3 Contoh Investasi Moderat untuk Pemula

3 Contoh Investasi Moderat untuk Pemula

Persentase Harian

Contoh Investasi Moderat – Setelah mengetahui jenis profil risiko investasi, kamu mungkin merupakan orang yang memiliki profil risiko investasi moderat.

Sebagai pemula, tentunya kamu ingin mengetahui instrumen investasi apa yang cocok untuk tipe moderat. Berikut adalah 3 contoh investasi untuk tipe profil risiko moderat:

Contoh Investasi Moderat

Instrumen yang cocok untuk tipe profil risiko moderat adalah sebagai berikut:

1.   Obligasi

Obligasi adalah contoh investasi moderat yang pertama. Obligasi adalah surat hutang yang dikeluarkan oleh suatu entitas. Dalam hal ini, obligasi yang aman adalah obligasi yang dikeluarkan oleh negara seperti surat berharga negara atau surat utang negara.

Imbal hasil yang diberikan oleh obligasi pemerintah lebih tinggi daripada deposito biasa sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi namun diimbangi dengan risiko yang aman.

2.   Peer to Peer Lending

Peer to peer lending atau biasa disebut P2P merupakan instrumen investasi lainnya yang bisa kamu pilih sebagai contoh investasi moderat. Ketika kamu hendak memilih P2P, pastikan platform tersebut terpercaya dan diawasi oleh OJK.

Selain itu, kamu juga harus melihat tingkat solvabilitas dari pinjaman yang ada. Jika solvabilitas dari seluruh pinjaman di atas 95%, maka P2P tersebut aman untuk kamu coba.

Imbal hasil yang diberikan oleh P2P lending juga cukup tinggi di kisaran belasan persen per tahun.

3.   Reksadana Campuran

Contoh investasi moderat lainnya adalah reksadana campuran. Reksadana campuran merupakan reksadana yang berisi instrumen investasi seperti obligasi dan saham. Karena reksadana dikelola oleh manajer investasi, tentunya risiko yang mungkin terjadi bisa diminimalisir daripada kamu investasikan sendiri dengan pengetahuan yang minim.

Demikian artikel singkat mengenai contoh investasi untuk profil risiko moderat. Nantikan artikel keuangan lainnya yang akan lebih bermanfaat untuk literasi keuanganmu.

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
EZ Financial Planning