growth mindset dan fixed mindset

Apa itu Growth Mindset dan Fixed Mindset?

Persentase Harian

Banyak yang meyakini bahwa setiap orang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mereka percaya setiap manusia mempunyai sifat dan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa ada orang yang sangat suka sekali tantangan sedangkan sebaliknya ada yang menghindari tantangan sebisa mungkin.

Hal tersebut ternyata ada penjelasannya. Ada dua cara dalam melihat sifat manusia dalam hal kepribadian dan kecerdasan. Cara pertama adalah kita melihat kepribadian dan kecerdasan sebagai sesuatu yang tidak berubah dan akan selalu selama hidup. Hal tersebut dikenal dengan istilah fixed mindset. Pola pikir ini diyakini kerap mengarahkan manusia akan ketakutan yang berlebihan saat melakukan kegagalan dan kesalahan.

Sebaliknya jika kita melihat kepribadian atau kecerdasan sebagai sesuatu yang bisa tumbuh dan berkembang seiring dengan waktu dan usaha. Pola pikir ini disebut growth mindset. Cara berpikir ini kerap dihubungkan dengan keinginan untuk menghadapi setiap tantangan, sebagai hasrat untuk terus belajar sehingga mendapatkan hasil terbaik dalam kehidupan.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Apa itu Fixed Mindset

Fixed mindset adalah pola pikir seseorang yang percaya bahwa kecerdasan, talenta, dan kepribadian merupakan sifat yang tidak bisa berubah atau tetap dan tidak bisa tumbuh. Mereka mempercayai bahwa manusia diciptakan dengan kemampuan yang terbatas dan kita tidak bisa meningkatkannya seiring dengan berjalannya waktu. Dengan kemampuan yang terbatas tersebut maka semua usaha untuk meningkatkannya akan menjadi percuma.

Bagi orang yang percaya bahwa kecerdasan itu permanen mereka secara alamiah akan menghindari tantangan, hambatan, bahkan sedikit kemunduran. Mereka akan terus berusaha untuk terlihat pintar di hadapan orang lain. Mereka juga cenderung untuk lebih mudah menyerah, tidak suka dengan keberhasilan orang lain, dan selalu tertekan setiap kali diminta untuk membuktikan kecerdasan mereka.

Apa itu Growth Mindset

Kebalikan dari fixed mindset, growth mindset adalah orang yang percaya bahwa kita hidup merupakan sebuah titik awal. Mereka meyakini bahwa talenta, kecerdasan dan kepribadian bisa berkembang atau tumbuh melalui usaha dan perjuangan.

Penjelasan sederhananya adalah orang yang memiliki growth mindset yakin bahwa setiap manusia bisa berkembang. Mereka juga melihat kesalahan sebagai kesempatan untuk belajar dan tidak malu untuk mencari inspirasi dari keberhasilan orang lain. Mereka selalu berusaha mengambil sisi positif dengan terus berlatih dan kerja keras.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Cara Merubah Fixed Mindset menjadi Growth Mindset

Apakah bisa merubah seseorang yang fixed mindset ke growth mindset? Jawabanya adalah bisa dan ini berdasarkan riset dari para ahli. Berikut cara merubahnya:

1. Percaya bahwa Kamu Bisa Berubah

Salah satu cara untuk berubah adalah percaya bahwa otak kita dirancang untuk terus tumbuh dan berkembang. Tantanglah diri Kamu untuk melakukan hal-hal yang selama ini tidak Kamu lakukan. Carilah pengalaman baru sehingga menumbuhkan kepercayaan diri Kamu untuk terus berubah lebih baik.

2. Hargai Setiap Proses

Cobalah untuk menghargai setiap proses yang sudah Kamu lakukan. Walau proses tersebut efeknya kecil namun tetap hargai itu semua. Karena berawal dari yang kecil semuanya akan menjadi besar.

3. Minta Masukan

Mintalah masukan ke orang lain atas usaha Kamu. Jika masukan tersebut bagus jadikanlah sebagai penyemangat. Sebaliknya jika masukannya tidak bagus maka anggap sebagai sebuah kritik yang membangun.

4. Keluar dari Zona Nyaman

Beranikan diri untuk keluar dari zona nyaman. Hal tersebut dapat menumbuhkan growth mindset dalam diri Kamu.

5. Jadikan Kegagalan sebagai Bagian dari Proses

Saat menghadapi masalah jangan mudah menyerah dan menyalahkan orang lain atau diri sendiri. Lihat kegagalan sebagai kesempatan bagus untuk belajar. Cobalah menikmati proses menuju keberhasilan.

Sebagai hadiah bagi kamu, pembaca setia blog ini. Kamu bisa membaca ebook self development yang telah banyak memberi manfaat bagi para pembacanya yaitu Rahasia Makna Kehidupan dan Tips Pribadi Sukses.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *