3 Cara Mencari Jumlah Saham Beredar di Laporan Keuangan

cara mencari jumlah saham beredar bca

cara mencari jumlah saham beredar bca

Persentase Harian

Bagi seorang analis fundamental, cara mencari jumlah saham beredar merupakan hal basic yang harus dikuasai. Kemampuan mencari jumlah saham beredar di laporan keuangan merupakan jalan yang harus dilalui untuk mengetahui rasio-rasio yang akan digunakan kemudian seperti Earnings Per Share (EPS) dan Book Value Per Share (BVPS).

Rasio-rasio tersebut akan digunakan untuk menganalisa apakah suatu perusahaan layak untuk diinvestasi. Karena analisa fundamental berfokus pada keadaan keuangan perusahaan, laporan keuangan menjadi kitab suci yang harus dibaca. Yuk simak cara mencari jumlah saham beredar di laporan keuangan berikut ini:

Definisi Jumlah Saham Beredar

Definisi jumlah saham beredar adalah jumlah saham perusahaan yang sudah dikeluarkan, dibeli, atau dimiliki oleh para investor di luar perusahaan.Jika diibaratkan sebuah kue, jumlah saham beredar adalah potongan kue yang sudah dimiliki dan dimakan oleh orang di suatu pesta, sedangkan kue yang masih tersisa adalah jumlah saham yang masih dimiliki oleh perusahaan.

Misalkan sebuah perusahaan ketika Initial Public Offering (IPO) melakukan pencatatan bahwa saham yang dimiliki adalah 1.000.000.000 lembar saham. Ketika Initial Public Offering (IPO) ternyata perusahaan tersebut hanya menjual 70% lembar saham yang dimiliki atau 700.000.000 lembar saham. 700.000.000 lembar saham itulah yang dinamakan jumlah saham beredar.

Cara Mencari Jumlah Saham Beredar

Terdapat beberapa cara untuk mencari jumlah saham beredar, namun pada artikel ini akan berfokus pada cara mencari jumlah saham beredar di laporan keuangan.

1. Akses Website IDX

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka website Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Pada website tersebut kamu akan menemui banyak informasi seputar investasi di pasar modal.

cara mencari jumlah saham beredar

2. Download Laporan Keuangan Perusahaan

Langkah kedua adalah mendownload laporan keuangan perusahaan dengan cara menombol menu perusahaan tercatat dan klik laporan keuangan dan tahunan.

Pada artikel kali ini kita akan mencari jumlah saham beredar BCA. Pilih laporan keuangan pada jenis laporan, saham pada jenis efek, BBCA pada kode/nama perusahaan, 2019 untuk tahun dan tahunan pada period. Klik cari dan download LK BBCA. Dengan cara ini, kamu bisa mencari jumlah saham beredar BCA.

cara mencari jumlah saham beredar BCA

3. Buka Laporan Posisi Keuangan

Setelah mendownload laporan keuangan BCA, kamu bisa membuka laporan posisi keuangan di bagian ekuitas. Jumlah saham beredar BCA dapat diketahui dengan melihat Modal ditempatkan dan disetor penuh: 24.655.010.000 lembar saham.

Catatan tersebut menyebutkan bahwa jumlah saham beredar BCA di tahun 2019 adalah 24.655.010.000 lembar saham sedangkan 88.000.000.000 lembar saham masih dimiliki oleh perusahaan.

cara mencari jumlah saham beredar BCA

Setelah mengetahui cara mencari jumlah saham beredar BCA, kamu bisa melakukan analisa menggunakan rasio seperti Earnings Per Share (EPS) dan Book Value Per Share (BVPS). 

Sekian artikel mengenai cara mencari jumlah saham beredar di laporan keuangan. Simak juga artikel lainnya yang lebih bermanfaat untukmu. 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

error: Content is protected !!