Chief Marketing Officer (CMO)

Chief Marketing Officer (CMO), Definisi dan Tugas

Posted on

Persentase Harian

Chief Marketing Officer (CMO) adalah – Salah satu bidang yang ada di bisnis adalah marketing. Marketing berperan untuk meningkatkan awareness suatu produk hingga penjualan produk tersebut meningkat.

Dalam setiap jenjang karier, tentunya ada posisi terbawah juga posisi teratas. Jabatan dengan posisi teratas pada bidang marketing disebut dengan chief marketing officer atau CMO. Apa itu chief marketing officer (CMO) dan apa saja tugasnya. Yuk simak informasinya di bawah ini:

Chief Marketing Officer (CMO) Adalah

Chief marketing officer atau biasa disebut CMO adalah sebuah jabatan eksekutif atau biasa disebut C level selain chief executive officer (CEO) dan chief operating officer (COO). Sesuai namanya, chief marketing officer (CMO) berperan dalam bidang pemasaran (marketing) dan periklanan guna meningkatkan penjualan perusahaan.

Tugas Chief Marketing Officer (CMO)

Setelah mengetahui definisi dan peran utama dari seorang chief marketing officer (CMO), kamu perlu tahu apa saja tugas yang diemban oleh seorang CMO yang bergaji besar ini:

1.   Market Research

Tugas pertama seorang CMO adalah market research atau riset pasar. Riset pasar dilakukan untuk mengumpulkan informasi – informasi penting yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Terutama dalam hal peluncuran produk baru.

Produk baru harus dilakukan riset terlebih dahulu agar dapat diterima oleh pasar serta membawa keuntungan bagi perusahaan. Bayangkan saja ketika seorang CMO gagal melakukan riset pasar sehingga produk yang sudah diproduksi tidak diterima dengan baik oleh pasar, tentunya perusahaan akan mengalami kerugian.

2.   Marketing

Tugas chief marketing officer (CMO) yang kedua adalah marketing. Hal ini sudah terpampang jelas pada nama jabatannya. Marketing dilakukan oleh CMO agar produk yang ada di pasar dapat terjadi penjualan yang besar.

Seorang CMO bisa melakukan 3 jenis marketing berikut ini untuk meningkatkan penjualan:

  • Advertising: Beriklan
  • Direct Marketing / Selling: Penjualan langsung
  • Sponsored Events: Sponsor pada suatu event atau acara

3.   Product Management

Setelah berhasil meluncurkan produk baru dan melakukan marketing, tugas chief marketing officer selanjutnya adalah memanage produk tersebut. Manajemen produk bisa dilakukan dengan cara memaintenance produk, mengembangkan produk, bahkan menghentikan produk dan mencari produk baru lain ketika penjualan sudah dirasa tidak menguntungkan.

4.   Brand Management

Tugas CMO yang terakhir adalah mengatur brand perusahaan. Brand merupakan representasi kehadiran perusahaan di benak para pelanggannya. Oleh karena itu, personal experience sangatlah penting bagi brand management.

Brand pada sebuah produk dapat dijabarkan dalam 3 hal utama yaitu harga, kemasan, dan produk itu sendiri. Ketika ketiga hal tersebut mampu mendeliver pesan dari sebuah brand, maka brand management sudah berhasil dilakukan.

Sekian informasi mengenai Chief marketing officer adalah dan tugasnya. Nantikan artikel lainnya hanya di Persentase Harian.

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply