Cara Menambal Bocor Keuangan

Persentase Harian

Cara Menambal Bocor Keuangan – Bocor keuangan merupakan masalah kebanyakan orang yang baru memulai merencanakan keuangan pribadi maupun keluarga. Gaji yang datang, tiba – tiba tidak terasa sudah menghilang. Apakah kamu mengalaminya juga?

Menambal kebocoran keuangan sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan hal – hal disiplin terkait keuanganmu. Berikut adalah cara menambal bocor keuangan yang mudah:

Cara Menambal Bocor Keuangan

Cara menambal kebocoran keuangan atau finansial bisa kamu lakukan dengan cara:

1.   Membuat Skala Prioritas Keuangan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menambal kebocoran keuangan adalah membuat skala prioritas. Skala prioritas keuangan bisa kamu susun berdasarkan jangka waktu maupun tingkat urgensinya.

Misalkan prioritasmu saat ini adalah menabung untuk melakukan umroh. Maka, hal pertama yang harus kamu lakukan ketika mendapatkan gaji atau penghasilan adalah menabungnya atau melakukan investasi guna meraih tujuan finansial yaitu umroh.

2.   Membuat Budgeting

Langkah kedua untuk tambal kebocoran di keuanganmu adalah melakukan budgeting. Budgeting dibuat agar kamu mematuhi “jatah” uang untuk suatu hal.

Misalkan saja budgetingmu adalah 50% kebutuhan hidup, 20% keinginan, 20% investasi untuk masa depan, serta 10% untuk kegiatan sosial atau memberi orang tua.

Alokasikan uang sesuai budget masing – masing dan pergunakan sesuai jatah uang yang ada.

3.   Membuat Rekening dengan Tujuan Keuangan Tersendiri

Langkah terakhir untuk menghindari bocor keuangan adalah membuat rekening dengan tujuan keuangan masing – masing. Kamu bisa mengkombinasikan cara ke3 ini dengan cara ke2 sehingga kamu memerlukan 3 – 4 rekening terpisah.

Sekian artikel cara menambal bocor keuangan. Nantikan artikel lainnya yang akan lebih bermanfaat untuk membuka wawasan keuanganmu.

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!