3 Dampak Positif dan Negatif e Commerce

3 Dampak Positif dan Negatif e Commerce

Persentase Harian

Dampak Positif dan Negatif e Commerce – Dunia belakangan ini sangat berbuah drastis. 15 Tahun yang lalu, kebanyakan orang tidak akan terpikirkan bahwa kita mampu berbelanja dari jarak jauh tanpa melihat barangnya secara langsung.

Perdagangan secara digital atau biasa disebut e commerce dan e business sangatlah merubah sistem bisnis secara keseluruhan. Toko – toko dan mall yang dulunya ramai pembeli, kini kehilangan sebagian pelanggannya karena mereka lebih memilih berbelanja secara online.

Jika suatu brand tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman ini, tentunya mereka akan mengalami kerugian. Pada artikel ini, akan dibahas dampak positif serta negatif e commerce:

Dampak Positif dan Negatif e Commerce

Dampak Positif dari e Commerce

1.    Menambah Sumber Pendapatan

Hadirnya e commerce mampu memberikan tambahan sumber pendapatan bagi orang yang mampu melihat kesempatan. Mereka dapat membuka toko online secara mudah di berbagai market place sehingga bisa mendapatkan revenue stream tambahan.

2.    Meningkatkan Jangkauan Pasar

Karena berbasis online, manfaat dari adanya e commerce adalah meningkatkan jangkauan pasar dari suatu produk. Produk yang dulu misalnya hanya bisa dibeli di Bandung, kini bisa dibeli oleh seseorang yang berada di Aceh.

3.    Mendapatkan Komisi dari Dropship, Reseller, dan Affiliate

Munculnya e commerce juga memberikan manfaat bagi orang – orang yang tidak memiliki produk tapi ingin mendapatkan penghasilan. Mereka bisa bekerja sama dengan toko maupun brand untuk menjadi dropshipper, reseller, atau affiliator produk mereka dan mendapatkan komisi.

Dampak Negatif e Commerce

1.    Timbulnya Modus Penipuan Baru

Selain beragam manfaat positif e commerce, tentunya akan ada dampak negatifnya dimana salah satunya adalah munculnya modus penipuan baru. Seller nakal akan membuat promo menarik untuk menarik pembeli dan mengirimkan produk yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Selain itu. banyak juga sms maupun whatsapp yang mengatasnamakan suatu marketplace dan menawarkan hadiah jika mau menebus dengan nominal tertentu. Tentunya hal ini akan sangat merugikan orang – orang yang tidak memahaminya.

2.    Bisnis Offline yang Rugi

E commerce memang memberikan kemudahan bagi banyak orang, namun ada juga orang yang merasa dirugikan karena tidak mampu mengikuti perkembangan zaman. Mereka akan mengalami kerugian karena tokonya tidak laku dan pada akhirnya tutup.

3.    Menimbulkan Impulse Buying

Karena mudahnya transaksi di e commerce dan beragam promo menarik yang ada, seseorang yang sebelumnya tidak ingin membeli sesuatu bisa berakhir dengan membeli produk yang tidak dibutuhkannya.

Hal ini bisa menyebabkan keuangan yang tidak sehat apalagi ketika membelinya menggunakan paylater.

Oleh karena itu, kita harus bijak dalam menghadapi perubahan agar dapat memanfaatkan dampak positifnya dan menghindari dampak negatifnya.

Demikian artikel mengenai dampak positif dan negatif e commerce. Nantikan artikel lainnya yang lebih bermanfaat lagi.

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!