resiko usaha cuci motor
resiko usaha cuci motor

Cara Memulai, Manfaat, dan Resiko Usaha Cuci Motor

Posted on

Persentase Harian

Salah satu ide bisnis evergreen yang bisa kamu lakukan adalah membuka usaha cuci motor. Namun, sebelum membuka usaha ini, simak dulu bagaimana cara memulai, manfaat, dan resiko usaha cuci motor berikut ini:

Cara Merintis Usaha Cuci Motor

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa bisnis ini adalah bisnis yang evergreen karena motor merupakan kebutuhan pokok hampir semua orang. Hal ini dikarenakan motor merupakan moda transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat.

Terbatasnya waktu untuk merawat motor karena kesibukannya, membuat orang-orang lebih memilih untuk mencuci motor kesayangannya di jasa cuci motor. Peluang bisnis inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk mendatangkan cuan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka usaha cuci motor:

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

1. Teknik Mencuci Motor

Modal utama pada usaha cuci motor adalah teknik atau skill untuk mencuci. Bagaimana tidak? bisnis yang berfokus pada jasa atau pelayanan merupakan bisnis yang mengandalkan pelayanan yang prima.

Jika kamu bisa memberikan kepuasan bagi pelanggan ketika mereka memakai jasamu, mereka akan menjadi pelanggan loyal yang dapat mengembangkan usahamu. Kamu bisa mempelajari teknik mencuci dari YouTube atau browsing di internet.

2. Mencari Lokasi yang Strategis

Komponen kedua terpenting selain skill adalah lokasi. Ketika membuka usaha cuci motor, kamu harus memilih lokasi strategis yang bisa dengan mudah dijangkau para pelangganmu.

Tips yang bisa digunakan untuk memilih lokasi yang strategis adalah jalan raya yang digunakan sebagai jalur utama arus berangkat dan pulang kerja. Jalan ini akan dipenuhi oleh pengendara motor yang simpang siur seharian sehingga menaikkan potensi menjadi pelanggan.

Selain itu pilih juga lokasi yang berdekatan dengan suatu tempat utama seperti terminal, stasiun, rumah sakit, sekolah, pasar, dll. Hal ini dikarenakan tempat tersebut merupakan tempat umum dimana banyak orang berkumpul.

3. Mencari Karyawan

Usaha cuci motor merupakan usaha yang berfokus pada jasa sehingga kamu memerlukan beberapa karyawan untuk membuka usaha ini. Carilah karyawan yang memiliki integritas dan etos kerja tinggi karena karyawanmulah yang akan melayani para pembelimu.

Sebagai seorang pemilik usaha cuci motor, kamu harus bisa melatih karyawanmu untuk bisa bekerja sesuai standar dan membuat SOP yang wajib dipatuhi oleh karyawan.

4. Cara Menambah Penghasilan

Setelah memiliki 3 faktor utama dalam memulai usaha cuci motor, kini kamu harus memikirkan bagaimana cara untuk menaikkan omzet usahamu. Kamu bisa melakukan strategi pemasaran secara online maupun offline untuk menarik pelanggan.

Strategi pemberian gratis cuci ketika sudah melakukan cuci motor sebanyak 10x merupakan strategi yang efektif untuk membuat seorang pembeli menjadi pelanggan tetapmu. Selain itu jangan lupa memfasilitasi usaha cuci motormu dengan barang pendukung seperti sabun cuci motor, kain, bahkan aneka snack dan minuman agar keuntungan yang kamu dapatkan semakin maksimal. Kamu juga bisa mempelajari copywriting untuk menarik pelangganmu.

Manfaat Membuka Usaha Cuci Motor

Setelah mengetahui bagaimana cara membuka kios cuci motor, kini kamu harus mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari kios cuci motor.

1. Bisnis Hard Cash

Kios cuci motor merupakan sebuah usaha yang sangat diminati karena usaha yang penghasilannya langsung cash. Setiap pelanggan yang menggunakan jasamu akan membayarnya secara cash sehingga cashflowmu dapat kamu atur dengan baik.

Cloud Hosting Indonesia

2. Tidak Perlu Modal Besar

Usaha yang diminati adalah usaha yang tidak memerlukan modal besar namun memiliki peluang penghasilan yang besar. Hal ini dimiliki uleh usaha kios cuci motor. Modal yang diperlukan hanyalah sebuah lahan untuk membuka usaha dan peralatan cuci.

Biaya untuk perawatannya pun sangat rendah karena setiap barang yang dibeli memiliki masa pakai yang cukup panjang. Hal ini membuat biaya bulanan cukup rendah dimana hanya digunakan untuk membayar listri, air, dan sabun cuci.

3. Bisa Menjadi Passive Income

Hal lain yang disukai banyak orang adalah memiliki usaha yang bisa memberikanmu passive income. Kios cuci motor bisa memberikan hal ini dikarenakan rendahnya manajemen yang perlu dilakukan. Namun, hal ini baru bisa dilakukan jika kios cuci motor tersebut sudah menerapkan SOP yang baik.

Resiko Usaha Cuci Motor

Setelah mengetahui bagaimana cara membuka dan manfaat usaha cuci motor, kamu juga harus siap menanggung resiko usaha cuci motor berikut ini.

1. Tidak Ada Pelanggan Tetap

Resiko usaha cuci motor yang paling utama adalah tidak adanya pelanggan tetap. Adanya ketidakpastian dalam pendapatan membuatmu harus memikirkan strategi untuk meminimalisir resiko usaha cuci motor ini.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisirnya adalah membuat kartu member yang bisa mendapatkan diskon maupun gratis cuci jika memenuhi syarat tertentu.

2. Perputaran Karyawan Cepat

Resiko usaha cuci motor lainnya adalah perputaran karyawan yang cepat. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan namun kamu bisa meminimalisir resiko usaha cuci motor ini dengan cara memberikan kompensasi dan bonus-bonus menarik bagi karyawan-karyawanmu.

3. Sangat Bergantung dengan Air

Resiko usaha cuci motor lainnya adalah ketersediaan air bersih. Kamu pasti mengetahui bahwa usaha cuci motor sangat bergantung pada air bersih sehingga kamu harus memilih lokasi yang ketersediaan air bersihnya terjamin.

Sekian informasi mengenai cara memulai, manfaat, dan resiko usaha cuci motor yang bisa kami berikan. Nantikan artikel-artikel lainnya yang lebih bermanfaat.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *