Bisnis Tanaman Hias dari Balkon Apartemen
Bisnis Tanaman Hias dari Balkon Apartemen

Cuan Bisnis Tanaman Hias dari Balkon Apartemen

Posted on

Persentase Harian

Pandemi COVID-19 membuatmu harus memutar otak untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu ide bisnis yang bisa kamu lakukan dari apartemenmu adalah bisnis tanaman hias dari balkon apartemen.

Balkon apartemen yang biasa kamu gunakan sebagai tempat bersantai ria, kini bisa kamu sulap menjadi lahan pencipta cuan untukmu. Selain mendatangkan keuntungan, bisnis tanaman hias ini bisa memberikanmu hobi baru yang menyenangkan.

Tanaman-tanaman yang indah akan memenuhi balkon apartemenmu sehingga suasana apartemenmu akan semakin berwarna. Karena bisnis tanaman hias berfokus pada barang hobi, harga jual dari tanaman hias pun bisa dipatok dengan harga yang tinggi.

Jika tanaman hias yang kamu tanam memiliki keindahan yang bisa diterima oleh calon pembeli, calon pembelimu pun akan rela mengeluarkan uangnya demi mendapatkan tanaman hias idamannya tersebut.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Tips Bisnis Tanaman Hias dari Balkon Apartemen

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar kamu bisa menghasilkan cuan dari balkon apartemenmu.

1. Siapkan Balkon Apartemen

Sesuai judul artikel ini, lahan yang akan kamu gunakan adalah balkon apartemen. Balkon apartemen terkenal dengan luas yang minimalis sehingga kamu harus pintar dalam mengatur kebutuhan tempat untuk tanaman hias.

Jika pembatas balkon apartemenmu berupa besi berongga, kamu bisa menutupnya dengan mika keras agar tanaman hias yang hendak kamu tanam tidak terlalu terkena angin kencang. Kamu juga harus mengukur tingkat intensitas cahaya matahari yang bisa didapatkan.

Setelah mengetahui intensitas cahaya matahari dan angin, kamu bisa memilih beberapa jenis tanaman hias yang hendak kamu tanam. Kamu bisa mulai menanam tanaman berdasarkan trend yang ada di komunitas-komunitas pecinta tanaman hias atau sekedar menanam tanaman yang memiliki nilai jual tinggi.

2. Pilih Jenis Tanaman Hias

Terdapat banyak jenis tanaman hias yang bisa kamu pilih sebagai bisnis tanaman hias dari balkon apartemen. 2 hal yang pasti dimiliki oleh tanaman hias yang laku di pasaran adalah tanaman yang memiliki daun indah atau tanaman yang memiliki bunga indah. Dua hal tersebut memiliki peran krusial karena tujuan tanaman hias adalah sebagai media yang memberikan keindahan.

Sebagai pemula dalam bisnis tanaman hias, kamu cukup memilih tanaman yang memiliki kedua atau salah satu kriteria tersebut. Beberapa jenis tanaman yang bisa kamu pilih adalah

Tanaman Berdaun Indah:

Lidah Mertua

Bonsai

Palem bamboo

Sirih Gading

Tanaman Berbunga Indah:

Anggrek

Mawar

Kaktus

Cloud Hosting Indonesia

3. Cara Merawat Tanaman Hias

Setelah memilih jenis tanaman hias apa yang hendak kamu tanam, kamu harus mengetahui bagaimana cara merawatnya. Kamu harus mempelajari apa saja yang dibutuhkan dan apa saja yang tidak boleh diberikan pada suatu tanaman hias tersebut.

Luasnya wawasan yang kamu miliki akan meningkatkan persentase keberhasilanmu pada bisnis tanaman hias dari balkon apartemen. Tingkat kematian tanaman pun akan semakin rendah sehingga jumlah tanaman yang bisa kamu panen pun meningkat.

2 Hal yang perlu kamu perhatikan adalah besaran kebutuhan pada media tanam dan pupuk/booster apa yang bisa meningkatkan keindahan tanaman hias.

4. Cara Menjual Tanaman Hias

Setelah kamu mempelajari dan memulai bisnis tanaman hias dari balkon apartemen, mungkin kamu bertanya bagaimana cara menjualnya karena tanaman hias yang kamu miliki berada di balkon apartemen yang tidak mungkin dilihat calon pembeli.

Kamu perlu bersyukur dengan peningkatan teknologi dan media sosial yang ada saat ini. Kamu hanya perlu membuat media sosial untuk bisnismu. Kamu bisa menggunakan Instagram, TikTok, maupun Facebook.

Cara pemasaran di masing-masing media sosial pun berbeda. Kamu bisa membuat postingan dengan foto-foto tanaman hiasmu di Instagram, membuat video unik di TikTok, dan memposting foto-foto tanaman hiasmu di grup komunitas pecinta tanaman hias di Facebook.

Kehebatan lain dari pemasaran melalui media sosial adalah kamu bisa memulainya dengan gratis. Dua hal yang perlu kamu perhatikan adalah kualitas dan keunikan dari foto atau video yang kamu buat. Hal tersebut agar calon pembelimu mau membeli tanaman hias darimu.

5. Cara agar Tanaman Hiasmu Terjual Mahal

Seperti yang sudah dijelaskan pada step sebelumnya bahwa tanaman hias merupakan tanaman untuk hobi. Tidak ada patokan harga resmi karena tanaman hias bukanlah komoditas untuk kebutuhan pokok.

Terdapat dua tips yang bisa kami berikan untukmu agar tanaman hiasmu bisa terjual mahal dan memberikan keuntungan yang berlimpah bagimu.

Buat Logo Bisnismu

Logo merupakan sebuah representasi dari bisnis yang kamu miliki. Adanya logo yang menarik dapat meningkatkan kepercayaan calon pembelimu.

Kamu pun bisa membuatnya secara gratis melalui Canva. Kamu hanya memerlukan sebuah pesan yang ingin kamu sampaikan kepada pembeli melalui bisnismu dan kreativitas untuk membuatnya sebagai sebuah visual.

Buat Storytelling Bisnismu

Penghobi tanaman hias tidak membeli tanaman hias karena barangnya melainkan dari perasaan yang ingin didapatkan. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai nilai tambah pada bisnismu.

Kamu perlu membuat sebuah cerita untuk menyentuh perasaan calon pembelimu. Salah satu contoh yang bisa kamu gunakan jika kamu menjual bunga mawar adalah

“Sekuntum bunga mawar merupakan representasi dari cinta yang abadi. Keabadian yang kekal bukan berasal dari fisik yang tak akan layu, melainkan memori yang akan kekal terkenang di benak orang terkasihmu. Ungkapkan cintamu melalui bunga mawar terbaik kami dan berikan kenangan terindah bagi kekasihmu.”

Gabungkan logo dan storytelling yang kamu buat dan kamu akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah dari bisnis tanaman hias dari balkon apartemen. Kamu juga bisa mempelajari copywriting agar tulisanmu semakin mengenai hati calon pembelimu di sini.

Cloud Hosting Indonesia

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *