4 Cara Menjadi Copywriter Freelance Pemula

1
Cara Menjadi Copywriter

Persentase Harian

Cara Menjadi Copywriter Freelance Pemula – Kemajuan dunia digital memunculkan banyak lapangan pekerjaan baru. Salah satu profesi yang muncul sejak adanya dunia digital adalah copywriter.

Pekerjaan copywriter sangat cocok bagi kamu yang memiliki skill dibidang tulisan. Karena fokus dari seorang copywriter adalah membuat tulisan yang menarik dan dapat mendatangkan trafik. lalu apa itu copywriter, apa saja yang perlu dipelajari copywriter, dan bagaimana cara menjadi copywriter? Yuk simak artikel berikut ini:

Apa Itu Copywriter

Apa Itu Copywriter

Sebelum mengetahui apa itu copywriter, kamu harus mengetahui definisi copywriting. Arti copywriting adalah salah satu skill dalam pemasaran online yang digunakan untuk mempengaruhi atau mempersuasi pembaca agar melakukan sesuatu yang diinginkan oleh penulis.

Definisi copywriter adalah sebuah profesi dalam digital marketing dimana orang tersebut bertugas untuk menarik trafik dan mempersuasi trafik tersebut untuk mencapai goal dari tulisan yang dibuat. Saat ini copywriter banyak dibutuhkan oleh pebisnis online dan content creator.

Cara Menjadi Copywriter Pemula

Cara Menjadi Copywriter Pemula

Cara menjadi copywriter pemula sangatlah mudah. Kamu cukup memahami materi-materi mengenai copywriting seperti berikut ini:

1. Headline dalam Copywriting

Headline copywriting merupakan hal dasar dari cara menjadi copywriter. Headline adalah judul dari sebuah tulisan. Headline menjadi komponen terpenting dalam suatu copywriting karena headline merupakan elemen yang pertama kali dilihat oleh audience.

2. Penawaran dalam Copywriting

Hal kedua yang harus dipelajari seorang copywriter adalah penawaran. Tujuan utama dari seorang copywriter adalah memberikan penawaran atas permasalahan atau impian dari pembaca. Sehingga cara paling mudah untuk menarik minat pembaca adalah memberikan penawaran sesuai keinginan pembaca.

3. Produk dalam Copywriting

Setelah mendapatkan minat audience, tentunya seorang copywriter akan menawarkan produknya. Produk yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari produk makanan, minuman, kesehatan, kosmetik, hingga ecourse.

4. Call to Action dalam Copywriting

Elemen terakhir adalah call to action atau ajakan untuk melakukan sesuatu. Seperti yang dibahas sebelumnya, tujuan copywriter adalah membaca pembaca untuk mencapai tujuan dari tulisan. Dan tujuan umum dari sebuah tulisan adalah penjualan.

Kamu bisa mempelajari dasar copywriting dan contoh menulis copywriting untuk produk makanan dengan membaca artikel ini.

Cara Menjadi Copywriter Freelance

Cara Menjadi Copywriter Freelance

Setelah mempelajari berbagai hal mengenai copywriting. Kamu bisa menjadi freelance copywriter. Berikut adalah caranya:

1. Riset Market Copywriter

Hal dasar yang perlu dilakukan sebelum menjadi freelance copywriter adalah riset pasar. Riset pasar ini digunakan untuk mengetahui trend yang sedang terjadi. Misalnya banyaknya permintaan untuk menjadi freelance copyrwriter untuk suatu produk, suatu brand, atau bahkan content writer.

Selain trend permintaan, kamu juga harus mengetahui trend search engine optimization (SEO) dan search engine marketing (SEM). Dengan mengetahui SEO dan SEM, bisa membuatmu menjadi freelance copywriter yang handal.

2. Memilih Branding Copywriter

Setelah mengetahui trend yang ada, kamu bisa memilih niche yang sesuai dengan keahlianmu. Penyesuaian niche yang kamu ambil tersebut akan memberikanmu brand. Semakin terkenalnya brandmu sebagai copywriter, tentunya akan meningkatkan permintaan job dan rate dari karyamu.

3. Memilih Platform Freelance Copywriter

Langkah selanjutnya adalah memilih platform freelance. Di Indonesia sendiri sangat banyak marketplace bagi para freelance copywriter. Kamu bisa memilih salah satu atau bahkan semua platform tersebut. Tentunya, ketika kamu memilih semua platform freelance yang ada, kamu akan mendapatkan kesempatan yang lebih luas.

4. Bangun Portofolio Copywriting

Hal terakhir dan terpenting dari cara menjadi copywriter freelance profesional adalah membangun portofolio. Portofolio merupakan bukti nyata dari kemampuan yang kamu miliki.

Kamu bisa meyakinkan calon klienmu dengan memberikan portofolio dan hasil karya yang sudah pernah kamu kerjakan. Selain kuantitas portofolio, kualitas portofoliomu juga harus kamu jaga agar ratemu tetap terjaga.

Kamu pun bisa membangun portofoliomu melalui platform freelance maupun membuat website portofoliomu sendiri.

Sekian artikel mengenai cara menjadi copywriter. Nantikan artikel lainnya yang lebih bermanfaat hanya di Persentase Harian.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

1 thought on “4 Cara Menjadi Copywriter Freelance Pemula

Leave a Reply

error: Content is protected !!
Persentase Harian
AZ Force Allianz
EZ Financial Planning