Tujuan mempelajari pencak silat

5 Tujuan Mempelajari Pencak Silat Adalah? Simak Jawaban Lengkapnya Di Sini!

Posted on

Persentase Harian

Tujuan mempelajari pencak silat adalah untuk melindungi diri sendiri. Hal itu biasanya yang diungkapkan oleh kebanyakan orang. Pencak silat sendiri adalah seni bela diri tradisional di Indonesia.

Hebatnya, seni bela diri ini sudah diakui sebagai warisan budaya Nusantara oleh UNESCO. Kendati demikian, pencak silat juga bisa kamu temui di berbagai negara Asia, yaitu Singapura, Brunei, Filipina. Malaysia, hingga Thailand bagian selatan.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Definisi Pencak Silat Menurut Ahli

Menurut Sucipto, pencak silat adalah ilmu bela diri warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia untuk mempertahankan kehidupannya, manusia selalu membela diri dari ancaman alam, binatang, maupun sesamanya yang dianggap mengancam integritasnya.

Sedangkan menurut wongsonegoro makna dari kata pencak adalah gerakan yang diartikan menyerang atau membela diri. pencak memiliki aturan khusus yang dapat dipertunjukkan di depan umum.

Silat menjadi inti sari dari suatu kepandaian dalam berkelahi atau membela diri yang disebut dengan pencak. Seni tersebut tidak bisa diperlihatkan di khalayak umum.

Asal-usul Pencak Silat

Ahli sejarah banyak berpendapat bahwa pencak silat dijumpai pertama kali di Riau pada zaman kerajaan Sriwijaya di abad VII. Waktu itu, pencak silat masih sangat sederhana hanya berupa gerakan kaki dan tangan.

Kemudian seni bela diri tersebut menyebar ke daerah semenanjung Malaka hingga pulau Jawa. Hingga saat ini pencak silat masih ada dan dilestarikan melalui kompetisi baik tingkat daerah, nasional, hingga internasional.

Tujuan Pencak Silat

Adapun pencak silat memiliki tujuan, yaitu:

  1. Menyalurkan bakat dan minat bagi generasi muda, terutama bagi mereka yang memiliki hobi olahraga, khususnya bela diri.
  2. Bisa membentuk masyarakat berjiwa sehat, berprestasi, dan cerdas.
  3. Membentuk masyarakat menjadi lebih berani, disiplin, dan memiliki sifat tanggung jawab yang besar.
  4. Mendorong masyarakat agar memahami seni bela diri sebagai kebutuhan hidup.
  5. Serta mendidik anak muda agar tidak terjerumus pada pergaulan yang salah dan menggunakan obat terlarang.

Demikianlah jawaban mengenai pertanyaan tujuan mempelajari pencak silat adalah. Semoga membantu!

Cloud Hosting Indonesia

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *