Apa Itu Investasi: Jenis dan Manfaat

Persentase Harian

Apa Itu Investasi Jenis dan Manfaat – Literasi keuangan yang semakin mudah dan murah untuk didapatkan di masa kini membuat banyak orang sudah mulai melek finansial.

Banyak orang yang sebelumnya menghabiskan semua penghasilan yang didapatkannya selama sebulan, kini sudah mulai melakukan investasi walaupun dimulai dari nominal kecil.

Lalu, apa yang dimaksud dengan investasi, apa saja jenis investasi, dan apa manfaat investasi bisa kamu dapatkan dengan membaca artikel berikut ini:

Apa Itu Investasi

Pengertian investasi adalah sebuah aktivitas yang menempatkan modal di masa kini untuk dinikmati di masa depan dengan estimasi akan mendapatkan pertumbuhan nilai. Ibaratnya, kamu sedang menunda kesenangan saat ini demi masa depan yang lebih baik.

Jenis Investasi

Jenis investasi sendiri memiliki beragam kelompok. Kamu bisa mengelompokkannya berdasarkan bentuk investasi, jangka waktu yang diharapkan, hingga instrumen investasi yang bisa digunakan. Berikut adalah informasinya:

Bentuk Investasi

Secara umum, kami dapat mengelompokkan bentuk investasi menjadi 3 yaitu:

1.  Investasi Aset Finansial

Bentuk pertama dan paling banyak diketahui orang adalah investasi aset finansial seperti uang. Kamu bisa menginvestasikan uangmu saat ini untuk kamu nikmati dikemudian hari. Kamu bisa melakukannya dengan membeli saham misalnya.

2.  Investasi Ide / Tenaga / Waktu

Bentuk investasi kedua adalah investasi ide, tenaga, atau waktu. Kamu bisa menginvestasikan ketiga aset yang kamu miliki itu untuk membuat suatu bisnis atau aset digital.

Misalkan saja kamu menukar ide, waktu, dan tenagamu untuk membuat buku yang bisa menjadi buku best seller. Buku tersebut akan menghasilkan royalti bagimu sebagai passive income. Cara inilah yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang belum memiliki modal uang untuk berinvestasi.

3.  Investasi Leher ke Atas

Bentuk investasi terakhir adalah investasi leher ke atas atau investasi ilmu. Ketika kamu ingin meningkatkan skill dan pengetahuan yang akan memberikan income besar di kemudian hari, investasi leher ke atas adalah jawabannya.

Kamu bisa mendapatkan ilmu melalui membaca buku, mendengarkan podcast, mengikuti seminar, bahkan dari menonton YouTube. Investasi leher ke atas merupakan investasi termurah dan tidak ada risiko yang menyertainya.

Jadi tidak ada alasan kamu untuk tidak melakukannya. Mulai saja dari hal termudah seperti membaca semua artikel di Persentase Harian ini agar mendapatkan informasi bermutu.

Jangka Waktu Investasi

Jenis investasi kedua dikelompokkan berdasarkan jangka waktunya. Secara umum, jangka waktu investasi dibagi menjadi 3 yaitu:

1.  Investasi Jangka Pendek

Investasi yang dilakukan dalam kurun waktu kurang dari 3 tahun, bahkan bisa saja di bawah 1 tahun.

2.  Investasi Jangka Menengah

Investasi yang dilakukan untuk jangka waktu 3-5 tahun. Biasanya digunakan untuk tujuan keuangan yang tidak terlalu mendesak.

3.  Investasi Jangka Panjang

Investasi yang dilakukan untuk tujuan keuangan masa depan. Biasanya di atas 10 tahun.

Instrumen Investasi

Jenis terakhir dalam kelompok investasi adalah berdasarkan instrumennya. Instrumen investasi sendiri memiliki beragam jenis seperti saham, deposito, Peer to Peer Lending, tanah, emas, dan lain sebagainya. Pastikan kamu memilih instrumen investasi sesuai tujuan investasimu dan profil risiko keuangan.

Manfaat Investasi

Investasi tentunya akan sangat bermanfaat bagimu. Namun, kami akan merangkumnya menjadi 3 manfaat investasi berikut ini:

1.  Mampu Mengendalikan Keuangan

Manfaat pertama dalam melakukan investasi adalah kemampuanmu untuk mengendalikan kauangan semakin meningkat. Bayangkan saja, misalkan gajimu 8 juta rupiah per bulan dan sebelumnya pengeluaranmu juga 8 juta. Sejak mengenal investasi, kamu mampu menyisihkan uang 2 juta rupiah per bulan untuk melakukan investasi. Perkembangan ini sangatlah bermanfaat bagimu.

2.  Memikirkan Kehidupan di Masa Depan

Kita memang hidup hanya sekali di dunia ini, namun bukan berarti kita bebas melakukan apa saja di masa mud akita dan mengorbankan masa tua kita bukan? Ketika melakukan investasi, kamu sudah mulai memikirkan kehidupan masa depan beserta segala tujuan keuanganmu di kemudian hari.

3.  Mendapatkan Keuntungan

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari investasi adalah keuntungan. Jika kamu berinvestasi secara jangka panjang di instrumen investasi yang tepat, kamu bisa mendapatkan keuntungan berlimpah yang bisa membuatmu mencapai tujuan keuanganmu lebih cepat.

Sekian artikel mengenai apa itu investasi, jenis, dan manfaatnya. Nantikan artikel lainnya yang akan lebih bermanfaat.

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Comment

error: Content is protected !!