5 Cara Menabung 10 Juta dalam 6 Bulan untuk Milenial

5 Cara Menabung 10 Juta dalam 6 Bulan untuk Milenial

Posted on

Persentase Harian

Sebagai seorang milenial, apakah kamu merasa bahwa gajimu setiap bulan hanya numpang lewat? Penghasilan yang kamu dapatkan melalui gajimu terasa selalu habis tanpa tersisa sehingga kamu pun kesulitan untuk menabung.

Hal tersebut mungkin saja terjadi karena kamu selalu mengikuti trend-trend kekinian atau memang penghasilanmu yang terlalu kecil. Jika kamu menginginkan cara menabung 10 juta yang bisa didapatkan dalam 6 bulan, simak artikel ini hingga selesai:

3 Cara Menabung 10 Juta dengan Mengurangi Pengeluaran

1. Ketahui Latte Factor

Pernahkah kamu mendengar maupun membaca mengenai latte factor? Latte factor adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan pengeluaran-pengeluaran kecil yang biasa kamu keluarkan.

Misalkan saja setiap hari, sebelum kamu bekerja, kamu selalu membeli segelas kopi kekinian. Tujuanmu membeli kopi kekinian tersebut adalah meningkatkan moodmu agar kamu bisa bekerja lebih produktif.

Namun, pernahkah kamu menghitung berapa pengeluaranmu selama 1 bulan hanya untuk kopi kekinianmu tersebut? Jika kamu bisa mengganti kebiasaan tersebut untuk menjadi lebih hemat, kamu akan memiliki sisa uang yang bisa ditabung.

2. Potong Passive Expenses

Hal kedua yang bisa kamu lakukan sebagai cara menabung 10 juta dalam 6 bulan adalah memotong pengeluaran pasifmu. Apa itu pengeluaran pasif atau passive expenses?

Passive expenses atau pengeluaran pasif adalah sebuah istilah untuk menyebut pengeluaran-pengeluaran yang tanpa sadar kamu keluarkan setiap bulannya. Ibaratnya, apapun yang terjadi, kamu akan tetap membayarnya selama kamu berlangganan.

Contoh nyata dari passive expenses adalah biaya admin bank, biaya paket data yang berlebih, dan segala biaya berlangganan terkait hiburan seperti Netflix, Spotify, dan lain sebagainya.

Passive expenses masih bisa diperbolehkan jika kamu memang benar-benar menggunakan layanan yang kamu bayar tersebut. Sangat disarangkan bukan jika kamu berlangganan Netflix namun kamu tidak memiliki waktu untuk menikmati film yang ingin kamu tonton?

Yuk cek lagi apa saja pengeluaran yang biasa kamu keluarkan, namun tidak terlalu kamu gunakan. Potong pengeluaran tersebut sehingga kamu bisa memiliki uang yang lebih untuk ditabung.

3. Beli Sesuatu saat Diskon dan dalam Jumlah Besar

Tips satu ini merupakan tips yang biasa digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga. Kebanyakan ibu rumah tangga akan belanja bulanan langsung dalam jumlah besar ketika terdapat diskon yang besar.

Hal ini juga bisa kamu terapkan dalam kehidupanmu. Saya sendiri juga melakukan hal ini untuk membeli pakaian dan kebutuhan perawatan badan seperti deodorant, shampoo, sabun, dan lain lain.

Ketika membeli saat diskon dan dalam jumlah besar, kamu akan menghemat cukup uang. Namun, hal yang perlu kamu pastikan adalah masa kedaluarsa barang yang kamu beli. Sungguh rugi jika kamu membeli suatu barang dalam jumlah banyak, namun kamu tidak bisa menggunakannya di masa depan karena barang tersebut sudah kedaluarsa.

2 Cara Menabung 10 Juta dengan Menambah Penghasilan

1. Buka Bisnis Sampingan atau Menjadi Freelance

Sebagai seorang karyawan, kamu tentunya akan bekerja dari pagi hingga sore. Setelah menjalani waktu istirahat di sore hingga malam hari, kamu masih memiliki waktu sekitar 2-3 jam sebelum tidur.

Waktu 2-3 jam tersebut bisa menjadi beban di masa depan jika tidak dimanfaatkan secara maksimal atau bisa menjadi modal utama yang bisa membangun kekayaanmu di masa depan. Waktu luang yang kamu miliki tersebut bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis sampingan maupun digunakan menjadi freelance.

2. Kembangkan Passive Income dari Investasi

Setelah kamu melakukan cara menabung 10 juta untuk milenial di atas, kamu akan memiliki uang yang cukup untuk ditabung. Baik berasal dari hasil penghematanmu maupun dari hasil bisnis sampingan atau freelancemu.

Uang yang kamu miliki tersebut bisa kamu gunakan untuk berinvestasi. Baik investasi emas, reksadana, P2P lending, saham, maupun cryptocurrency. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempelajari instrumen investasi terlebih dahulu. 

Sekian langkah dan cara menabung 10 juta dalam 6 bulan untuk milenial. Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Persentase Harian.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply