kandungan makanan yang bergizi

5 Kandungan Makanan yang Bergizi Harus Anda Konsumsi

Posted on

Persentase Harian

Kandungan makanan yang bergizi ada banyak sekali. Makanan bergizi sendiri adalah jenis makanan yang mengandung nilai gizi seimbang dan memenuhi kebutuhan tubuh. Contohnya mineral, vitamin, serat, air, protein, dan karbohidrat.

Tahukah Anda, Anda dapat terhindar dari penyakit mematikan seperti serangan jantung dan diabetes tipe 2 jika rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi? Informasi ini sudah diriset oleh NHS Inform. Di Indonesia, konsep makanan bergizi awalnya merujuk pada 4 sehat 5 sempurna.

Namun hal itu sudah mulai ditinggalkan dan beralih pada panduan gizi seimbang. Jika Anda bingung makanan apa saja yang bergizi. Simak artikel ini sampai akhir.

Kandungan Makanan Bergizi

1. Oatmeal

Makanan satu ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan cocok dijadikan sarapan. Dengan demikian akan membuat Anda kenyang lebih lama. Kombinasi terbaik untuk menyantap oatmeal adalah dicampur dengan madu dan susu.

Sedangkan oatmeal yang berbentuk granola bar, cookies atau snack lainnya bisa Anda konsumsi saat malam hari.

2. Yogurt

Yogurt sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan. Memiliki kandungan probiotik sehingga bagus untuk kesehatan usus. Selain itu juga memiliki kandungan kalsium, fosfor, zinc, dan vitamin B12 yang baik untuk tubuh.

3. Telur

Kandungan makanan yang bergizi selanjutnya adalah telur. Telur adalah makanan favorite semua orang. Selain gampang diolah dan lezat, telur juga serbaguna. Telur memiliki kandungan hampir semua zat gizi mikro dan makro.

Telur juga kaya akan protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium. Sementara kuning telur mengandung kalori, kolestrol, beberapa jenis mineral, hingga lemak.

4. Brokoli

Sayuran satu ini kaya akan nutrisi. Mengandung vitamin A, C, Folat dan vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang.

5. Ikan Salmon

Ikan banyak yang menyukai karena merupakan sumber protein dan asam lemak Omega-3 yang dibutuhkan tubuh dan otak. Ikan ini adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan nutrisi. Beberapa di antaranya, yaitu Vitamin B, lemak sehat, kalium, dan salenium.

Nah, itu dia kandungan makanan yang bergizi yang bisa Anda konsumsi di rumah. Semoga bermanfaat!

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply