Simak 3 Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah

0

Persentase Harian

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah – Menabung merupakan hal keuangan dasar yang bisa di ajarkan pada anak kita. Seperti pepatah yang sering kita dengar “menabung pangkal kaya”.

Memang, perkembangan literasi keuangan membuat pepatah tersebut sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan zaman. Namun, membuat anak mau untuk menabung merupakan awal yang baik bagi mindset keuangannya. Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui cara menabung untuk anak yang masih pelajar:

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah

Menabung 1 juta per bulan merupakan hal yang sulit dilakukan bagi seorang pelajar SMA, namun hal ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Berikut adalah tips yang bisa kamu ajarkan kepada anakmu untuk bisa menabung sebanyak 1 juta per bulan:

1. Catat Pemasukan dan Pengeluaran Keuangan

Hal dasar pertama yang bisa kamu ajarkan adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan. Pemasukan utama bagi seorang pelajar adalah uang saku atau uang jajan yang diberikan oleh orang tuanya.

Misalkan saja uang sakunya adalah 50 ribu per hari saat sekolah atau 1,2 juta per bulan. Tentunya untuk menabung hingga 1 juta per bulan merupakan hal yang sulit. Namun, tips ini bisa dikombinasikan dengan tips-tips berikutnya.

2. Pangkas Pengeluaran

Setelah mengetahui berapa pemasukan dan pengeluaran yang biasa dilakukan setiap bulan, kamu bisa menyarankan kepada anakmu untuk melakukan penghematan pengeluaran.

Misalkan saja kamu memintanya untuk membawa botol minum sendiri daripada membeli es diluar sana. Kamu juga bisa membawakan bekal untuk makan siangnya. Selain memotong pengeluaran, kamu juga bisa menjamin kandungan gizi dari makanannya.

Setelah memangkas beberapa pengeluaran, ternyata uang saku sebesar 1,2 juta yang biasanya habis, kini masih tersisa 600 ribu. Kini anakmu sudah bisa menghemat hingga 50% dari pemasukan utamanya.

3. Manambah Pemasukan Bagi Pelajar

Kini anakmu sudah bisa menabung 600 ribu per bulan dari target 1 juta per bulan. Langkah selanjutnya adalah menambah pemasukan sebesar 400 ribu per bulan. Di luar sana, banyak yang menyarankan untuk memulai berinvestasi.

Memang benar, investasi merupakan langkah yang tepat bagi perkembangan finansial seseorang. Namun, adakah investasi yang bisa memberikan keuntungan sebesar 400 ribu per bulan dengan modal awal 600 ribu?

Beberapa instrumen investasi yang ada tidak bisa memberikan return tersebut. Kalaupun ada yang berani memberikan keuntungan sebesar itu, kamu harus berhati-hati karena kemungkinan investasi tersebut adalah investasi bodong.

Cara yang tepat untuk menambah pemasukan bagi seorang pelajar adalah membuat bisnis maupun menjadi seorang freelance. Berikut adalah tipsnya.

Peluang Bisnis Bagi Anak Sekolah

Saran pertama untuk menambah pemasukkan bagi anak sekolah adalah membangun bisnis. Bisnis kecil-kecilan yang sudah dimulai sejak dini, bisa mengajarkan anakmu untuk menjadi seorang entrepreneur yang handal.

Ketika mencari peluang bisnis, carilah bisnis yang minim risiko. Beberapa bisnis tersebut adalah:

  1. Menjadi makelar ketika ada tugas untuk mencari bahan: Anakmu bisa membantu teman-temannya untuk mencarikan bahan-bahan yang diperlukan di sekolahnya dengan tambahan fee untuk ongkosnya.
  2. Membuka bisnis makanan atau minuman dengan sistem PO: sistem PO mampu meminimalisir risiko yang ada karena barang yang dijual merupakan barang yang sudah dipesan oleh orang lain.

Pekerjaan Freelance Bagi Pelajar

Saran kedua untuk menambah pemasukkan bagi pelajar adalah menjadi seorang freelance. Seorang freelance akan mengerjakan proyek yang sudah dipesan oleh orang lain sehingga risiko yang mungkin terjadi sangat minim.

Jenis pekerjaan freelance pun beragam. Kamu bisa memilih job freelance sesuai dengan kemampuan anakmu. Sehingga, anakmu sudah bisa merasakan pekerjaan di dunia nyata.

Bahkan, jika anakmu memiliki kemampuan dan tingkat percaya diri yang tinggi, ia pun bisa menjadi seorang content creator dan mampu menghasilkan tambahan passive income. Namun, kamu juga harus membatasi waktu anakmu dalam bisnis dan pekerjaan freelancenya karena kewajiban utama bagi anakmu saat ini adalah menjadi seorang pelajar yang baik.

Sekian artikel mengenai cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah. Nantikan artikel lainnya yang tentunya akan lebih bermanfaat lagi.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
Kami Terlindungi
EZ Financial Planning