5 Strategi Pemasaran di Instagram

Strategi Pemasaran di Instagram

Persentase Harian

Strategi Pemasaran di Instagram – Perkembangan zaman membuat perdagangan online kini kian marak terjadi. Strategi – strategi baru yang sebelumnya belum pernah ada pun kini mulai bermunculan. Salah satunya adalah digital marketing.

Media yang digunakan dalam digital marketing pun beragam. Mulai dari Twitter, Facebook, hingga Instagram. Setiap medium tentunya memiliki strategi pemasarannya sendiri, terutama Instagram.

Instagram banyak digunakan oleh pebisnis online sebagai medianya karena Instagram merupakan sosial media berbasis foto atau gambar. Lalu, bagaimana sih strategi pemasaran di Instagram? Yuk simak artikel berikut ini:

Strategi Pemasaran di Instagram

1.   Membuat Akun Bisnis Instagram

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin menggunakan Instagram sebagai alat pemasaran adalah membuat akun bisnis Instagram. Hal ini dikarenakan Instagram Bisnis memiliki berbagai manfaat. Terutama dalam melihat performa postingan yang kamu buat.

2.   Optimalisasi Akun Bisnis Instagram

Ketika kamu sudah memiliki akun bisnis Instagram, kamu akan memiliki tools yang bisa memungkinkanmu mengukur kinerja konten Instagram. Gunakan tools tersebut untuk memperbaiki performa.

Kamu juga bisa mencantumkan link websitemu di bio Instagram guna mendapatkan visitor. Gunakanlah strategi copywriting untuk memikat pengunjung menjadi pembeli.

3.   Kelola Jenis Postingan Instagram

Semakin dewasa, Instagram memiliki beberapa jenis postingan. Mulai dari feed, stories, Instagram live, hingga Instagram TV. Masing-masing memiliki kegunaan sebagai berikut:

  • Instagram Feeds: Feeds IG merupakan postingan berupa gambar atau video yang ada di Instagram.
  • Instagram Stories: Fitur IG yang memungkinkanmu melakukan share foto atau video dengan durasi 24 jam.
  • Instagram Live: Seperti namanya, IG Live digunakan untuk melakukan siaran langsung kepada seluruh followermu.
  • Instagram TV: Berbeda dengan feeds dan stories, IG TV memungkinkanmu mengupload video dengan durasi lebih lama seperti Youtube.

4.   Konsisten Membuat Konten Instagram

Algoritma Instagram akan selalu berubah seiring berkembangnya zaman, namun ada satu hal yang pasti jika kamu ingin membuat brandmu besar di Instagram yaitu konsisten membuat konten di Instagram.

Ketika kamu rajin upload, reachmu akan semakin besar sehingga engangementmu akan ikut naik. Metrik ini akan membuat kontenmu semakin banyak tersebar di eksplor pengguna IG.

5.   Tentukan Waktu Posting Instagram

Ketika kamu menggunakan IG Bisnis, kamu bisa mengetahui jam-jam berapa saja followersmu berinteraksi dengan kontenmu. Pilihlah jam upload dimana followersmu paling aktif sehingga dapat mendongkrak performa kontenmu.

Sekian artikel tentang strategi pemasaran di Instagram khususnya IG bisnis. Nantikan tips seputar bisnis lainnya hanya di Persentase Harian.

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!