cara mendapatkan uang dari internet

7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Tips Suksesnya

Dapatkan Penghasilan dari Internet

Persentaseharian.com

Cara mendapatkan uang dari internet merupakan kalimat yang sering dicari oleh masyarakat akhir-akhir ini. Terutama ketika adanya pandemi Covid-19 yang sudah melanda Indonesia sejak awal 2020.

Banyak orang yang sebelumnya memiliki pekerjaan tiba-tiba di PHK dan para pedagang yang biasanya dapat berdagang dengan normal harus gulung tikar karena adanya pembatasan.

Cara mendapatkan uang dari internet merupakan solusi bagi beberapa orang yang sudah tidak memiliki jalan keluar lagi. Namun, dibalik kekhawatiran masyarakat ternyata terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari internet. 

Nominal uang yang dihasilkan pun tidak tanggung-tanggung. Kamu bisa mendapatkan ratusan ribu, jutaan, bahkan ratusan juta dari cara mendapatkan uang dari internet.

7 Cara dan Tips Mendapatkan Penghasilan Tanpa Modal pada Tahun 2021​

1. Dropshipper

Hal pertama yang mungkin terbesit dipikiranmu untuk mendapatkan uang dari internet adalah menjadi dropshipper. Dropshipper adalah seseorang yang melakukan perdagangan dengan sistem dropship dimana orang tersebut dapat berjualan tanpa memiliki stok barang.

Kamu hanya perlu mencari barang yang menurutmu akan laku di pasaran dan mencoba menjadi dropshipper dari barang tersebut. Berbeda dengan reseller yang harus memiliki modal untuk membeli barang terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke pembeli, dropshipper benar-benar memerlukan modal 0 rupiah.

 

3 Tips Sukses menjadi Seorang Dropshipper:

Pahami Marketmu
Ketahui siapa target marketmu dan apa kebutuhan atau permasalahan mereka.
 

Pahami produkmu

Ketahui apa kelebihan produkmu yang bisa menjadi solusi bagi permasalahan target marketmu.

Lakukan copywriting

Definisi copywriting adalah suatu teknik yang dapat membuat calon pembelimu membeli produkmu secara sukarela.

Kamu dapat mempelajari dasar materi ini dengan mendownload ebook rahasia sukses meningkatkan penjualan secara gratis.

2. Menjadi Affiliate Marketer

Affiliate marketing adalah sebuah sistem bisnis yang dilakukan oleh seseorang atau tim untuk mempublikasikan dan mempromosikan produk suatu perusahaan atau bisnis dan affiliate marketer tersebut akan mendapatkan komisi berupa persentase dari harga jual produk. Sistem bisnis ini hampir sama dengan dropship. Kamu hanya perlu melakukan promosi untuk memasarkan produknya dan kamu akan mendapatkan komisi.

Perbedaan affiliate marketing dan dropship adalah di jenis produk. Kebanyakan affiliate marketing memiliki produk berjenis digital sedangkan dropship memiliki produk fisik. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. 

Kamu bisa melakukan salah satunya yang sesuai denganmu ataupun bisa melakukan dropship dan affiliate marketing sekaligus. Selain harus memahami 3 hal yang bisa menjadikanmu sukses di dropship, kamu juga harus memahami strategi affiliate marketing.

 

3 Tips Sukses menjadi Affiliate Marketer:

Bangun Media Promosi

Menjadi seorang affiliate marketer tentunya harus memiliki calon pembeli yang akan ditawari produknya. Entah itu Instagram, facebook, whatsapp, youtube, blog, dll. Kamu harus membangun media promosimu tersebut agar memiliki performa yang baik dan mendatangkan traffic yang banyak. Perpaduan traffic, produk yang tepat, dan copywriting akan memberikanmu konversi yang tinggi dan berujung pada komisi yang luar biasa.

