Cara Mencari Laba Ditahan di Laporan Keuangan

Persentase Harian

Cara Mencari Laba Ditahan di Laporan Keuangan – Seorang analis fundamental tentunya akan mengambil keputusan investasi menggunakan data yang ada di laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan perusahaan merupakan laporan yang dibuat oleh perusahaan untuk memberikan informasi kepada para investor terkait kondisi keuangan perusahaan.

Di antara banyaknya informasi yang disajikan, terdapat salah satu pos atau akun yang penting untuk kamu ketahui. Akun tersebut adalah laba ditahan. Apa itu laba di tahan dan bagaimana cara mencarinya di laporan keuangan? Yuk simak artikel berikut ini

Definisi Laba Ditahan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Definisi Laba Ditahan

Pengertian laba ditahan adalah akumulasi laba yang dihasilkan oleh perusahaan pada periode tertentu dan tidak digunakan untuk memberikan dividen kepada para investor atau keperluan perusahaan.

Fungsi Laba Ditahan Bagi Perusahaan

Fungsi Laba Ditahan

Fungsi laba ditahan adalah cadangan keuangan perusahaan untuk mengembangkan usahanya serta menjadi daya tahan perusahaan dari risiko-risiko yang mungkin dialami. Berikut adalah beberapa fungsi laba ditahan:

  1. Menutupi kekurangan dana operasional perusahaan
  2. Dana ekspansi atau pengembangan bisnis
  3. Akuisisi aset maupun bisnis lain
  4. Dana untuk membayar liabilitas
  5. Dana untuk membagikan dividen kepada pemegang saham

Cara Mencari Laba Ditahan di Laporan Keuangan

Cara Mencari Laba Ditahan di Laporan Keuangan

Terdapat beberapa cara untuk mencari laba ditahan, namun pada artikel ini akan berfokus pada cara mencari laba ditahan di laporan keuangan.

1. Buka Website Bursa Efek Indonesia

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengakses halaman Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Pada website BEI, kamu akan banyak menemui informasi mengenai investasi di pasar modal.

2. Download Laporan Keuangan Perusahaan

Langkah kedua yang kamu lakukan adalah mengunduh laporan keuangan perusahaan dengan cara:

  • Klik menu perusahaan tercatat
  • Klik laporan keuangan dan tahunan
  • Cari laporan keuangan perusahaan yang kamu inginkan (pada artikel ini akan mengambil contoh laba ditahan Indofood
  • Pilih laporan keuangan pada jenis laporan dan saham pada jenis efek
  • Ketikkan INDF sebagai kode/nama perusahaan Indofood
  • Pilih tahun (pada artikel ini menggunakan laporan keuangan Indofood tahun 2020)
  • Pilih tahunan pada period
  • Klik cari dan download laporan keuangan INDF 2020

3. Mencari Laba Ditahan di Laporan Posisi Keuangan

Mencari Laba Ditahan di Laporan Posisi Keuangan

Setelah mengunduh laporan keuangan INDF 2020, kamu bisa mencari laba ditahan dibagian laporan posisi keuangan pada ekuitas. Laba ditahan INDF dapat diketahui dengan melihat saldo laba yang belum ditentukan penggunaannya atau Retained Earnings.

Laba ditahan INDF tahun 2019 adalah 26.664.999 (dalam jutaan rupiah) dan pada tahun 2020 sebesar 30.995.800 (dalam jutaan rupiah).

4. Mencari Laba Ditahan di Laporan Perubahan Ekuitas Konsolidasian

Cara Mencari Laba Ditahan di Laporan Keuangan

Selain pada laporan posisi keuangan, kamu juga bisa mencari laba ditahan di laporan perubahan ekuitas konsolidasian. Laba ditahan INDF dapat diketahui dengan melihat saldo laba yang belum ditentukan penggunaannya atau Retained Earnings.

Laba ditahan INDF tahun 2019 adalah 26.664.999 (dalam jutaan rupiah) dan pada tahun 2020 sebesar 30.995.800 (dalam jutaan rupiah)

Kesimpulan Cara Mencari Laba Ditahan di Laporan Keuangan

Cara mencari laba ditahan di laporan keuangan sangat mudah bukan? Jadi sekarang tidak ada alasan lagi untuk kamu tidak memeriksa laba ditahan sebuah perusahaan sebelum berinvestasi.

Pada contoh kali ini Retained Earnings saham INDF naik dari tahun 2019 ke tahun 2020. Hal ini mengindikasikan operasional perusahaan yang baik sehingga laba ditahan terakumulasi secara posiitif.

Sekian artikel mengenai cara mencari laba ditahan di laporan keuangan. Simak juga artikel lainnya yang lebih bermanfaat untukmu hanya di Persentase Harian.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

error: Content is protected !!