4 Tips Berlibur ke Air Terjun Coban Baung

0
Air Terjun Coban Baung

Persentase Harian

Tips Berlibur ke Air Terjun Coban Baung – Air terjun selalu menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya indah, tetapi juga memberikan kesegaran dan ketenangan yang bisa membuat liburan Anda semakin berkesan. Salah satu air terjun yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Coban Baung. Terletak di Malang, Jawa Timur, air terjun ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan lokal maupun internasional yang ingin menikmati keindahan alam.

Air Terjun Coban Baung: Keindahan Alam di Malang yang Memukau

Lokasi Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung terletak di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda harus melakukan perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Malang. Namun, perjalanan yang cukup jauh tersebut akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah di sepanjang jalan menuju air terjun.

Keindahan Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan debit air yang cukup deras. Keindahan alam di sekitar air terjun juga memukau. Terdapat tebing-tebing batu yang menjulang tinggi, pohon-pohon hijau yang rimbun, dan juga sungai kecil yang mengalir di bawahnya. Suara gemuruh air terjun yang deras juga menambah kesan alami dan menenangkan.

Aktivitas di Air Terjun Coban Baung

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Air Terjun Coban Baung. Anda bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya, berenang di kolam air terjun yang jernih, atau berfoto-foto untuk mengabadikan momen berharga selama liburan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan hiking atau trekking di sekitar air terjun untuk menikmati pemandangan alam yang lebih luas dan menantang.

Keindahan Air Terjun Coban Baung di Malang

Air terjun adalah salah satu objek wisata alam yang selalu menarik untuk dikunjungi. Suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian, hamparan air yang jernih dan segar, serta panorama alam yang hijau dan asri, membuat air terjun menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat diminati oleh wisatawan. Di Malang, Jawa Timur, terdapat sebuah air terjun yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi, yaitu Air Terjun Coban Baung.

Coban Baung terletak di Dusun Baung, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, sekitar 35 km dari pusat kota Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan berada di tengah hutan pinus yang asri. Untuk mencapai lokasi Coban Baung, kita harus melewati jalan setapak dan menuruni tangga sebanyak 700 anak tangga.

Rute Menuju Air Terjun Coban Baung

Untuk menuju ke Air Terjun Coban Baung, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung dapat naik bus jurusan Malang – Tumpang atau Malang – Pandaan dan turun di terminal Tumpang. Dari terminal Tumpang, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot jurusan Pujon atau Batu dan turun di pertigaan T-junction Desa Pandesari.

Setelah itu, pengunjung harus berjalan kaki atau menyewa ojek untuk mencapai pintu masuk Coban Baung. Dari pintu masuk, pengunjung harus menuruni tangga sebanyak 700 anak tangga menuju air terjun.

Fasilitas di Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung juga menyediakan beberapa fasilitas untuk para pengunjung, di antaranya adalah:

  1. Area Parkir Area parkir yang luas dan aman tersedia di dekat pintu masuk air terjun. Harga parkir cukup terjangkau, hanya Rp. 5.000,- untuk mobil dan Rp. 2.000,- untuk sepeda motor.

  2. Warung Makan dan Minuman Jangan khawatir kelaparan atau haus setelah berjalan menyusuri air terjun. Terdapat beberapa warung makan dan minuman yang menyediakan berbagai jenis kuliner lokal dan minuman segar. Harga makanan dan minuman di warung ini juga cukup terjangkau.

  3. Kamar Mandi Di sekitar area air terjun, terdapat kamar mandi yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Harga untuk menggunakan kamar mandi ini cukup terjangkau, hanya Rp. 2.000,- per orang.

  4. Area Istirahat Setelah lelah berjalan-jalan dan menikmati pemandangan di sekitar air terjun, para pengunjung bisa istirahat sejenak di area yang telah disediakan. Terdapat beberapa kursi dan bangku yang bisa digunakan.

Tips Berlibur ke Air Terjun Coban Baung

Untuk membuat liburan ke Air Terjun Coban Baung semakin menyenangkan, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  1. Kenakan Pakaian yang Nyaman Karena Anda akan berjalan cukup jauh untuk mencapai air terjun, pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan mudah digunakan untuk berjalan-jalan. Jangan lupa untuk juga membawa baju ganti, terutama jika Anda ingin berenang di bawah air terjun.

  2. Bawa Perlengkapan yang Dibutuhkan Pastikan untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan, seperti kamera untuk mengabadikan momen indah, handuk dan baju ganti jika ingin berenang, serta botol air minum agar tidak kehausan selama perjalanan.

  3. Datang Pagi Agar bisa menikmati keindahan air terjun tanpa terlalu ramai dengan pengunjung lain, sebaiknya datang pagi sebelum jam buka. Selain itu, cuaca di pagi hari juga lebih sejuk dan menyenangkan untuk berjalan-jalan.

  4. Patuhi Aturan yang Berlaku Pastikan untuk patuh pada aturan yang berlaku di area air terjun, seperti tidak merusak alam sekitar, tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak berenang di area yang berbahaya.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
Kami Terlindungi
EZ Financial Planning