5 Contoh Promosi Penjualan Makanan

0
Contoh Promosi Penjualan Makanan

Persentase Harian

Contoh Promosi Penjualan Makanan – Promosi penjualan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis terutama dalam bidang pemasaran produk (marketing). Promosi penjualan bisa diibaratkan sebagai daya tarik bagi produk makanan.

Berbagai strategi pemasaran untuk mempromosikan penjualan makanan pun sangat banyak beredar di internet. Namun, sebelum mengetahui apa saja contoh promosi penjualan untuk makanan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa definisi dan manfaat dari adanya promosi penjualan bagi suatu bisnis:

Definisi Promosi Penjualan

Pengertian dari promosi penjualan adalah suatu kegiatan bisnis yang dilakukan guna mendapatkan peningkatan penjualan yang berasal dari naiknya konsumen yang menggunakan produk yang dijual dalam jangka waktu tertentu (biasanya jangka pendek).

Dari definisi tersebut dapat digaris bawahi 2 hal utama yaitu meningkatnya pelanggan dan dalam jangka waktu tertentu. Promosi penjualan biasanya digunakan untuk menarik pelanggan baru agar lebih mengetahui produk makanan bisnismu.

Namun, banyak juga yang menggunakan promosi untuk menarik kembali pelanggan lama agar semakin sering membeli produk kamu.

Manfaat Promosi Penjualan Makanan

Setelah mengetahui definisi dari promosi penjualan, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan contoh promosi makanan:

1.   Memperkenalkan Produk

Seperti pada definisi promosi penjualan, manfaat promosi penjualan pada bisnis makanan yang pertama adalah memperkenalkan produk yang baru. Seorang pelanggan tentunya tidak akan mengatahui adanya produk baru jika kamu tidak melakukan promosi.

Ketika melakukan promosi, penjualan makanan baru tersebut akan mengalami kenaikan sesaat karena adanya rasa penasaran dari customer. Tugasmu selanjutnya adalah menjaga level penjualan tersebut.

2.   Meningkatkan Loyalitas Customer

Manfaat promosi penjualan yang kedua adalah meningkatkan loyalitas customer. Jika manfaat pertama berfokus pada produk baru, manfaat kedua ini berfokus pada menjaga customer agar tetap loyal kepada bisnismu.

Jangan hanya berfokus mencari pelanggan baru tanpa menjaga penjualan makanan pada pelanggan lama.

3.   Membuat Branding pada Produkmu

Ketika kamu mendengar promosi buy 2 get 1, mungkin kamu akan teringat dengan promosi yang dilakukan oleh Matahari. Matahari terkenal dengan contoh promosi penjualan buy 2 get 1 tersebut.

Buatlah sebuah promo yang dikemudian hari akan menjadi branding pada produk yang kamu jual. Ketika pelanggan sudah mengingat brandmu, bisnismu akan semakin meningkat.

Contoh Promosi Penjualan Makanan

Setelah mengetahui definisi dan manfaat dari melakukan promosi penjualan makanan, kini saatnya kamu mengetahui apa saja contoh promosi penjualan berikut ini:

1.   Diskon

Promosi penjualan yang pertama adalah memberikan diskon pada customer. Diskon merupakan potongan harga yang bisa didapatkan baik bersyarat maupun tidak. Namun, kami sarankan untuk memberikan diskon bersyarat seperti potongan 50% untuk item ke-3 atau memberikan diskon pada tanggal – tanggal khusus.

2.   Kartu Membership

Contoh promosi makanan yang kedua adalah menggunakan sistem kartu membership. Ketika kamu membuat membership yang akan memberikan bonus secara bersyarat, pelanggan akan berusaha memenuhi syarat tersebut demi mendapatkan bonus yang kamu berikan.

3.   Hadiah

Contoh penjualan makanan yang berhasil adalah bisnis makanan yang memberikan hadiah bagi pelanggannya. Seperti paket – paket yang dijual di KFC maupun MCD. Di mana paket tersebut memberikan hadiah CD maupun mainan anak – anak.

4.   Kontes

Contoh promosi makanan selanjutnya adalah mengadakan kontes. Misalkan kamu membuat konten siapa yang dapat menghabiskan 5 mangkok ramen berukuran jumbo dalam waktu 30 menit, mereka tidak perlu membayar makanan tersebut. Orang – orang akan berbondong – bondong untuk mencobanya.

5.   Voucher atau Kupon

Contoh promosi penjualan makanan yang terakhir adalah memberikan voucher atau kupon. Pemberian voucher atau kupon dimaksudkan untuk menarik pelanggan agar mau makan lagi di tempatmu. Jika mereka mau kembali lagi demi menukarkan kupon yang kamu berikan, strategi promosi penjualanmu sudah berhasil.

Sekian artikel mengenai contoh promosi penjualan produk makanan. Nantikan artikel dan informasi lainnya yang tentunya akan lebih bermanfaat bagi bisnismu hanya di Persentase Harian.

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!