Daftar Tunjangan PNS Terbaru

0
daftar tunjangan pns terbaru

Persentase Harian

Daftar Tunjangan PNS Terbaru – Setelah mengetahui daftar gaji PNS berdasarkan golongannya, kamu mungkin penasaran penghasilan apa saja yang didapatkan oleh seorang PNS kan?

Pada artikel kali ini, kamu akan mendapatkan informasi mengenai daftar tunjangan PNS yang akan didapatkan setiap bulannya. Berikut adalah list tunjangan PNS:

Daftar Tunjangan PNS

1.   Tunjangan Keluarga

Sesuai namanya, tunjangan keluarga diberikan kepada PNS yang telah memiliki keluarga. Tunjangan keluarga terdiri dari:

  • Tunjangan suami atau istri: 10% dari gaji pokok
  • Tunjangan anak (maksimal 2 orang anak): 2% dari gaji pokok

2.   Tunjangan Jabatan

Tunjangan jabatan diberikan kepada pegawai negeri sipil yang menempati jabatan struktural. Mulai dari eselon 4 hingga eselon 1. Berikut adalah besaran tunjangan jabatan yang diterima PNS:

  • Eselon 4a Rp540.000
  • Eselon 3b Rp980.000
  • Eselon 3a Rp1.260.000
  • Eselon 2b Rp2.025.000
  • Dst

3.   Tunjangan Beras

Seorang PNS setiap bulannya juga akan mendapatkan tunjangan beras. Nominal tunjangan beras disetarakan dengan beras seberat 10 Kg.

4.   Tunjangan Uang Makan

PNS juga mendapatkan uang makan setiap bulannya yang dihitung berdasarkan kehadirannya di hari kerja. Besaran uang makan diberikan sesuai dengan golongan PNS yang dimilikinya. Uang makan terendah adalah 35 ribu per hari kerja.

5.   Tunjangan Pajak

Penghasilan seorang PNS juga dikenakan pajak. Namun, PNS juga mendapatkan tunjangan pajak sehingga pajak yang harus dibayarkan oleh PNS dibayarkan oleh pemerintah.

6.   Tunjangan Kesehatan

Selain pajak, PNS juga mendapatkan tunjangan kesehatan berupa BPJS kesehatan yang masuk dalam list tunjangan PNS. Kelas BPJS kesehatan yang didapatkan PNS diberikan sesuai dengan golongan yang dimilikinya (Golongan II mendapatkan BPJS kelas II dan Golongan III mendapatkan BPJS kelas I).

7.   Tunjangan Kinerja

Daftar tunjangan PNS berikutnya adalah tunjangan kinerja diberikan sesuai dengan jabatan yang ditempati oleh PNS. Besaran tunjangan kinerja diberikan berdasarkan instansi masing – masing. Oleh karena itu, terdapat PNS yang total penghasilannya bisa lebih dari 10 juta rupiah walaupun masih pelaksana karena instansinya (contoh: Kemenkeu).

Namun, mayoritas total penghasilan yang dimiliki oleh PNS level pelaksana adalah kurang dari 10 juta rupiah.

Bagaimana? Apakah kamu masih tertarik menjadi seorang PNS setelah mengetahui daftar gaji dan daftar tunjangan PNS?

 

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!