Cara Meraih Mimpi

5 Cara Meraih Mimpi, Ketahui dan Aplikasikan

Posted on

Persentase Harian

Setiap orang pasti memiliki impiannya tersendiri. Cara meraih mimpi seseorang pun berbeda-beda. Ada yang berjuang dengan sangat keras. Ada juga yang dengan santainya, namun mimpinya tetap dapat terwujud.

Ingatkah kamu, ketika kamu kecil, kamu pasti memiliki impian yang sangat besar. Misalkan menjadi astronot. Namun, seiring berjalannya waktu, perlahan impianmu pun menjadi kecil. Misalkan kamu hanya ingin untuk hidup sehat dan bahagia.

Tidak ada yang salah dari hal tersebut karena itu merupakan sebuah proses. Namun, perlu kamu ketahui bahwa kamu harus memiliki mimpi yang konkrit sehingga kamu bisa berproses untuk meraih mimpi tersebut. Baca artikel ini hingga selesai untuk mengetahui cara meraih mimpi.

Cara Meraih Mimpi dengan Mudah

1. Miliki Impian yang Jelas

Mimpi yang jelas adalah sebuah mimpi yang spesifik, dapat diukur, dan memiliki periode waktu yang jelas. Misalkan impianmu adalah menjadi orang sukses. Mimpi tersebut bukanlah sebuah mimpi yang jelas karena tidak spesifik, tidak dapat diukur secara keuangan, dan tidak memiliki batas waktu.

Coba perjelas mimpi menjadi orang sukses dengan memiliki uang tabungan Rp.100.000.000 di akhir tahun 2022. Impian tersebut spesifik karena kamu harus memiliki tabungan, dapat diukur karena nominalnya jelas Rp.100.000.000 dan batas waktunya jelas yaitu akhir tahun 2022.

Baca juga: Ketahui 2 Perbedaan Psikolog dan Psikiater

2. Atur Rencana dan Strategi Pencapaian

Walaupun orang memiliki impian yang sama, cara meraih mimpinya mungkin dapat berbeda. Dari contoh poin 1, kamu dan temanmu sama-sama memiliki impian untuk memiliki uang Rp.100.000.000 di akhir tahun.

Rencana dan strategi yang kamu gunakan adalah membuat usaha/bisnis dengan margin keuntungan sebesar 10%. Untuk mendapatkan Rp.100.000.000, kamu harus memiliki omzet sebesar satu miliar.

Dalam pencapaian omzet satu miliar, kamu bisa menjual barang seharga Rp.1.000.000 sebanyak 1.000 kali, menjual barang seharga Rp.100.000 sebanyak 10.000 kali, atau menjual barang seharga Rp.10.000 sebanyak 100.000 kali. Karena kamu ingin melakukan bisnis seorang diri, akhirnya kamu memutuskan untuk menjual barang seharga Rp.1.000.000 sebanyak 1.000 kali.

Berbeda dengan temanmu, Ia adalah seorang karyawan professional yang sudah memiliki jabatan di suatu perusahaan. Anggap saja penghasilan bulanannya adalah Rp.20.000.000 per bulan.

Berbeda denganmu yang masih single, temanmu sudah memiliki istri dan anak sehingga pengeluaran rutin bulanannya mencapai Rp.17.000.000 per bulan. Sisa Rp.3.000.000 per bulan jika di kali dengan 12 bulan hanya akan mendapatkan Rp.36.000.000.

Oleh karena itu, rencana yang akan dilakukan temanmu untuk meraih mimpinya adalah melakukan pengurangan pengeluaran. Strategi yang digunakan adalah melihat kembali pos-pos pengeluaran bulanannya dan memangkas hal-hal yang bersifat konsumtif.

3. Capai Small Wins agar Lebih Semangat

Target Rp.100.000.000 dalam 12 bulan adalah sebuah target akhir atau jangka panjang. Untuk dapat meraih mimpi tersebut, kamu bisa membaginya dalam 4 bulan sekali atau 3 bulan sekali.

Misalkan dibagi menjadi 3 bulan sekali, maka setiap 3 bulan, kamu harus mencapai penambahan 25% dari progress cara meraih mimpimu. Ketika kamu dan temanmu dapat meraih tujuan yaitu mengumpulkan Rp.25.000.000 di 3 bulan pertama, semangat yang kalian miliki akan semakin besar.

4. Evaluasi Rencana, Strategi, dan Capaian Kecil

Setelah melalui beberapa waktu, kamu dan temanmu pasti menemui masalah-masalah yang dapat menghambat cara meraih mimpi kalian. Oleh karena itu, proses evaluasi merupakan hal penting yang harus dilakukan agar kalian dapat merubah rencana dan strategi untuk meraih mimpi utama kalian.

Misalkan saja setelah berjalan 6 bulan, uang yang kalian kumpulkan baru mencapai Rp.40.000.000 dari yang seharusnya Rp.50.000.000. Kalian dapat merubah strategi dengan menambah kerja keras kalian di bulan-bulan selanjutnya.

Namun, kalian juga bisa bekerja cerdas dengan cara menginvestasikan uang tabungan kalian. Investasi merupakan alat yang digunakan untuk dapat mengantarkan kalian menuju impian yang dimiliki. 

5. Berdoa Kepada Tuhan

Setelah kalian berencana, bekerja, dan mengevaluasi perkembangan kalian, langkah terakhir adalah berdoa. Sebagai seorang manusia, kita tetap harus meminta pertolongan kepada Tuhan agar segala hal yang kamu usahakan dapat diberikan kelancaran.

Sungguh tidak enak bukan, ketika kamu sudah merencanakan segalanya dan sudah bekerja keras maupun cerdas tetapi tetap tidak bisa meraih impianmu?

Sekian artikel mengenai 5 cara meraih mimpi yang harus kamu ketahui. Baca juga informasi menarik lainnya yang tentunya akan bermanfaat bagimu.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply