3 Cara Mengembangkan Usaha Percetakan Digital

Mengembangkan Usaha Percetakan Digital

Persentase Harian

Cara Mengembangkan Usaha Percetakan Digital – Perkembangan teknologi di dunia ini membuat dunia yang kita tinggali saat ini semakin berwarna. Bayangkan saja, ketika melihat televisi dan media di masa lalu yang berwarna hitam putih atau monochrome, kamu akan merasa sangat bosan kan?

Perkembangan teknologi membuat televisi dan media sosial menjadi begitu berwarna. Begitu pula dengan media cetak. Sewaktu kita masih di usia sekolah dasar, harga cetak warna mungkin terasa sangat mahal bagi kita daripada fotocopy hitam putih biasa. Namun, teknologi percetakan digital atau biasa disebut digital printing ini membuat semuanya berubah.

Kamu bisa mencetak berbagai desain penuh warna dengan harga yang cukup terjangkau. Semakin berkembangnya ilmu marketing, membuat usaha percetakan digital ini sangat menggiurkan. Yuk simak artikel mengenai cara mengembangkan usaha percetakan digital atau digital printing berikut ini:

Definisi Percetakan Digital

Definisi Percetakan Digital

Arti dari percetakan digital adalah proses printing atau percetakan dari berkas berbentuk softfile atau digital (file) menjadi bentuk hardfile. Produk yang biasa dihasilkan oleh usaha percetakan digital ini adalah segala jenis undangan (undangan pernikahan, undangan acara, dll), sticker, album foto, kaos, cover buku, banner, name card, dan lain sebagainya. Digital printing ini merupakan pengembangan dari percetakan konvensional (offset printing) yang termasuk dalam industri percetakan.

Jenis Percetakan Digital

Jenis Percetakan Digital

Jika kamu mengira bahwa percetakan digital hanya ada 1 jenis, kamu salah. Digital printing memiliki 3 jenis bisnis yang berdasarkan produk yang dikeluarkan. Berikut adalah jenis digital printing yang ada saat ini:

1. Digital Sablon

Percetakan digital sablon merupakan digital printing yang berfokus pada produk custom seperti gelas minum, botol minum, alat tulis seperti pulpen, hingga kaos. Kamu mungkin banyak menemui kaos-kaos bersablon digital bukan? Selain memiliki kualitas yang baik, harga yang diberikan pun terjangkau.

2. Digital Press

Percetakan digital press adalah contoh digital printing yang paling umum. Hal ini dikarenakan produk yang dihasilkan oleh percetakan digital press adalah buku, brosur, undangan, catalog, poster, dan lain sebagainya yang dicetak pada media kertas. Ukuran kertas cetak digital printing pun bervariasi, mulai dari A3, A4 hingga A5.

3. Digital Printing Outdoor/Indoor

Sesuai namanya, percetakan digital printing outdoor atau indoor merupakan digital printing yang berfokus pada barang-barang yang biasa dipajang di indoor maupun outdoor. Barang tersebut adalah standing banner, backdrop, spanduk, dan lain sebagainya. Teknik cetak yang digunakan pun tentunya memerlukan alat cetak yang besar karena output yang dihasilkan pun berukuran besar.

Apa Kelebihan Teknik Cetak Digital

Apa Kelebihan Teknik Cetak Digital

Teknik percetakan digital memiliki berbagai kelebihan daripada percetakan konvensional, berikut adalah beberapa kelebihan tersebut:

  • Produk yang dihasilkan beragam sesuai dengan jenis percetakan pada subbagian sebelumnya.
  • Kualitas cetak lebih baik karena tingkat ketajaman dan kejernihan yang lebih presisi.
  • Warna yang lebih bervariasi sesuai dengan desain.
  • Biaya produksi yang cenderung lebih murah jika melakukan produksi massal.

Modal Usaha Percetakan Digital

Modal Usaha Percetakan Digital

Modal usaha percetakan digital cukup bervariasi. Tergantung spesifikasi hardware yang kamu inginkan. Berikut adalah perkiraan modal usaha untuk bisnis digital printing:

  • Mesin Digital Printing: Estimasi harga 30 juta hingga ratusan juta rupiah
  • Komputer: Harga beragam mulai dari 5 juta hingga puluhan juta. Tentunya kamu akan membutuhkan lebih 1 komputer untuk peluang usaha percetakan digital ini.
  • Tinta dan kertas: Harga beragam sesuai kualitas dan kuantitas namun modal 10 juta untuk awal usaha sudah cukup baik.
  • Sewa Tempat: Harga sewa tempat pun beragam sesuai dengan lokasi yang dipilih. Sebagai acuan, kamu bisa menganggarkan 20 juta/tahun untuk sewa tempat.
  • Utilitas: Biaya listrik, internet, dan air juga termasuk dalam modal usaha yang perlu kamu siapkan.
  • Gaji karyawan: gaji karyawan bisa kamu sesuaikan dengan nilai UMR di wilayahmu. Sebagai contoh kamu perlu mengeluarkan gaji 2,5 juta per bulan untuk 1 karyawan percetakan digital.

Total modal usaha minimal yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha percetakan digital adalah 85 juta rupiah. 85 juta rupiah tersebut digunakan untuk mesin digital printing entry level, 3 komputer entry level, tinta dan kertas, sewa tempat setahun, biaya utilitas, dan 3 orang karyawan.

Cara Mengembangkan Usaha Percetakan Digital

Cara Mengembangkan Usaha Percetakan Digital

Mengembangkan usaha percetakan digital termasuk susah-susah-gampang. Kamu mungkin akan mengalami kesulitan untuk mengumpulkan modal, mencari tempat sewa, maupun karyawan yang bisa dipercaya. Namun, sekali usahamu sudah lancar, kamu akan menikmati pendapatan pasif dari bisnis ini. Berikut adalah tipsnya:

1. Cari Target Market yang Sesuai

Seperti yang kamu ketahui sebelumnya bahwa percetakan digital dibagi menjadi 3 jenis. Kamu cukup memilih salah satu dan kembangkan bisnis percetakan ini. Kamu harus melakukan riset terkait permintaan pasar yang ada di daerahmu. Apakah target market tersebut lebih membutuhkan digital sablon, digital press, atau digital printing outdoor/indoor.

2. Bangun Brandmu

Sebuah bisnis akan profitable dan sustainable jika sudah memiliki brand. Ketika kami memiliki brand, kamu bisa mengambil keuntungan lebih banyak daripada tanpa brand. Brand ibaratnya adalah sebuah jaminan atas kualitas yang kamu berikan pada customermu.

3. Buatlah Promo atau Event Khusus

Permintaan percetakan digital tentunya akan mengalami naik turun. Untuk mengatasi hal ini, ketika permintaan pasar sedang turun, kamu bisa membuat promo atau event khusus seperti cetak 100 lembar bayar 70 lembar, cetak 5 tumbler custom gratis 1, dan lain sebagainya. Lebih menarik lagi jika kamu membuat member card yang memiliki benefit berupa diskon.

Sekian artikel mengenai cara mengembangkan usaha percetakan digital. Peluang usaha digital printing ini akan semakin menarik karena meningkatnya UMKM di negara kita. Di beberapa marketplace pun menjual kelas bisnis percetakan yang bisa kamu pelajari. Kamu pun bisa mendapatkan tips dan informasi peluang bisnis lainnya hanya di Persentase Harian.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

error: Content is protected !!