3 Fungsi Proteksi dalam Keluarga

0
Fungsi Proteksi dalam Keluarga

Persentase Harian

Fungsi Proteksi dalam Keluarga – Menjalin hubungan rumah tangga untuk membuat keluarga merupakan tujuan hidup sebagian orang. Memiliki seorang suami atau istri yang menyayangi kita apa adanya serta buah hati yang lucu akan membuat hidupmu semakin utuh dan berarti.

Kebahagiaan keluarga yang didambakan pun bukan berarti tidak memiliki risiko yang mungkin merenggutnya. Salah satu jenis risiko yang menjadi pemisah dalam keluarga adalah masalah keuangan.

Setiap masalah juga memiliki solusinya masing – masing. Begitu pula masalah keuangan yang bisa dicegah dengan proteksi keuangan keluarga.

Lalu apa sih fungsi proteksi dalam keluarga khususnya di bidang keuangan? Yuk simak artikel di bawah ini:

Fungsi Proteksi dalam Keluarga

Fungsi proteksi keuangan dalam keluarga sangatlah banyak. Namun, pada artikel kali ini, kami hanya akan membahas 3 fungsi utama dari sebuah proteksi keuangan keluarga yang biasa disebut dengan asuransi:

1.   Memberikan Rasa Aman Ketika Jatuh Sakit

Fungsi pertama dan nyata dari sebuah asuransi proteksi keluarga adalah adanya jaminan dana yang dapat digunakan ketika anggota keluarga jatuh sakit. Kamu bisa mendapatkan proteksi keluarga ini dengan membeli produk asuransi kesehatan.

Pihak asuransi akan memberikan pembayaran kepada pihak rumah sakit. Bahkan, kamu bisa melakukannya tanpa mengeluarkan uang sama sekali (cashless).

2.   Memberikan Jaminan Uang Pendidikan Anak

Setiap orang tua pastinya menginginkan anaknya dapat menempuh pendidikan setinggi mungkin. Lalu, bagaimana jadinya ketika sang pencari nafkah (seorang ayah) mengalami kematian sebelum anaknya lulus dari pendidikannya (kuliah).

Apakah anak tersebut akhirnya terlantar dan kesulitan melanjutkan pendidikannya? Tentunya sebagai orang tua yang bertanggung jawab kamu tidak menginginkan hal ini bukan?

Oleh karena itu, kamu bisa menyiapkan dana pendidikan anak melalui asuransi jiwa. Sehingga ketika risiko kematian terjadi, terdapat uang pertanggungan yang dapat digunakan sebagai uang pendidikan anak sekaligus biaya hidup untuk keluarga tercinta yang ditinggalkan.

3.   Melunasi Hutang yang Belum Lunas

Ketika kamu memiliki hutang, tentunya keluarga akan merasa was – was ketika kamu tidak mampu membayarnya. Entah karena kamu jatuh sakit maupun mengalami kematian.

Fungsi proteksi dalam keluarga selanjutnya adalah memberikan pelunasan untuk hutang yang belum terbayarkan. Baik itu hutang KPR, hutang KTA, dan hutang usaha.

Kamu bisa mendapatkan proteksi tersebut dengan memiliki produk asuransi jiwa yang akan memberikan uang pertanggungan ketika risiko kematian terjadi. Sehingga keluarga yang ditinggalkan tidak perlu menanggung beban hutang yang kamu tinggalkan.

Sekian informasi berharga yang dapat kami sampaikan pada artikel fungsi proteksi dalam keluarga. Baca juga artikel lainnya yang akan lebih bermanfaat untukmu.

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
Kami Terlindungi
EZ Financial Planning