sering digunakan untuk jenis saham first liner dan second liner. Berikut adalah informasi mengenai cara analisis fundamental saham:

Definisi Analisa Fundamental Saham

Analisis fundamental saham atau biasa disebut fundamental analysis adalah sebuah teknik analisa yang memperhitungkan faktor-faktor seperti analisis ekonomi, analisis pasar makro dan mikro, analisis sektor, dan kinerja suatu perusahaan.

Faktor-faktor tersebut akan dibuat menjadi suatu rasio yang bisa membantu para investor menganalisa saham pilihannya. Analisa fundamental saham bisa memberikan gambaran apakah suatu saham bisa dikatakan dalam kondisi yang layak diinvestasikan atau tidak.

Pengguna Analisa Fundamental Saham

Orang-orang yang biasa menjadi pengguna analisa fundamental saham adalah para investor. Terutama investor-investor jangka panjang yang akan menikmati hasil dari investasinya dijauh-jauh hari.

Banyak sebutan bagi para penganut analisis fundamental, namun salah satu yang paling terkenal adalah value investor. Value investor merupakan investor yang berinvestasi pada saham-saham yang memiliki value namun harga sahamnya berada di bawah value saham itu sendiri. 

Cara Melakukan Analisa Fundamental Saham

Cara yang bisasa digunakan untuk melakukan analisis fundamental saham adalah top-down analisis. Analisa dimulai dari kondisi perekonomian suatu negara apakah sedang baik atau tidak, dilanjutkan dengan mencari sektor-sektor yang kemungkinan memiliki prospek cerah berdasarkan kondisi makro, dan pada akhirnya mencari saham perusahaan disektor tersebut.

Pada saat melakukan analisa mikro pada suatu perusahaan, kamu bisa menggunakan rasio-rasio yang mempermudahkanmu dalam melakukan analisis fundamental saham seperti berikut ini:

1. Earnings Per Share (EPS)

Earnings per share (EPS) atau biasa disebut laba per lembar saham adalah rasio yang menggambarkan proporsi laba perusahaan dibanding dengan total jumlah lembar saham perusahaan tersebut.

2. Price Earnings Ratio (PER)

Price eanings ratio atau biasa disebut rasio saham saat ini dibanding dengan laba perusahaan meruapakan rasio yang membandingkan harga dengan laba perusahaan.

3. Price to Book Value (PBV)

Price to book value (PBV) merupakan rasio yang membandingkan harga saham saat ini dengan value atau harga saham berdasarkan catatan buku perusahaan yang biasa disebut dengan harga wajar saham. Kamu bisa mempelajari cara mencari PBV dengan membaca artikel ini.

Selain ketiga rasio tersebut, masih banyak lagi rasio-rasio yang bisa kamu pelajari untuk menggunakan analisis fundamental saham seperti pada gambar berikut ini:

cara analisa fundamental saham
cara analisa fundamental saham

Sekian artikel cara analisa fundamental saham untuk investor pemula. Tetap ikuti Persentaseh Harian blog untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

error: Content is protected !!