Cara Investasi Saham Modal Kecil
Cara Investasi Saham Modal Kecil

5 Cara Investasi Saham Modal Kecil

Posted on

Persentase Harian

Apakah kamu adalah seorang mahasiswa atau freshgraduate yang sedang mencari cara investasi saham modal kecil? Kamu bisa simak artikel berikut ini.

Hemat pangkal kaya. Sebuah kalimat mutiara yang sering diucapkan orang-orang untuk memberi pengetahuan dasar mengenai keuangan. Namun, akhir-akhir ini kalimat tersebut sudah tidak relevan lagi.

Perkembangan ilmu keuangan dan mudahnya mendapatkan akses informasi melalui media sosial membuat orang-orang semakin aware terhadap investasi. Akses produk investasi pun kini semakin mudah.

Kamu bisa memilih berbagai macam instrumen investasi dan salah satunya adalah saham. Pada artikel kali ini, kamu akan mempelajari definisi dan cara investasi saham modal kecil sebagai berikut.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Definisi Investasi

Definisi investasi secara sederhana adalah menyimpan uang yang digunakan saat ini untuk digunakan di masa depan. Sekilas definisi tersebut hampir sama dengan menabung, namun investasi memasukkan inflasi dan return sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

Menabung akan membuat uangmu tetap sama secara nominal namun nilainya akan berkurang jika dibandingkan dengan harga barang. Contohnya adalah uang Rp.10.000 dapat membeli 2 mangkok bakso di tahun 2010 namun uang Rp.10.000 hanya dapat membeli 1 mangkok bakso di tahun 2021. Itulah sebuah contoh nyata dari inflasi.

Return yang bisa di dapatkan dari investasi adalah capital gain dan cashflow. Contoh sederhananya adalah bunga deposito bank. Misalkan kamu berinvestasi di deposito yang bebas resiko dengan return 4% per tahun, kamu akan mendapatkan bunga Rp.40.000 jika kamu berinvestasi Rp.1000.000. Setelah mengetahui inflasi dan return dari investasi, kamu akan bertanya bagaimana caranya berhemat untuk dapat berinvestasi?

Kamu mungkin merasa kesulitan menyisihkan uang untuk berinvestasi. Kamu merasa uang hanya lewat ketika kamu mendapatkan gaji. Tenang, kamu bisa menyimak beberapa tips berikut ini!

5 Cara Investasi Saham Modal Kecil

1. Perbesar Penghasilan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menambah penghasilanmu. Ketika kamu hanya memiliki 1 sumber penghasilan, tentunya kamu akan sangat bergantung pada sumber penghasilan tersebut. Jika kamu memiliki lebih dari 1 sumber penghasilan, apa yang akan terjadi padamu?

Tentu kamu akan memiliki lebih banyak uang daripada sebelumnya. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penghasilanmu di era digital ini.

2. Catat dan Kelompokkan Pengeluaran

Dalam sebulan, kamu tentunya memiliki pengeluaran yang kamu keluarkan. Mulai bulan depan, coba kamu list semua pengeluaran yang kamu lakukan. Baik dalam nominal besar maupun kecil.

Kelompokkan semua pengeluaran tersebut menjadi sebuah kelompok besar seperti bayar kos-kosan, bayar rumah, listrik dan air, kebutuhan bulanan, makan siang, dll. Ketika kamu mengelompokkan pengeluaranmu, kamu akan mengetahui pos-pos mana yang lebih besar daripada pos lainnya.

Cloud Hosting Indonesia

3. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Setelah mencatat semua pengeluaran, coba kamu cari apakah dalam komponen pengeluaranmu terdapat latte factor. Latte Factor adalah pengeluaran-pengeluaran kecil yang tidak terpikirkan setiap bulannya.

Contoh dari latte factor ini adalah uang kopi atau rokok yang kamu keluarkan setiap bulannya. Latte factor merupakan pengeluaran untuk keinginanmu, seharusnya besaran komponen ini tidak boleh terlalu besar dari total pengeluaranmu.

Coba lakukan pengurangan pada latte factor yang ada pada pengeluaranmu dan alihkan uang tersebut pada investasi yang sesuai denganmu.

4. Pelajari Instrumen Investasi

Setelah kamu bisa menambah penghasilanmu dan mengurangi pengeluaranmu, kamu bisa mulai untuk belajar investasi. Sebelum kamu berinvestasi, tentunya kamu harus mempelajari terlebih dahulu instrumen investasi apa yang cocok untukmu. Kamu dapat mempelajari dasar-dasar investasi saham sebelum memulai berinvestasi di saham.

Secara garis besar, terdapat 3 jenis saham yang bisa kamu gunakan sebagai investasi. Kamu bisa mempelajarinya pada artikel 3 jenis saham di Indonesia.

5. Investasi Secara Bertahap

Ketika kamu sudah memahami instrumen investasimu, kamu dapat melakukan investasi secara bertahap. Sisihkan uangmu per bulan dan belikan saham yang telah memenuhi analisamu. Sebagai seorang pemula, kamu bisa menggunakan analisa fundamental dengan pendekatan value investing.

Sekian artikel yang bisa kami berikan untuk cara investasi saham modal kecil. Sebagai seorang pemula, hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah tips nomor 3. Temukan dan coba kurangi latte factormu.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *