Deposito bank

Deposito, Sebuah Investasi yang Aman?

Persentase Harian

Melakukan investasi bukan hal yang aneh saat ini. Investasi merupakan salah satu cara untuk mengatur keuangan agar bisa lebih bermanfaat. Terdapat berbagai pilihan instrumen investasi mulai dari saham, emas, ORI, tanah, deposito, dan lainnya. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi para investor pemula disarankan untuk memulai investasi mereka di jenis investasi yang memiliki resiko rendah. Salah satu instrumen tersebut adalah deposito bank. Deposito adalah salah satu jenis simpanan di bank yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan dengan pihak bank. Deposito memiliki jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, dan 12 bulan hingga 24 bulan. Sehingga nasabah hanya bisa mengambil uang sesuai dengan jangka waktu yang disepakati. Nasabah tidak bisa mengambil uangnya sewaktu-waktu seperti di tabungan.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Bunga Deposito Bank

Berbeda dengan tabungan, produk investasi ini memiliki tingkat pengembalian yang lebih tinggi. Setiap bank memiliki kebijakan masing-masing mengenai tingkat suku bunga deposito. Mereka juga menawarkan bunga yang berbeda dari waktu ke waktu.

 Biasanya suku bunga deposito lebih rendah dari tingkat suku bunga yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Satu hal yang pasti bunga deposito pasti lebih besar dibandingkan dengan bunga tabungan. Dihimpun dari pusatdata.kontan.co.id, berikut 3 daftar bank dengan bunga deposito tertinggi per Rabu 1 September 2021:

  • Bank Victoria Internasional dengan bunga deposito tenor 1 bulan sebesar 5,25%, tenor 3 bulan sebesar 5,82%, tenor 6 bulan sebesar 5,50%, dan tenor 12 bulan sebesar 5,00%.
  • Bank MNC Internasional TBK dengan bunga deposito tenor 1 bulan sebesar 5,00%, tenor 3 bulan sebesar 5,38%, tenor 6 bulan sebesar 6,13%, dan tenor 12 bulan sebesar 6,13%

Bank Maspion Indonesia dengan bunga deposito tenor 1 bulan sebesar 5,00%, tenor 3 bulan sebesar 5,75%, tenor 6 bulan sebesar 5,75%, dan tenor 12 bulan sebesar 5,75%

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Bibit Reksadana. Cukup Daftar Langsung Cuan!

Cara Membuka Deposito

Jika Kamu tertarik membuka deposito caranya cukup mudah yaitu pilihlah bank yang Kamu percaya, lakukan pengisian formulir pembukaan rekening deposito, untuk nasabah perorangan bawa dan tunjukkan bukti asli identitas (KTP/SIM/Paspor), untuk nasabah perusahaan serahkan fotokopi legalitas badan usaha, dan yang terakhir adalah melakukan setoran awal deposito.

Seiring perkembangan zaman, kini kamu bisa membuka rekening deposito hanya melalui handphonemu. Kamu cukup login ke internet bankingmu, buat rekening deposito, setor dana, dan pilih jatuh tempo. Contoh bank yang bisa melakukan hal ini adalah Mandiri.

Cloud Hosting Indonesia

Keuntungan Investasi Deposito

Sebagai sebuah instrumen investasi, deposito bank memiliki berbagai macam kelebihan bagi para nasabah. Kelebihan tersebut antara lain:

1.  Investasi yang Relatif Aman

Bagi investor pemula, deposito merupakan investasi yang memiliki resiko rendah. Dibandingkan dengan saham atau uang kripto, deposito relatif lebih aman. Walau ada kemungkinan resiko meningkat bila terjadi krisis atau masalah politik tetapi itu sangat jarang terjadi.

2.  Suku Bunga Kompetitif

Setiap bank menawarkan suku bunga deposito yang kompetitif dibandingkan dengan tabungan. Umumnya perbandingan bunga deposito dengan bunga tabungan cukup jauh bahkan hampir 3 kali lipat. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang yang memiliki deposito sebagai media investasi mereka.

3.  Terjamin Keamanannya

Salah satu faktor utama mengapa deposito banyak dipilih adalah karena uang mereka dijamin oleh negara. Investor tentu akan memilih menginvestasikan uang mereka ke tempat yang aman. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjamin dana nasabah hingga Rp2 miliar.

4.  Bisa Dijadikan Agunan/Jaminan Kredit

Salah satu keunggulan dari deposito bank adalah bisa dijadikan jaminan kredit. Jika investor membutuhkan dana darurat bisa mengambil kredit dengan deposito mereka sebagai jaminan.

Dengan berbagai macam kelebihannya tersebut maka deposito bisa menjadi pilihan bagi para investor khususnya mereka yang masih pemula.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *