cara menjadi broker rumah

4 Tips Cara Menjadi Broker Rumah Sukses

Persentase Harian

Saat Kamu ingin menjual rumah terkadang bingung hendak memulai dari mana. Dengan keterbatasan waktu, tenaga serta pengalaman terkadang memerlukan waktu yang sangat lama agar mendapatkan pembeli. Sehingga banyak orang yang menggunakan jasa broker atau agen properti. Walau Kamu akan mengeluarkan uang untuk komisi agen namun hasilnya akan sebanding. Broker rumah sendiri adalah orang yang menjadi perantara antara calon pembeli rumah dengan orang yang akan menjual rumah.

Pekerjaan menjadi broker rumah sangatlah menjanjikan. Dengan tingginya pertumbuhan penduduk di Indonesia tentunya membuat banyak orang yang mencari tempat tinggal. Jenjang karir sebagai agen properti juga cerah dengan penghasilan yang cukup besar. Jadi tidak mengherankan banyak sekali agen properti yang hadir di Indonesia khususnya di kota-kota besar.

Untuk menjadi agen properti tidaklah sulit. Ketekunan dan kerja keras tentu menjadi pondasi saat memulai pekerjaan ini. Namun untuk agen pemula banyak hal yang harus dipelajari. Berikut cara menjadi broker rumah:

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Cara Menjadi Broker Rumah Bagi Pemula

1. Memiliki Lisensi/Sertifikat

Beberapa tahun belakangan ini, pemerintah terus mendorong pemberian lisensi untuk banyak sektor termasuk sektor broker properti. Hal itu dilakukan sebagai bentuk standarisasi dalam dunia kerja sehingga SDM terus meningkat. Dengan memiliki lisensi maka seorang agen properti dianggap layak dan mampu menjalankan profesinya dengan baik.

Adanya sertifikat ini juga akan menambah kredibilitas dari seorang broker rumah. Calon pembeli atau penjual akan semakin percaya dengan agen tersebut. Reputasi sangat penting dalam pekerjaan ini sehingga memiliki lisensi akan mempermudah dalam mencari klien.

2. Membangun Jaringan atau Relasi

Agar sukses menjadi broker rumah yang handal diperlukan jaringan yang luas. Dengan memiliki relasi yang luas akan memudahkan agen rumah untuk mendapatkan klien. Bagi agen pemula disarankan untuk mencari mentor yang bisa mengajarkan berbagai ilmu dan cara menghadapi persoalan yang dihadapi.

Selain itu, dengan memiliki jaringan yang luas agen properti akan mendapatkan banyak informasi yang berguna untuk mengembangkan bisnis ini. Jangan ragu untuk bertanya kepada kerabat, teman atau tetangga apakah ada yang ingin membeli atau menjual rumah.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

3. Terus Belajar

Cara menjadi broker rumah handal selanjutnya adalah jangan berhenti untuk terus belajar. Sebagai seorang agen rumah pasti akan mendapatkan banyak pertanyaan dari calon pembeli. Sehingga bekali diri dengan segala macam informasi mengenai properti. Pelajari juga rumah yang akan dijual sehingga calon pembeli akan percaya.

Dengan memiliki banyak ilmu tentunya seorang agen properti akan lebih percaya diri dalam menghadapi pertanyaan atau masalah yang dihadapi. Ilmu bisa didapat dari banyak cara mulai dari mengikuti seminar, membaca buku atau dengan diskusi bersama rekan seprofesi atau senior.

4. Bersikap Profesional

Agar berhasil mendapatkan banyak klien, seorang broker rumah harus selalu bersikap profesional baik dalam penampilan dan perbuatan. Penampilan sangat penting bagi seorang broker. Klien tidak akan percaya jika agen rumah yang mereka temui penampilannya acak-acakan. Sehingga gunakanlah pakaian yang pantas dan rapi agar klien memandang dengan baik.

Selain penampilan, perhatikan juga gerak-gerik saat berada di hadapan klien. Selalu bersikap ramah, memperhatikan penjelasan klien, gestur tubuh yang positif akan membuat klien menjadi nyaman dan terbuka. Jangan lupa juga untuk selalu datang tepat waktu saat bertemu dengan klien karena ini penting untuk reputasi seorang agen properti rumah.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *