Langkah Menjadi Wirausaha Muda dan Sukses
Langkah Menjadi Wirausaha Muda dan Sukses

6 Langkah Menjadi Wirausaha Muda dan Sukses

Posted on

Persentase Harian

Sebagai seorang pemula, langkah – langkah menjadi wirausaha muda dan sukses merupakan sesuatu yang sangat menarik perhatian. Wirausahawan yang dianggap sebagai sosok orang yang sukses dan dapat membuka lapangan pekerjaan membuat jiwa mudamu bersemangat.

Selain mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri, wirausaha juga memberikan manfaat bagi banyak orang. Agar kamu bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses, yuk simak langkah-langkah menjadi wirausaha muda dan sukses berikut ini:

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Langkah Menjadi Wirausaha Muda dan Sukses

1. Melakukan Riset Pasar

Banyak orang mungkin berpikir bahwa modal merupakan syarat utama agar suatu bisnis dapat sukses, namun hal tersebut merupakan kesalahan. Syarat utama untuk menjadi wirausaha sukses adalah mengetahui permintaan dari pasar.

Berdasarkan hukum ekonomi, penawaran tercipta karena adanya permintaan dari pasar. Permintaan pasar ini merupakan sebuah permasalahan yang harus bisa diselesaikan oleh seorang wirausahawan.

Seorang wirausahawan harus bisa memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Baik melalui barang atau jasa yang diberikan.

Oleh karena itu, seorang wirausaha wajib bisa melakukan riset pasar terlebihi dahulu. Agar kamu bisa melakukan riset pasar, kamu bisa membaca ebook ini secara gratis.

2. Ketahui Potensi Diri

Sebagai seseorang yang masih muda dan pemula, kamu harus mengetahui apa kelebihan yang kamu miliki. Misalkan saja kamu masih berada di level 2 dengan kemampuan yang kamu miliki, namun kamu langsung ingin berhadapan dengan wirausahawan lain yang berada di level 5. Tentunya kamu akan mengalami kekalahan.

Ketika kamu mengetahui apa saja kelebihan yang kamu miliki, kamu pasti mengetahui bidang apa yang kamu kuasai. Misalkan kemampuan yang kamu miliki adalah kemampuan memasak. Gabungkan skill tersebut dengan hasil riset pasar yang telah kamu lakukan sebelumnya.

3. Buatlah Perencanaan Bisnis

Seseorang yang gagal merencanakan sesuatu merupakan orang yang berencana untuk gagal. Kalimta tersebut merupakan sebuah kalimat yang hampir selalu benar jika disandingkan dengan keadaan di dunia nyata.

Perencanaan bisnis merupakan salah satu unsur penting dalam langkah menjadi wirausaha muda dan sukses. Perencanaan bisnis yang baik akan membawamu memiliki gambaran secara luas apa saja yang sedang dan mungkin akan terjadi. Kamu bisa belajar bagaimana cara membuat perencanaan bisnis dengan membaca artikel ini.

4. Bangun Tim yang Solid

Langkah menjadi wirausaha muda dan sukses lainnya adalah membangun tim yang solid. Kamu mungkin berpikir bahwa kamu akan bisa melakukan segalanya sendiri sehingga keuntungan yang kamu dapatkan akan menjadi milikmu sendiri.

Namun, hal yang perlu kamu perhatikan adalah kamu bukanlah superman. Usaha yang kamu bangun tidak akan maksimal jika semua kamu lakukan sendiri. Bayangkan kamu harus memikirkan marketing sembari membuat packing untuk pesanan customer. Sungguh hal yang merepotkan bukan?

Buatlah super tim agar bisnismu bisa berkembang dengan pesat. Rekrut orang-orang yang memang ahli di bidang tersebut. Misalkan seseorang yang suka membuat konten bisa kamu tempatkan di tim marketingmu. Karena orang yang tepat akan menjadi emas jika berada di posisi yang tepat.

Setelah timmu sudah menjadi tim yang super dan solid. Kamu bisa mulai mengembangkan bisnismu dengan membuat sistem reseller maupun dropship.

5. Bangun Relasi

Selain super tim, kamu juga harus memiliki relasi yang luas dan kuat. Kenapa relasi sangat penting bagi seorang wirausaha?

Relasi yang kamu miliki akan menjadi aset yang tidak sangat sulit diduplikasi oleh kompetitor. Misalkan saja kamu adalah seorang wirausaha di bidang distributor ikan cupang. Karena relasi yang kamu bangun, kamu bisa memiliki supplier ikan cupang dengan kualitas baik namun harganya murah.

Hal tersebut akan susah diduplikasi oleh kompetitor yang kamu miliki dan bisa menjadi keunggulan dalam bisnis yang kamu kembangkan.

6. Mengatur Kondisi Keuangan Usaha

Langkah – langkah menjadi wirausaha muda dan sukses sebelumnya merupakan cara untuk mengembangkan usaha yang kamu miliki agar semakin bertumbuh dan sukses.

Namun, langkah satu ini merupakan langkah untuk mencegah usaha yang telah kamu bangun dari kebangkrutan. Bayangkan saja, usaha yang kamu bangun dengan susah payah harus gulung tikar karena kamu tidak pandai dalam mengatur keuangan. Sangat disayangkan bukan?

Cara sederhana untuk mengatur kondisi keuangan sebuah bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Mengatur agar kas masuk selalu lebih besar daripada kas keluar,
  2. Keuntungan yang didapatkan agar diinvestasikan kembali ke aset.
  3. Menghindari banyaknya stok mati.
  4. Menganggarkan sebagian keuntungan untuk riset dan inovasi bisnis agar tidak tertinggal zaman.
Cloud Hosting Indonesia

Sekian 6 langkah menjadi wirausaha muda dan sukses dari persentase harian. Kamu bisa belajar mengenai hypno selling dan customer journey maping agar bisnis yang kamu kembangkan semakin sukses.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *