Bisnis Losmen Penghasil Pasif Income Bulanan

losmen

Persentase Harian

Pasif Income Bulanan dari Losmen – Siapa yang tidak menginginkan bisa menghasilan pasif income secara bulanan. Bayangkan ketika kamu terbangun dari tidur dan mengetahui bahwa kamu mendapatkan penghasilan saat kamu tertidur. Apakah hal tersebut hanya ada dalam mimpi? Tentu tidak.

Perkembangan teknologi informasi dan dunia digital saat ini bisa mewujudkan impianmu tersebut. Kamu bisa meraih pasif income bulanan dengan mendirikan losmen. Yuk simak artikel berikut ini:

Arti Pasif Income

arti pasif income

Arti pasif income atau pendapatan pasif adalah salah satu jenis penghasilan yang bisa didapatkan ketika kamu memiliki suatu aset. Mudahnya, aset yang kamu miliki tersebut akan bekerja untukmu dan menghasilkan uang untukmu. Cara mendapatkan pasif income pun beragam. Namun, artikel ini akan membahas mengenai bisnis losmen.

Definisi Losmen

Definisi Losmen

Definisi losmen adalah sebuah penginapan yang murah atau low budget yang hanya terdiri dari ruang atau tempat tidur. Ibaratnya seperti kamar kos yang disewakan secara harian. Berbeda dengan kos-kosan yang kebanyakan disewakan secara bulanan maupun tahunan.

Perbedaan Losmen dan Hotel

Perbedaan Losmen dan Hotel

Perbedaan losmen dan hotel terletak pada fasilitas yang diberikan. Hotel sederhana masih memberikan fasilitas berupa AC dan TV sederhana. Berbeda dengan losmen yang jarang memiliki fasilitas tersebut.

Perbedaan lainnya adalah harga yang harus dikeluarkan oleh traveler untuk menginap. Harga menginap di hotel tentunya akan lebih mahal karena memiliki fasilitas yang lebih baik.

5 Cara Membangun Bisnis Losmen

Cara Membangun Bisnis Losmen

Ketika kamu ingin mendapatkan pasif income bulanan, kamu bisa mendapatkannya dengan cara berbisnis losmen. Berikut adalah tips memulai bisnis losmen:

1. Riset Target Market

Hal terpenting dan utama dalam memulai suatu bisnis adalah riset target market. Target market dari bisnis losmen adalah para traveler. Kamu juga harus menentukan kisaran umur, kebiasaan, hingga budget yang biasa dikeluarkan oleh para traveler tersebut. Traveler yang biasa menggunakan losmen adalah para backpacker.

2. Riset Lokasi Losmen

Ketika kamu sudah mendapatkan target market yang sesuai, langkah selanjutnya adalah mencari lokasi untuk mendirikan losmenmu. Carilah lokasi yang berdekatan dengan tempat wisata.

Para traveler memilih untuk menginap di losmen karena losmen tersebut dekat dan memiliki harga murah. Kedua hal tersebut harus selalu kamu ingat ketika meriset lokasi losmen. Agar lebih mudah, kamu bisa mencari lokasi losmen terdekat di Google untuk mencari jumlah dan persebaran losmen di area tersebut.

3. Tentukan Budget

Langkah selanjutnya adalah menentukan budget. Ketika kamu sudah mengetahui target market dan lokasi yang sesuai dengan kriteria, kamu bisa menyusun perkiraan biaya dan pendapatan yang kamu miliki.

Saat hitungan budget yang kamu buat menyatakan bahwa kamu akan meraih pasif income bulanan (pendapatan lebih besar daripada pengeluaran) segera raih kesempatan tersebut. Ketika kamu ingin melakukan pinjaman kredit, riset lagi semua bank yang bisa memberikan kredit dengan bunga rendah.

4. Bangun Sistem dan Rekrut Pegawai

Dasar dari pasif income bulanan adalah rendahnya keterlibatanmu pada bisnis tersebut. Cara yang paling mudah untuk melakukan hal tersebut adalah membangun sistem dan rekrut pegawai. Kamu bisa membangun sistem berbasis online yang mengharuskan para traveler untuk memesan dan melakukan pembayaran losmen secara online.

Jangan lupa, rekrut pegawai yang bisa diandalkan dan bisa dipercaya. Tugas dari pegawaimu adalah melayani para traveler sekaligus melakukan perawatan pada aset-aset di losmenmu.

5. Kembangkan Bisnis Losmenmu

Langkah terakhir adalah kembangkan bisnis losmenmu. Ketika kamu sudah bisa menghasilkan pasif income bulanan, kamu harus memutar kembali penghasilan itu untuk mendapatkan penghasilan lainnya.

Cara termudahnya adalah melakukan promosi losmenmu secara online melalui platform seperti Traveloka, Air BnB, OYO, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menggunakan hasil pasif income bulananmu tersebut untuk membeli property lainnya.

Sekian artikel mengenai cara meraih pasif income bulanan dari losmen. Nantikan informasi menarik lainnya hanya dengan mengikuti Persentase Harian.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

error: Content is protected !!