4 Algoritma Klasifikasi Data Mining Terbaik

0
Algoritma Klasifikasi Data Mining

Persentase Harian

Algoritma Klasifikasi Data Mining – Perkembangan teknologi saat ini membuat munculnya aset baru yang belum ada sebelumnya. Aset tersebut adalah data.

Data sudah menjadi komponen yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Terutama bagi bisnis berbasis online atau teknologi. Data tersebut akan diolah oleh machine learning untuk didapatkan pola yang ada dan bisa diprediksi. Oleh karena itu, yuk ketahui apa saja algoritma data mining terbaik berikut ini:

Apa Itu Algoritma dalam Data Mining

Pengertian algoritma dalam data mining adalah sebuah program atau kumpulan perhitungan yang bisa membentuk suatu model atau pola berdasarkan data yang ada. Jadi, ketika suatu pola gagal untuk memprediksi trend yang ada, tentunya algoritma yang dipakai tidak sesuai atau salah.

Algoritma Klasifikasi Data Mining

Pada artikel ini kita akan membahas jenis-jenis algoritma data mining yang ada berikut ini:

1. Algoritma Data Mining C4.5

Algoritma pertama adalah C4.5. C4.5 merupakan algoritma yang paling berpengaruh karena berfungsi sebagai pembuat classifier dalam pohon keputusan.

Data yang digunakan adalah kasus-kasus yang sudah dikategorikan dan memiliki deskripsi atas nilai dari set atribut tetapnya. Output dari C4.5 ini dapat secara akurat memprediksi tingkat yang dimiliki.

2. Algoritma Data Mining k-means

Algoritma kedua adalah algoritma k-means dalam klasifikasi data mining. Algoritma ini berfungsi untuk membentuk k-grup dari obyek-obyek agar memiliki kesamaan pada grup tersebut.

Algoritma ini mampu membagi data menjadi cluster-cluster yang sudah ditentukan sehingga tak heran jika algoritma k-means digunakan dalam teknik analisis cluster.

3. Algoritma Data Mining Apriori

Algoritma lain yang sering dipakai adalah apriori. Algoritma ini mampu mempelajari aturan asosiasi agar dapat diaplikasikan pada database. Tujuan utamanya adalah untuk menampilkan mayoritas transaksi yang ada.

4. Algoritma Data Mining Naive Bayes

Algoritma Naïve Bayes merupakan algoritma terakhir pada artikel ini. Algoritma yang didasarkan pada teori Bayes ini digunakan saat dimensi input tinggi. Algoritma Naïve Bayes ini mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya karena mudah dibangun dan tidak memunculkan skema estimasi parameter.

Sekian artikel mengenai algoritma klasifikasi data mining. Nantikan artikel lainnya yang lebih menarik.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!