Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Aplikasi

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Aplikasi

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Aplikasi

Persentase Harian

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Aplikasi – Video merupakan salah satu bentuk informasi yang sering kita konsumsi dalam kehidupan sehari – hari. Entah itu video informatif maupun hanya sekedar video hiburan.

Selain mengkonsumsi video, kita juga beberapa kali memproduksi video. Entah itu untuk keperluan Instagram, TikTok, maupun YouTube jika kamu adalah seorang content creator. Ketika kamu membuat video, kamu mungkin terkejut setelah melihat ukuran akhir dari video yang kamu buat. Lau apa sih faktor yang mempengaruhi ukuran video dan bagaimana cara mengecilkan ukuran video tanpa aplikasi? Yuk simak artikel berikut ini:

Faktor yang Mempengaruhi Ukuran Video

Faktor yang mempengaruhi ukuran video adalah:

1.   Resolusi Video

Resolusi video adalah jumlah piksel yang ada dalam video dan dinyatakan dalam format horizontal x vertical. Contohnya adalah 1920 x 1080. Semakin besar resolusi, kualitas video akan semakin baik namun ukuran juga akan semakin besar.

2.   Bit Rate Video

Sesuai namanya, bit rate merupakan ukuran bit yang diproses dalam suatu waktu. Jika dalam video tersebut jumlah bit rate tinggi, menandakan banyaknya informasi (dalam satuan data) yang ada di video tersebut sehingga ukuran video pun membesar.

3.   Video Encoding

Selain resolusi dan bit rate, juga ada yang dinamakan video encoding. Video encoding adalah proses untuk mengecilkan ukuran video dengan cara compres dari video individu menjadi video fluid.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Aplikasi

Setelah mengetahui apa saja yang mempengaruhi ukuran file video, kini kamu bisa mengecilkan ukuran video tanpa aplikasi dengan cara berikut ini:

1.   Compressify

Cara mengecilkan ukuran video tanpa aplikasi adalah menggunakan layanan dari website. Salah satu website tersebut adalah compressify.com. Di situs ini, layanannya tidak mematok biaya alias gratis. Berikut adalah langkahnya:

  • Buka situs Compressify.com
  • Klik “Choose File”
  • Proses akan memerlukan waktu
  • Unduh file video yang sudah terkompresi.

2.   Videosmaller

Website kedua untuk mengkompres ukuran video secara online adalah videosmaller.com. Hasil file video yang dihasilkan pun cukup berkualitas. Berikut adalah caranya:

  • Buka websitenya di link videosmaller.com
  • Pilih file video yang akan kamu perkecil ukurannya
  • Klik Upload untuk memulai proses kompres video
  • Klik Download file untuk mengunduh file video final

3.   Onlineconverter

Website lain yang memberikan layanan pengecil ukuran video secara online adalah Online Converter. Kamu bisa melakukannya dengan cara:

  • Buka web melalui Onlineconverter.com
  • Klik Choose File
  • Pilih kualitas audio dan video yang kamu inginkan
  • Klik Compress untuk memulai proses
  • Klik Download Now untuk mengunduh file video yang sudah diperkecil secara online

Sekian artikel mengenai cara mengecilkan ukuran video tanpa aplikasi secara online. Nantikan artikel tips lainnya yang akan bermanfaat untuk kehidupanmu sehari – hari.

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!