ciri orang produktif salah satunya adalah
ciri orang produktif salah satunya adalah

6 Ciri-Ciri Orang Produktif

Posted on

Persentase Harian

Berbicara mengenai produktivitas, kamu mungkin pernah bertanya-tanya apa saja ciri orang produktif yang bisa kamu lihat dari orang-orang di sekitarmu. Kamu mungkin pernah bertemu dengan seorang rekan atau kolega yang hidupnya terlihat santai, bisa membagi waktu, namun seluruh pekerjaannya terselesaikan dengan baik.

Kamu juga mungkin pernah melihat seorang rekan atau kolega yang hidupnya seperti digunakan untuk bekerja setiap saat, namun hasil yang didapatkan hanya biasa-biasa saja. Apa kamu merasa bahwa orang itu adalah kamu sendiri?

Kembali ke pembahasan awal, artikel ini akan membahas mengenai ciri-ciri orang produktif. Kamu bisa melakukan pengamatan terhadap orang-orang yang memiliki ciri-ciri ini, meniru kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan mereka, dan memodifikasi sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan (amati, tiru, modifikasi). Berikut adalah 6 ciri orang produktif.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

6 Ciri Orang Produktif

1. Memiliki Visi dan Perencanaan yang Jelas

“Seseorang yang tidak mengetahui arah yang hendak Ia tuju, akan tersesat di tengah jalan” merupakan sebuah kalimat yang menggambarkan betapa pentingnya seseorang memiliki visi dan rencana. Visi adalah sesuatu yang ingin dituju oleh seseorang dan rencana adalah cara agar orang tersebut bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Seseorang yang produktif sangat memahami hal ini sehingga Ia akan menentukan visinya sejelas mungkin dan merancang perencanaannya sematang mungkin.

2. Memiliki Loyalitas dan Bertanggung Jawab

Ciri kedua orang produktif adalah memiliki rasa loyal terhadap instansi tempatnya bekerja dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan yang Ia jalani. Orang produktif mengetahui apa yang harus Ia kerjakan dan apa yang menjadi dampak dari pekerjaan yang Ia kerjakan.

Hal tersebut membuat orang ini bisa menyelesaikan pekerjaannya walau dalam kondisi tertekan sekali pun. Ia berorientasi pada dampak dari hasil pekerjaannya, bukan hanya pada apa yang Ia kerjakan.

3. Memiliki Kemampuan Adaptasi yang Tinggi

Lingkungan akan selalu berubah. Baik cepat ataupun lambat. Orang yang produktif memahami hal ini dan Ia memiliki kemampuan untuk beradaptasi. Ia akan selalu melihat celah peluang dan kesempatan pada setiap masalah dan kesempitan yang Ia hadapi.

Kemampuan adaptasi ini tentunya harus diimbangi dengan skill yang dimiliki. Ketika skill yang dimiliki bisa dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin saat peluang hadir, kesuksesan akan semakin bisa untuk diraih.

4. Memiliki Keinginan untuk Berkembang

Seseorang yang produktif akan memiliki keinginan untuk berkembang. Ia akan membaca peluang yang ada dan mempelajari skill-skill yang dibutuhkan untuk bisa menggapai peluang tersebut.

Oleh karena itu, seseorang yang produktif akan memiliki mindset yang berkembang atau biasa disebut dengan growth mindset. Dengan memiliki growth mindset, orang tersebut akan terus bergerak maju dan pada akhirnya value dirinya akan sangat tinggi dan berharga.

5. Memiliki 1 Fokus pada 1 Waktu

Seseorang yang produktif akan memiliki berfokus hanya satu hal pada satu waktu tertentu. Saat Ia bekerja, Ia akan berfokus untuk mengerjakan pekerjaan yang Ia kerjakan saat itu. Ia tidak melakukan multitasking karena Ia tahu prioritasnya.

Ketika Ia sedang istirahat pun, Ia akan berfokus pada waktu rehatnya tersebut. Satu kalimat yang tepat untuk mendeskripsikan ciri orang produktif yang satu ini adalah “live in the moment”.

Cloud Hosting Indonesia

6. Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Hal yang paling terlihat jelas dari seseorang yang produktif adalah Ia dapat menghasilkan lebih banyak daripada rata-rata orang pada umumnya. Ia terlihat memiliki waktu lebih untuk dapat menikmati kehidupannya seperti bermain game, liburan, atau bahkan sesederhana tidur siang sejenak.

Hal ini bisa terjadi karena orang yang produktif memiliki ciri-ciri dapat mengatur waktunya dengan bijak. Ia tahu kapan harus bekerja dan kapan harus beristirahat sesuai dengan skala prioritasnya. Hal ini sudah tertuang dalam perencanaan kerja yang Ia miliki.

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri orang produktif, kamu bisa membaca artikel mengenai 6 cara meningkatkan produktivitas. Kamu bisa menemukan ebook gratis yang bisa kamu nikmati di akhir artikel tersebut. Ebook tersebut sebagai bonus bagi kamu yang telah menjadi pembaca setia blog ini.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *