Asuransi atau Investasi? Mana yang Lebih Prioritas

0
Asuransi atau Investasi

Persentase Harian

Asuransi atau Investasi – Perkembangan literasi keuangan di Indonesia saat ini jauh lebih tinggi daripada tahun – tahun sebelumnya. Hal ini ditunjang karena adanya media sosial sehingga muncul banyak influencer keuangan.

Mereka membuat konten – konten keuangan yang mampu menyadarkan masyarakat pentingnya berinvestasi. Ditambah dengan adanya pandemi di tahun 2020 yang membuat banyak orang terkurung di rumah sehingga mereka mulai melakukan trading saham.

Namun, benarkah seseorang dapat langsung berinvestasi? Yuk kita bahas asuransi atau investasi mana yang lebih didahulukan:

Asuransi atau Investasi

Pertanyaan mengenai asuransi atau investasi bagi sebagian orang mungkin akan terdengar konyol. Mereka tentu akan memilih investasi karena ada keuntungan di baliknya. Sedangkan asuransi bagi kebanyakan orang akan merugikan.

Hal ini bisa dimaklumi ketika mindset keuangan seseorang hanya berfokus pada keuntungan untuk meningkatkan aset. Namun benarkah mindset tersebut? Simak dulu definisi asuransi dan investasi.

1.   Definisi Asuransi

Pengertian asuransi adalah sebuah kontrak dari pemegang polis dengan perusahaan asuransi untuk memindahkan risiko yang mungkin terjadi atas suatu objek yang diasuransikan. Misalkan dalam hal ini adalah asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan hanya akan bermanfaat ketika pemegang polis jatuh sakit dan dapat melakukan klaim. Lalu bagaimana ketika pemegang polis tidak jatuh sakit? Apakah merasa rugi?

Mungkin bagi kebanyakan orang akan merasa rugi karena tidak merasakan manfaat dari asuransi tersbeut. Namun, sebenarnya kamu sudah merasakan manfaat tersirat dari sebuah asuransi yaitu perasaan aman.

Asuransi diciptakan untuk meminimalisir kemungkinan terburuk saat risiko terjadi. Mungkin dapat diibaratkan sebagai sebuah perisai yang melindungi dari serang luar. Ketika kamu tidak mengalami kerugian karena tidak terjadi sesuatu yang buruk, apakah kamu merasa rugi?

2.   Definisi Investasi

Pengertian investasi secara sederhana adalah mengakumulasi aset saat ini untuk digunakan di masa depan dengan harapan adanya peningkatan nilai aset tersebut. Instrumen investasi pun beragam yang dapat kamu pelajari di blog ini.

Investasi digunakan untuk melawan inflasi yang terjadi setiap tahunnya dan tentunya untuk meraih tujuan keuanganmu di masa depan. Di dalam investasi sendiri terdapat keuntungan dan kerugian. Namun, kebanyakan orang akan berfokus pada keuntungan dari investasi.

Jika diibaratkan, investasi bisa dikatakan sebagai sebuah tombak atau pedang yang digunakan untuk menyerang musuh (inflasi).

Asuransi dan Investasi Penting Mana?

Kembali lagi ke pertanyaan awal bahwa asuransi atau investasi yang perlu diprioritaskan. Sebagai financial planner tentunya kami menyarankan untuk memilih asuransi terlebih dahulu.

Hal ini juga sesuai dengan piramida keuangan dimana keamanan keuangan lebih penting daripada pengembangan aset. Contoh mudahnya adalah ketika kamu memiliki aset 100 juta dan kamu menginvestasikan seluruhnya namun tidak berhasil, apa yang akan terjadi?

Tentunya seluruh asetmu akan hilang dan apa yang akan terjadi ketika kamu jatuh sakit parah yang memerlukan uang yang banyak? Akhirnya kamu pun berhutang.

Contoh tersebut kita balik menjadi kamu memilih untuk memiliki asuransi dengan nominal 12 juta setahun. Ketika kamu jatuh sakit pun, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi karena seluruh biaya rumah sakit sudah dibayar oleh asuransi.

Kemungkinan buruk bagimu (jika menghitung keuntungan) adalah kehilangan uang 12 juta dalam setahun karena tidak melakukan klaim asuransi.

Jika dilihat dari kemungkinan terburuk asuransi atau investasi, tentunya kamu sudah mengerti mana yang lebih prioritas bukan?

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai asuransi atau investasi yang mana lebih prioritas. Baca juga artikel keuangan lainnya agar mindset keuanganmu semakin terbuka.

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!