Buat Review yang Menarik

Kamu dapat membuat suatu review yang menarik terkait produk yang akan kamu jual agar calon pembelimu teredukasi dan menimbulkan awareness. Gunakan pola AIDA agar membuat reviewmu semakin menarik.

Berikan Call to Action dengan Hypno Selling

Setelah kamu mendapatkan awareness dari calon pembelimu, berikanlah perintah yang jelas terkait apa yang harus dilakukan oleh calon pembelimu. Kalimat tersebut disebut dengan call to action.

Misalkan klik link berikut ini untuk mendapatkan potongan harga pada paket hosting terbaik kami. Gunakan kupon PH5 untuk mendapatkan tambahan diskon.  Promo tersebut terbatas untuk pendaftar tercepat.

Kamu bisa merubah kata-kata tersebut sesuai dengan produk dan target audiensmu. Kamu juga bisa menyertakan gambar yang disertai link agar tampak lebih menarik.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

3. Menjadi YouTuber

Cara mendapatkan uang dari internet yang cukup populer adalah menjadi YouTuber. Kamu cukup membuat video-video yang menarik, mengedukasi, maupun menghibur penonton. Sudah banyak orang yang mencoba dan telah berhasil menghasilkan uang dari YouTube. Cara mendapatkan uang dari YouTube pun beragam sehingga kamu perlu mengatur strategi sebelum membangun Channel YouTubemu.

 

3 Tips menjadi YouTuber Sukses

Fokus Niche Tertentu

Niche adalah suatu fokus atau target tema yang kamu berikan pada channel YouTubemu. Misalkan kamu berfokus pada investasi maka keseluruhan konten yang kamu buat adalah bertema investasi. Manfaat dengan memberikan suatu niche pada channelmu adalah kamu bisa membangun komunitas yang terfokus sehingga kamu dapat memilih cara mendapatkan uang dari Youtube.

Buat Konten Berkualitas dan Konsisten

Kekuatan utama pada suatu channel adalah konten. Buatlah konten yang bermanfaat bagi para penonton setiamu sehingga mereka akan terus menonton konten-konten yang kamu buat. Selain kualitas, konsistensi juga harus kamu jaga. Usahakanlah untuk membuat 1 konten 1 hari agar performa channelmu akan meningkat di mata YouTube.

Pilih Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Banyak cara mendapatkan uang dari YouTube seperti pendapatan dari iklan Google Ads, sponsor dari perusahaan, dropshipping, affiliate marketing, link referral, dll. Ketika kamu membangun channelmu dan kamu sudah memiliki niche tertent, kamu akan memiliki pengikut sekaligus calon pembeli yang bisa mendatangkanmu uang.

Misalkan channelmu berupa tutorial make up, tentunya kamu bisa mendapatkan uang dengan mendapatkan sponsor dari produk kecantikan, bekerja sama menjadi Dropshipper dan tentunya iklan dari Google Ads. 1 channel bisa memberikan 3 sumber pendapatan bukan?

4. Menjual Foto secara Online

Cara mendapatkan uang dari internet untuk seseorang yang hobi fotografi adalah menjadi konstributor dalam stock foto online. Kamu bisa menghasilkan uang dengan menjual hasil karyamu secara online melalui platform penyedia foto berbayar seperti Microstock, Shutterstock, SmugMugPro, dan masih banyak lagi.

Kamu hanya perlu mendaftar sebagai konstributor dan mengupload hasil karyamu ke platform. Perlu kamu ingat bahwa tidak semua fotomu akan diterima karena ada proses seleksi.

 

3 Tips untuk Membuat Fotomu dapat Terjual

Berikan foto dengan kualitas terbaik

Tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas foto merupakan syarat mutlak agar fotomu bisa diterima oleh platform yang kamu pilih. Tentunya foto dengan kualitas yang baik akan memberikanmu kesempatan lebih besar agar fotomu terjual.

Jadilah Beda dan Unik

Karena mudahnya untuk menjual foto secara online, banyak orang yang telah melakukan hal ini. Cara agar karyamu dapat diterima dan terjual adalah kamu harus memiliki keunikan yang membuat karyamu berbeda dari ribuan karya lainnya.

Siratkan Pesan atau Makna pada Setiap Fotomu

Foto yang bisa berbicara tentunya akan memberikan kesan tersendiri bagi yang melihatnya. Jika kamu bisa melakukan hal ini, kamu akan memiliki foto dengan kualitas yang baik daripada kompetitormu.

5. Menjadi Freelancer Penulis

Cara mendapatkan uang dari Internet dengan menulis salah satunya adalah menjadi freelancer penulis. Kamu bisa mengirimkan hasil karyamu ke media untuk mendapatkan komisi atau kamu bisa bergabung ke perusahaan penyedia jasa freelance untuk menjual jasamu kepada netizen.

 

3 Tips untuk Menjadi Penulis Sukses

Pahami Tujuan Tulisanmu

Terdapat banyak tujuan tulisan tergantung dari apa yang ingin dicapai dari tulisan tersebut. Misalkan tulisan untuk membuat cerita fiksi yang mengharuskan pembaca dapat membayangkan emosi dan latar tokoh cerita akan berbeda dengan tulisan untuk berjualan yang mengharuskan adanya keinginan pembaca untuk membeli produk tersebut.

Jadilah Beda dan Unik

Buatlah tulisanmu berbeda dan memiliki keunikan daripada tulisan orang lain. Hal ini akan membuatmu diingat oleh klienmu dan meningkatkan kesempatanmu untuk dipekerjakan kembali.

Berikan Dampak pada Tulisanmu

Tulisan yang berdampak adalah tulisan yang bermanfaat bagi pembaca. Misalkan kamu membuat tulisan copywriting, jangan sampai kamu hanya berfokus pada kepentingan klienmu dan mengabaikan pembacamu. Berikan sesuatu yang bermanfaat bagi pembacamu ketika mereka membaca tulisanmu.

Latih terus tulisanmu dan kembangkan portofoliomu. Pelajari berbagai hal dan segera dapatkan 10 juta pertamamu dari tulisan.

6. Bermain Game Penghasil Dollar

Cara mendapatkan uang dari bermain game sudah banyak beredar di internet. Game yang sebelumnya hanya dijadikan sebagai sarana pelampiasan penat dan stress, kini bisa menjadi sumber penghasilanmu.

Game penghasil dollar tersebar banyak di internet. Namun, kamu perlu berhati-hati karena banyak game yang akhirnya berujung scam. Salah satu game yang terbukti membayar adalah Gamee. Dapatkan bonus $1,1 hanya dengan mendaftar game tersebut.

Cloud Hosting Indonesia

7. Menjual Produk Digital

Cara mendapatkan uang dari internet yang cukup populer adalah menjual produk digitalmu sendiri. Jika kamu menjadi affiliate marketer, kamu menjualkan produk digital orang lain. Kenapa kamu tidak mencoba menjual produk digitalmu sendiri?

Terdapat banyak jenis produk digital yang bisa kamu buat sesuai dengan keahlianmu. Jika kamu berani tampil di depan kamera, kamu bisa membuat ecourse tentang keahlian yang kamu miliki dan kamu bisa menjualnya di Udemy.

Jika kamu pandai dalam menulis, kamu bisa membuat ebook dan menjualnya di Google Playbook maupun platform lainnya. Jika kamu pandai membuat templat ppt, kamu bisa menjualnya juga di platform marketplace digital.

Perlu kamu ketahui, produk digital merupakan hasil dari keahlianmu. Kamu mungkin perlu memakan waktu untuk membuat 1 produk digital, namun produk tersebut dapat terjual berkali-kali dan memberikanmu passive income.

Setelah membaca artikel ini, cara mana yang lebih sesuai denganmu? Tulis di kolom komentar.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *