Karakteristik Polis Unit Link

Persentase Harian

7 Karakteristik Polis Unit Link – Perkembangan kesadaran masyarakat terhadap literasi keuangan membuat mereka mengerti betapa pentingnya memiliki proteksi diri maupun keluarga. Proteksi tersebut harus mampu mengcover segala biaya kesehatan maupun memberikan nilai manfaat di masa depan (investasi).

Adanya permintaan pasar seperti itu, perusahaan asuransi pun mulai berinovasi menciptakan produk yang akan bermanfaat bagi masyarakat tersebut. Produk tersebut adalah asuransi unit link.

Namun, belum banyak yang mengetahui apa itu asuransi unit link dan apa saja karakteristik polis unit link. Yuk simak artikel berikut ini agar kamu lebih paham terhadap produk ini sehingga tidak tertipu oleh oknum – oknum agen asuransi.

Apa Itu Asuransi Unit Link

Pengertian atau definisi asuransi unit link adalah sebuah produk asuransi yang menggabungkan asuransi permanen (whole life) yang digunakan sebagai proteksi dan instrumen investasi sebagai nilai manfaat tambahan.

Kamu bisa menganggapnya sebagai kamu memiliki sebuah tameng (asuransi) dan tombak (investasi) untuk menghadapi ketidakpastian di masa depan.

7 Karakteristik Polis Unit Link

Karakteristik polis asuransi unit link harus kamu pahami terlebih dahulu sebelum membeli jenis produk asuransi ini. Hal ini bermanfaat untuk menghindari kesalahpahaman dan menghindari informasi bias dari oknum agen asuransi. Berikut adalah karakteristik asuransi unit link:

1.   Biaya Asuransi yang Meningkat

Karakteristik pertama dari polis unit link adalah adanya peningkatan biaya asuransi. Ketentuan pembayaran premi pada asuransi unit link adalah tetap setiap bulan atau tahunnya namun biaya asuransi bisa meningkat.

Jika peningkatan biaya asuransi masih lebih kecil daripada nilai polis dan nilai investasi, kamu tidak perlu risau karena biaya tersebut sudah tertutup. Namun, jika peningkatan biaya asuransi melebihi nilai tunai polis dan investasi, kamu harus membayar selisihnya agar polis asuransimu tidak mati.

2.   Terdapat Banyak Jenis Biaya

Karakteristik polis asuransi unit link yang kedua adalah adanya beberapa jenis biaya. Biaya tersebut meliputi biaya komis agen, biaya akuisisi asuransi, dan biaya operasional untuk bagian asuransi kesehatan dan asuransi jiwanya.

Sedangkan biaya untuk pengelolaan investasinya meliputi biaya jual dan beli instrumen investasi (pengelolaan) yang kamu pilih.

3.   Terdapat Fasilitas Cuti Premi

Cuti premi merupakan keunggulan yang dimiliki oleh polis asuransi unit link. Karakteristik polis unit link ini memberikan kesempatan bagi pemegang polis untuk tidak membayar premi bulanannya (cuti premi).

Hal ini bisa dilakukan ketika nilai investasimu sudah berkembang sehingga biaya asuransi bulanan bisa dibebankan pada nilai investasimu. Namun, bagi sebagian orang, pengurangan nilai investasi ini dianggap merugikan.

Seperti namanya, fasilitas cuti premi merupakan sebuah fasilitas sehingga kamu bisa memanfaatkannya atau tidak.

4.   Pilihan Investasi yang Tidak Bebas

Karakteristik asuransi unit link selanjutnya adalah tidak adanya kebebasan dalam penentuan investasi. Maksud dari tidak bebas adalah adanya keterbatasan produk investasi yang bisa dipilih (biasanya kurang dari 20 jenis) dan kamu hanya bisa mengganti produk investasi yang kamu pilih maksimal 5 kali dalam setahun.

Walaupun tidak bebas, namun kamu masih tetap akan mendapatkan keuntungan jika investasi tersebut merupakan investasi jangka panjang.

5.   Asuransi yang Bergantung pada Nilai Investasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, premi yang kamu bayarkan setiap bulan akan dibagi untuk membiayai asuransi sebagai proteksi dan investasi sebagai manfaat di masa depan.

Nilai premi yang tetap namun biaya asuransi yang bisa berubah membuat nominal nilai tunai sangat bergantung pada nilai investasi. Jika nilai investasi berkembang positif, kamu bisa tenang. Jika tidak, kamu harus melakukan pembayaran selisihnya melalui top up.

6.   Optimalkan Unapplied Premi

Karakteristik unit link pada asuransi keenam adalah kamu wajib mengoptimalkan persentase premi untuk investasi dan asuransi. Ketika kamu memasukkan bagian premi ke investasi, otomatis manfaat yang kamu dapatkan dari proteksi asuransi akan berkurang.

Misalkan saja kamu membagi premi 1 juta perbulan dengan perbandingan 50:50. Proteksi asuransimu hanya bernilai 500 ribu per bulan sehingga mungkin plafon kamar yang bisa kamu pakai adalah 500 ribu per malam sedangkan ketika kamu memasukkan premi 80% ke asuransi dan 20% ke investasi, kamu akan mendapatkan plafon kamar 800 ribu per malam.

Hitunglah kebutuhanmu berdasarkan lokasi tempat tinggalmu agar ketika risiko terjadi, plafon asuransimu masih bisa menanggungnya secara penuh.

7.   Nilai Investasi Tahun Pertama Tidak Maksimal

Karakteristik polis unit link terakhir adalah tidak maksimalnya bahkan nihilnya nilai investasi di tahun pertama. Hal ini dikarenakan nilai polismu akan digunakan untuk menutup berbagai macam biaya yang sudah dijelaskan pada poin 2.

Biasanya, nilai premi untuk investasi akan mulai terlihat saat lebih dari 3 tahun karena nilai premi akan dimasukkan ke nilai investasi sebesar 95%-100%.

Apakah Asuransi Unit Link Bermanfaat?

Kesimpulan dari artikel ini adalah asuransi unit link sangat bermanfaat jika sesuai dengan kebutuhanmu. Jika di akhir masa pertanggungan nilai investasimu masih memiliki sisa, kamu bisa mengambilnya sebagai hasil investasi.

Namun, nominal akhir yang bisa kamu dapatkan tidak menentu karena bergantung kinerja investasimu. Hal ini lah yang menjadi kekecewaan banyak orang karena menganggap nilai akhir yang akan didapatkan merupakan nilai yang tetap dan pasti.

Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam memilih agen asuransi. Pilihlah agen asuransi yang bisa memberikan penjelasan sedetail mungkin agar kamu tidak salah paham.

 

Sekian artikel mengenai karakteristik polis unit link di dalam asuransi. Nantikan artikel bermanfaat lainnya mengenai keuangan hanya di Persentase Harian.

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!