cara menjadi youtuber modal hp
cara menjadi youtuber modal hp

6 Cara Menjadi YouTuber Modal HP

Posted on

Persentase Harian

Pernahkah kamu bertanya mengenai bagaimana cara menjadi YouTuber modal HP? Pertanyaan tersebut mungkin muncul karena kamu mengetahui bahwa penghasilan yang bisa didapatkan dari YouTube sangat bervariasi dan besar.

Beberapa tahun terakhir, YouTube menjadi salah satu media yang banyak disukai oleh orang. Baik dari sedi content creator maupun penikmat atau penonton. Kamu yang sebelumnya hanya menjadi penonton, mungkin tertarik mencoba untuk menjadi seorang YouTuber.

Hal yang membuatmu berfikir ulang adalah modal yang kamu miliki terbatas. Sehingga kamu tidak bisa berinvestasi pada peralatan yang bagus di awal kariermu sebagai seorang YouTuber. Kamu bisa tenang karena artikel ini akan membahas step-step konkrit yang bisa kamu lakukan.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

6 Langkah Menjadi YouTuber Bermodal Ponsel

1. Memilih Niche sesuai Bidangmu

Hal pertama dan terpenting dalam yang harus kamu lakukan bukanlah membeli peralatan mahal untuk membuat kualitas videomu baik secara visual dan suara. Hal yang harus kamu lakukan adalah memikirkan dan memilih niche channel apa yang harus kamu buat.

Kamu harus memikirkan topik-topik apa saja yang kamu kuasai dan banyak peminatnya. Ketika kamu memiliki suatu topik yang benar-benar kamu kuasai, konten yang kamu buat akan memiliki isi dan bermanfaat bagi orang lain.

Selain hal yang kamu kuasai, tentunya kamu harus memikirkan jumlah peminat yang ada saat ini. Video yang menurutmu bagus akan menjadi percuma jika tidak ada yang menontonnya. Gunakan Google Trends untuk mengetahui apakah topik yang akan kamu buat sedang diminati oleh netizen.

Contoh niche untuk YouTuber Pemula bermodalkan HP :

Keuangan: investasi saham, P2P Lending, cryptocurrency.

Otomotif: review spare parts, modifikasi motor atau mobil.

Kuliner: tutotial masak, review makanan.  

2. Buat Konsep Video

Setelah kamu menentukan niche apa yang akan kamu buat, kamu harus menentukan konsep video yang akan kamu buat. Kamu bisa melakukan penjelasan sambil merekam dirimu sendiri atau sekedar membuat konten berupa kata-kata atau gambar yang kemudian dijadikan video.

Sebagai YouTuber pemula modal HP, kami bisa memberikan saran untuk membuat konten berupa kata-kata atau gambar yang dijadikan video. Hal ini dikarenakan kualitas yang dihasilkan jauh lebih baik daripada hasil rekaman, jika kamu menjadi YouTuber modal HP.

Cloud Hosting Indonesia

3. Persiapkan Alat

Sesuai judul artikel ini yaitu menjadi YouTuber bermodalkan HP, tentunya modal utama yang harus kamu siapkan adalah HP. Pastikan kapasitas memori HPmu cukup untuk menampung video-video yang akan kamu buat.

Terdapat 2 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat video yang baik yaitu Canva dan KineMaster. Kamu bisa menggunakan Canva untuk membuat slide gambar atau kata-kata yang akan kamu gunakan dalam video. Pada aplikasi Canva, sudah disediakan jutaan gambar dan icon yang bisa kamu gunakan.

Setelah kamu membuat konten di Canva, kamu bisa langsung merubahnya menjadi video di Canva atau menggunakan KineMaster. Pada KineMaster terdapat fitur-fitur tambahan yang bisa membuat videomu menjadi semakin baik.

Kamu bisa menambahkan backsound agar videomu menjadi semakin menarik. Kamu bisa mendownload backsound tanpa copyright di Bensound maupun YouTube. Pastikan backsound yang kamu gunakan terbebas dari copyright agar AdSensemu dikemudian hari tidak bermasalah

4. Konsisten

Setelah kamu berhasil membuat konten pertamamu sebagai YouTuber modal HP, hal yang harus kamu lakukan adalah konsisten. Channel yang kamu miliki tidak akan langsung menjadi terkenal hanya dalam 1 malam.

Kamu harus terus membuat video secara berkala. Semakin banyak video yang kamu buat, semakin besar kemungkinan channelmu akan berkembang.

5. Terus Belajar dan Berinovasi

Ketika channelmu belum berkembang seperti yang kamu inginkan, kamu tidak perlu berkecil hati. Kamu hanya perlu belajar lebih banyak agar kualitas channelmu semakin membaik. Hal yang bisa kamu lakukan adalah terus melakukan riset kata kunci dan trend apa yang sedang naik saat ini. Momentum merupakan hal yang sangat penting bagi seorang YouTuber.

Selain mencari trend, kamu harus memperbaiki hal-hal teknis pada videomu. Kamu bisa mempelajarinya secara gratis dengan menonton video YouTube.

Cloud Hosting Indonesia

6. Memikirkan Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Jika kamu sudah melakukan cara-cara di atas dan kamu telah memenuhi syarat untuk monetisasi YouTube, kami ucapkan selamat. Jika kamu belum berhasil, kamu tidak perlu berkecil hati karena cara mendapatkan uang dari YouTube tidak hanya dari Google Adsense. Kamu bisa mempelajari cara menadapatkan uang dari YouTube di sini.

Jika kamu telah berhasil mendapatkan Adsense, mungkin kamu bertanya berapa penghasilan YouTuber pemula dengan subscriber seribuan. Kamu bisa mengetahuinya dengan membaca artikel Berapa Nominal Gaji YouTuber Pemula? Simak Cara Perhitungannya. Sekian artikel cara menjadi YouTuber modal HP, nantikan artikel-artikel lainnya.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *