cara meningkatkan produktivitas
cara meningkatkan produktivitas

6 Cara Meningkatkan Produktivitas

Posted on

Persentase Harian

Pernahkah kamu bertanya mengenai bagaimana cara meningkatkan produktivitas diri sendiri? Pertanyaan tersebut mungkin muncul karena kamu setiap hari sudah melakukan pekerjaan namun kamu merasa tidak mengalami kemajuan yang berarti.

Kamu hanya merasakan lelah dan tanpa disadari waktu sudah berjalan sangat cepat. Kamu pun merasa heran dengan kegiatan orang lain yang selalu bergerak maju dalam mencapai tujuan-tujuan hidupnya.

Kamu bisa merasa tenang karena artikel ini akan membahas bagaimana cara meningkatkan produktivitas untuk diri sendiri. Simak artikel ini dengan seksama dan dapatkan ebook gratis di dalam artikel ini.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Definisi Produktivitas

Definisi produktivitas adalah kemampuan atau skill yang dimiliki oleh setiap orang untuk menghasilkan lebih banyak output, pekerjaan, tugas, atau perkembangan daripada standarnya. Berdasarkan pengertian tersebut terdapat 3 komponen dalam produktivitas yaitu tujuan, efektivitas, dan efisien.

Tujuan

Definisi tujuan adalah sesuatu yang ingin kamu capai. Baik itu berupa kuantitatif yang bisa diukur maupun kualitatif. Ketika kamu mengetahui tujuan yang ingin kamu capai, kamu bisa menyusun rencana untuk mencapainya.

Efektivitas

Definisi efektivitas adalah cara kerja yang kamu lakukan untuk mencapai tujuan yang telah kamu tetapkan. Kamu bisa dikatakan telak melakukan pekerjaan secara efektif jika kamu telah mencapai hasil yang telah ditetapkan secara tepat sasaran baik dari waktu (tepat waktu), jumlah (kuantitas), dan kualitas (kualitatif).

Efisiensi

Definisi efisiensi adalah ukuran untuk menilai apakah cara kerja yang kamu lakukan sudah menganut prinsip menggunakan input (waktu, tenaga, dan uang) seminimal mungkin untuk mencapai output/target yang telah ditetapkan.  

6 Cara Meningkatkan Produktivitas

Setelah kamu mengetahui definisi produktivitas dan 3 komponen utama yang membentuk produktivitas, kamu bisa mengikuti 6 cara meningkatkan produktivitas berikut ini:

1. Menyusun Rencana Kegiatan

Hal pertama dan terpenting dalam produktivitas adalah perencanaan. Seperti sebuah pepatah yang mengatakan bahwa “Jika kamu gagal merencanakan sesuatu, Kamu berencana untuk mencapai suatu kegagalan”.

Adanya sebuah rencana akan membuatmu dapat bekerja secara terstruktur. Hal ini karena kamu mengetahui apa saja yang harus kamu kerjakan dan kapan waktu atau deadline dari masing-masing pekerjaan.

Cloud Hosting Indonesia

2. Membuat Skala Prioritas

Setelah kamu membuat rencana pekerjaan, kamu akan mengetahui pekerjaan apa saja yang harus dilakukan dan deadline dari masing-masing pekerjaan. Setelah mengetahui hal tersebut, kamu bisa menyusun suatu skala prioritas sebagai berikut

  1. Pekerjaan yang penting dan mendesak: Kerjakan segera
  2. Pekerjaan yang penting namun tidak mendesak: Kerjakan setelah pekerjaan pertama selesai
  3. Pekerjaan yang tidak penting namun mendesak: Kerjakan terakhir atau delegasikan
  4. Pekerjaan yang tidak penting dan tidak mendesak: Tinggalkan karena tidak berpengaruh padamu.

3. Membuat Kondisi Nyaman dan Bebas Gangguan

Setelah kamu menyusun skala prioritas dan sebelum kamu mulai bekerja, kamu perlu membuat ruangan kerjamu senyaman mungkin dan bebas dari gangguan. Usahakan untuk ruang kerjamu bisa membuatmu fokus pada pekerjaanmu sehingga kamu bisa bekerja secara efektif dan efisien.

4. Gunakan Teknologi

Tidak bisa dipungkiri bahwa hadirnya teknologi di kehidupan manusia modern sangat memberikan dampak yang berarti. Terutama dalam mempermudah manusia ketika bekerja.

Kamu bisa menggunakan hardware maupun software yang bisa menunjang produktivitasmu. Penggunaan teknologi yang sesuai dengan seleramu pun akan meningkatkan moodmu untuk bekerja lebih giat lagi.

Cloud Hosting Indonesia

5. Beri Jeda Waktu untuk Istirahat

Menyelesaikan pekerjaan secepat-cepatnya memang hal yang ingin kamu capai, namun kamu juga harus mengetahui batasan dirimu sendiri. Terutama dalam hal fokus.

Setiap manusia memiliki batas waktunya tersendiri terkait berapa lama ia dapat fokus pada suatu pekerjaan. Kamu akan melakukan pekerjaan yang percuma jika kamu hanya mengejar waktu tanpa memperhatikan dari kualitas pekerjaanmu. Ingat, produktivitas tersusun dari tujuan, efektivitas dan efisiensi.

Beri jeda waktu untuk dirimu dapat beristirahat. Berdirilah sejenak untuk sekedar berjalan ke sekililing ruang kerjamu atau menyantap cemilan yang ada. Saat kamu memulai pekerjaanmu kembali, fokusmu akan meningkat kembali.

6. Evaluasi Hasil Pekerjaan

Setelah kamu menyelesaikan pekerjaanmu, kamu bisa membandingkan realisasi dari output pekerjaanmu dengan rencana kerja yang telah kamu susun. Bandingkan dari segi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan (deadline), jumlah yang harus dicapai (kuantitas), dan mutu yang harus dicapai (kualitas).

Jika kamu dapat menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien, kamu bisa menggunakan strategi ini untuk pekerjaan-pekerjaanmu selanjutnya. Jika hasil yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan target, kamu bisa mengevaluasi dimana letak kekuranganmu dan merubah strategimu terkait cara meningkatkan produktivitas.

Setelah membaca artikel tentang cara meningkatkan produktivitas, kamu juga bisa membaca salah satu ebook yang telah dibaca ribuan orang di google play secara gratis di sini.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *