Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

Persentase Harian

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta – Memiliki rumah tangga merupakan tujuan hidup mayoritas orang di Indonesia. Ketika memiliki pasangan hidup, hidup terasa sangat indah. Namun, bagaimana jika penghasilan rumah tangga hanya 1 juta per bulan?

Biaya hidup yang semakin tinggi setiap tahunnya membuat gaji 1 juta perbulan berada di bawah kata cukup. Oleh karena itu, Persentase Harian akan memberikan beberapa tips di bawah ini untuk mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta:

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

Ketika kamu memiliki gaji 1 juta per bulan dan ingin mulai mengatur keuangan, kamu telah membaca artikel yang tepat. Berikut adalah tipsnya:

1. Menambah Penghasilan Bulanan dari Kegiatan Aktif

Cara atur keuangan yang pertama kali harus kamu lakukan adalah menambah penghasilan bulanan secara aktif. Kami tidak menyarankan untuk memangkas atau menghemat pengeluaran karena kami yakin pengeluaran untuk gaji 1 juta per bulan sangatlah terbatas.

Kamu bisa meminta kenaikan gaji jika kamu bekerja pada sebuah perusahaan atau orang. Tentunya kenaikan gaji tersebut harus diimbangi dengan kenaikan performa kinerja.

Cara lain adalah mencari tambahan penghasilan dari kerja sampingan. Jika kamu memiliki motor, kamu bisa bergabung menjadi driver online di Grab, Gojek, maupun Lalamove.

2. Minta Istri untuk Menghasilkan Uang

Cara kedua adalah meminta istri untuk ikut menghasilkan uang. Ketika dalam sebuah rumah tangga terdapat 2 sumber penghasilan yang berasal dari 2 orang, tentunya akan memberikan tambahan ketenangan bagi batin.

Jika keluargamu belum memiliki anak, kamu bisa meminta istrimu untuk bekerja di perusahaan, pabrik, atau lembaga. Intinya dapatkan penghasilan bulanan secara pasti dari gaji. Sehingga kamu bisa mengatur kembali keuangan rumah tangga.

Jika keluargamu sudah memiliki anak, kamu bisa meminta istrimu untuk membuka warung makan atau minuman. Hal ini memudahkan istrimu untuk menambah penghasilan sekaligus mengasuh anak. Peluang ini pun semakin terbuka lebar dengan adanya order online.

3. Investasikan ke Skill dengan High Income

Ketika kamu sudah melakukan 2 tips di atas, berikut adalah tips yang bisa melipatgandakan penghasilanmu dalam beberapa tahun kedepan. Berinvestasilah kepada skill yang memiliki high income atau penghasilan yang tinggi.

Jika ada yang menyarankan untuk berinvestasi ke emas, kami rasa itu sesuatu yang masih belum perlu karena tujuan investasi emas adalah menjaga nilai aset. Jika tujuan keuanganmu adalah menambah income, investasi leher ke atas adalah jawabannya.

Kamu bisa mengikuti kursus-kursus yang disediakan oleh berbagai lembaga, lebih baik lagi jika kamu bisa mendapatkan sertifikasi.

Beberapa contoh skill dengan high income adalah software engineering, full stack digital marketing, copywriting, dan digital content creation. Kamu bisa mempelajari copywriting dari ebook-ebook yang ada di Google Play Store. Ketikkan saja “Dapatkan 50 juta pertama dari copywriting” dan kamu akan mendapatkan ebook yang sangat bermanfaat.

Ketika penghasilanmu sudah semakin bertambah, simpan atau investasikan lagi ke skill-skill lain agar gajimu semakin naik. Pastikan pengeluaranmu tidak semakin bertambah karena gaya hidup.

Sekian artikel mengenai cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta. Nantikan tips keuangan lainnya hanya di Persentase Harian.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!