Manfaat kuliah di luar negeri

6 Manfaat Kuliah di Luar Negeri

Posted on

Persentase Harian

Pendidikan yang tinggi merupakan salah satu jalan menuju kesuksesan. Pendidikan tinggi yang ditempuh melalui kuliah di luar negeri, merupakan impian yang dimiliki oleh kebanyakan mahasiswa di Indonesia.

Berkuliah di luar negeri dianggap kebanyakan orang sebagai sebuah kebanggaan karena tidak semua orang bisa meraihnya. Apalagi kuliah di luar negeri dari hasil beasiswa. Hanya mahasiswa-mahasiswa pilihan yang bisa merasakan hal tersebut.

Yuk simak artikel mengenai manfaat kuliah di luar negeri berikut ini:

4 Manfaat Kuliah di Luar Negeri bagi Mahasiswa

1. Memiliki Kemampuan Beradaptasi

Perbedaan budaya, bahasa, dan lingkungan hidup akan menuntut seorang mahasiswa untuk dapat beradaptasi di negara tempatnya menimba ilmu. Ketika seorang mahasiswa datang pertama kalinya, ia akan mengalami culture shock.

Entah dari segi makanan, peraturan, bahkan cuaca yang terlalu dingin maupun panas. Kemampuan adaptasi seorang mahasiswa akan dituntut dan diuji. Ketika kamu sudah bisa beradaptasi bahkan dilingkungan tersulit, kamu akan menjadi pribadi yang baru dan mandiri sehingga saat kembali ke Indonesia, kemampuan adaptasimu akan berada di atas orang lain.

2. Mendapatkan Pendidikan dengan Kualitas Baik

Di Indonesia memang banyak universitas-universitas yang memiliki peringkat unggul secara internasional, namun masih banyak universitas di luar negeri yang memiliki peringkat lebih baik.

Peringkat suatu universitas memang ditentukan oleh banyak faktor. Namun, sudah pasti universitas yang memiliki peringkat 10 besar dunia akan memiliki kualitas pendidikan yang baik.

3. Memiliki Kesempatan Magang atau Bekerja di Luar Negeri

Peluang lain yang bisa didapatkan ketika kuliah di luar negeri adalah berkesempatan untuk magang atau bahkan bekerja di perusahaan terkemuka di luar negeri. Universitas yang baik, akan memiliki relasi untuk melakukan magang di perusahaan-perusahaan besar di dunia.

Ketika kamu melakukan magang, kamu bisa menyerap banyak ilmu dari perusahaan tersebut. Bahkan, kamu bisa direkrut untuk bekerja di sana ketika kamu memiliki kinerja yang baik. Manfaat yang luar biasa bukan?

4. Memiliki CV yang Menarik

Jika kamu berkeinginan untuk kembali dan berkarir di Indonesia, CV yang kamu miliki akan menjadi lebih menarik daripada para pesaingmu. Memang, CV yang bagus belum tentu langsung bisa mendapatkan pekerjaan. Namun, kamu akan memiliki nilai tambah di mata HRD.

CV yang bagus juga perlu dibarengi dengan pengalaman yang baik pula. Kamu harus mencantumkan keikutsertaanmu di berbagai kegiatan kampus dan pengalamanmu di kegiatan magang.

2 Manfaat Kuliah di Luar Negeri bagi PNS dan Karyawan

1. Menambah Relasi yang Luas dan Berkualitas

Bagi seorang PNS dan karyawan, manfaat kuliah di luar negeri selain untuk menimba ilmu adalah untuk mendapatkan relasi. Relasi merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seseorang jika ia ingin meraih kesuksesan.

Memiliki relasi yang luas dan berkualitas, akan meningkatkan kesempatanmu untuk mendapatkan peluang-peluang yang ada.

2. Menemukan Ide yang Bisa Digunakan di Indonesia

Adanya perbedaan budaya, cara kerja, cara mendidik, dan lain sebagainya akan memberikanmu ide yang bisa kamu gunakan ketika kamu kembali di Indonesia. Misalkan saja kamu mengetahui bahwa di negara A memiliki suatu bisnis atau model usaha A sedangkan di Indonesia masih belum ada.

Ketika kamu kembali ke Indonesia dan menyampaikan gagasanmu mengenai model usaha A yang sudah dimodifikasi sesuai lingkungan di Indonesia, kamu akan mendapatkan respon yang baik dari atasan atau instansimu. Kamu akan diberikan kepercayaan lebih dan ketika kamu bisa menggunakannya dengan baik, kamu pun akan meraih posisi yang lebih tinggi.

Sekian artikel mengenai manfaat kuliah di luar negeri bagi mahasiswa, PNS, dan karyawan. Simak terus blog persentase harian agar kamu bisa mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply