investasi jangka pendek untuk pemula
investasi jangka pendek untuk pemula

4 Investasi Jangka Pendek untuk Pemula Terbaik

Posted on

Persentase Harian

Investasi jangka pendek untuk pemula merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pemula dalam investasi seperti para fresh graduate dan mahasiswa. Keinginan untuk merasakan keuntungan dari instrumen investasi membuat mereka ingin lebih mendalami mengenai instrumen investasi. Kamu kah salah satunya?

Makin mudahnya mendapatkan informasi seputar instrumen investasi membuat orang-orang mulai melirik investasi jangka pendek. Selain masa waktu yang lebih cepat, risiko yang terkandung didalamnya juga sedikit lebih rendah. Berikut adalah jenis investasi jangka pendek untuk pemula:

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

4 Instrumen Investasi Jangka Pendek untuk Pemula

1. Deposito

Instrumen investasi jangka pendek untuk pemula yang pertama adalah deposito. Deposito adalah sebuah instrumen investasi yang dikeluarkan oleh perbankan. Jangka waktu deposito pun beragam, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan lebih dari 1 tahun.

Imbal hasil berupa bunga yang ditawarkan juga beragam, semakin lama jangka waktu yang kamu inginkan, imbal hasilnya pun akan semakin besar. Berinvestasi di deposito merupakan salah satu pilihan yang aman karena terjamin keamanannya dan dapat dijadikan agunan/jaminan kredit.

2. Reksadana

Pilihan kedua dalam investasi jangka pendek untuk pemula adalah reksadana. Reksadana merupakan sebuah instruemen investasi yang dikelola oleh seorang profesional. Profesional tersebut disebut dengan manajer investasi.

Seorang manajer investasi merupakan orang yang sudah terlatih dan memiliki izin dari OJK. Selain mendapatkan keuntungan berupa cashflow, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan berupa capital gain. Hal ini membuat reksadana merupakan instrumen investasi terbaik untuk pemula. Pilihan reksadana pun beragam mulai dari reksadana saham, reksadana obligasi, reksadana pasar uang, hingga reksadana campuran.

3. Obligasi Pemerintah/Surat Utang Negara (SUN)

Instrumen investasi kektiga yang cocok untuk pemula adalah obligasi pemerintah atau surat utang negara (SUN). Instrumen investasi ini merupakan sebuah instrumen investasi yang sangat aman karena sudah dijamin oleh neraga.

Tingkat kerugian berupa gagal bayar pun sangat minim sehingga seorang investor bisa merasa tenang. Selain ketenangan dan keuntungan yang didapatkan investor, investor tersebut juga akan membantu pembangunan negeri karena dana dari surat utang negara akan digunakan untuk pembangunan negeri. Menarik bukan?

4. Peer to Peer Lending (P2P)

Jenis terakhir instrumen investasi jangka pendek untuk pemula adalah peer to peer lending atau yang biasa disebut P2P. Cara kerja P2P sangat sederhana. Kamu sebagai seorang investor akan menanamkan modalmu dan perusahaan fintech akan menyalurkannya kepada peminjam.

Terdapat 2 jenis peminjam yaitu pinjaman konsumtif dan pinjaman produktif. Kedua jenis pinjaman tersebut sama-sama menarik karena memberikan imbal hasil yang cukup besar untuk ukuran investasi jangka pendek.

Namun, kamu sebaiknya memberikan pinjaman pada pinjaman produktif karena pinjaman tersebut akan disalurkan kepada UMKM yang tidak bisa mendapatkan fasilitas kredit dari perbankan. Selain mendapat imbal hasil, kamu juga turut memajukan UMKM Indonesia.

Sekian artikel terkait investasi jangka pendek untuk pemula. Dari keempat jenis instrumen investasi tersebut, mana yang paling cocok untukmu dan apa alasannya? Tulis di komentar ya. Jawaban yang menarik akan mendapatkan ebook Dasar Investasi Saham secara gratis. Kami tunggu jawabanmu.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *