5 Manfaat Asuransi Kesehatan Bagi Masyarakat

0
manfaat asuransi kesehatan bagi masyarakat

Persentase Harian

Manfaat Asuransi Kesehatan Bagi Masyarakat – Tidak banyak yang tahu bahwa asuransi merupakan hal yang sangat penting bagi dirinya maupun keluarga. Hal ini dikarenakan asuransi merupakan proteksi dari risiko yang mungkin terjadi.

Cara kerja asuransi sebenarnya cukup sederhana yaitu kamu dan banyak orang yang menjadi nasabah mengumpulkan dananya untuk dikelola oleh pihak asuransi dan ketika ada yang jatuh sakit, pihak asuransi akan memberikan dana tersebut kepada orang yang sakit sesuai kebutuhannya. Itulah yang disebut dengan asuransi kesehatan.

Manfaat asuransi kesehatan bagi masyarakat dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu rawat jalan dan rawat inap. Rawat jalan adalah perawatan dari rumah sakit kepada pasiennya tanpa menginap. Biasanya hanya dilakukan perawatan di unit gawat darurat (UGD). Sedangkan rawat inap adalah perawatan dari rumah sakit pada pasien dengan menginap. Lalu apa sih manfaat asuransi kesehatan bagi masyarakat? Yuk simak artikelnya berikut ini.

Manfaat Asuransi Kesehatan Bagi Masyarakat

Manfaat asuransi kesehatan bagi pribadi maupun keluarga sebenarnya sangat banyak. Namun, kami akan merangkumnya menjadi 5 berikut ini:

1.   Memberikan Rasa Ketenangan dan Aman

Manfaat utama dari asuransi kesehatan adalah adanya perasaan aman dan tenang. Asuransi kesehatan mampu memberikan kedua hal tersebut karena nasabah pemegang polis dapat memindahkan risiko biaya yang bisa timbul karena adanya sakit kepada pihak asuransi.

Proses claim yang mudah serta mampu menanggung biaya sesuai manfaat yang diberikan oleh polis membuat nasabah tidak perlu berpikir lagi mengenai biaya saat jatuh sakit.

2.   Mempermudah Urusan Administrasi Pemegang Polis

Ketika kamu memiliki asuransi dari perusahaan ternama seperti Allianz dan Prudential, kamu bisa memilih rumah sakit rekanan yang telah terdaftar di kedua perusahaan tersebut. Ketika kamu sakit dan dirawat di rumah sakit rekanan, proses administrasi akan lebih mudah.

3.   Adanya Sistem Cashless

Pelayanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi kini semakin membaik. Adanya sistem cashless terutama di rumah sakit rekanan mampu membuat nasabah menjadi merasa nyaman karena tidak perlu mengeluarkan uang saat jatuh sakit.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan perusahaan asuransi sudah menjadi seluruh biaya yang timbul saat sakit sehingga pihak rumah sakit tidak lagi meminta pembayaran kepada pasien.

4.   Membuat Nasabah Melek Finansial

Asuransi merupakan pondasi dalam piramida finansial. Asuransi sebagai proteksi mampu memberikan rasa aman kepada pemegang polis terhadap risiko yang mungkin timbul.

Karena pembayaran polis asuransi bisa dibayar secara bulanan maupun tahunan, nasabah bisa mengatur keuangannya untuk menyisihkan pendapatannya guna membayar premi asuransi. Manfaatnya adalah pemegang polis bisa melakukan perencanaan keuangan pribadi maupun keluarga.

5.   Tanpa Perlu Rujukan dari Fasilitas Kesehatan

Manfaat asuransi kesehatan bagi masyarakat yang terakhir adalah adanya kemudahan yang didapat pemegang polis karena tidak membutuhkan rujukan dari faskes ketika hendak melakukan rawat jalan maupun rawat inap.

Fitur ini khusus bagi asuransi kesehatan yang berasal dari perusahaan asuransi ternama dan terbaik dan tidak bisa diaplikasikan pada BPJS kesehatan.

Demikian informasi terkait manfaat asuransi kesehatan bagi masyarakat yang dapat kami berikan. Nantikan informasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi lainnya hanya di Persentase Harian.

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!