Desa Wisata Kemetul: Destinasi Wisata yang Menarik

0
Desa Wisata Kemetul

Persentase Harian

Desa Wisata Kemetul: Destinasi Wisata yang Menarik – Desa wisata Kemetul merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di kabupaten Malang, Jawa Timur, desa wisata ini menawarkan berbagai keindahan alam dan budaya yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

Mengenal Desa Wisata Kemetul

Desa Wisata Kemetul adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Dau, kabupaten Malang, Jawa Timur. Desa ini menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di daerah Malang, karena menyajikan keindahan alam yang menakjubkan dan budaya yang khas.

Desa ini terletak di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut, sehingga udara di sana sangat segar dan sejuk. Desa Wisata Kemetul memiliki luas sekitar 39 hektar, dengan lahan yang mayoritas masih terjaga alamiah.

Keindahan Alam Desa Wisata Kemetul

Desa Wisata Kemetul menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Desa ini terletak di lereng gunung Arjuno, sehingga mempunyai panorama yang menakjubkan. Terdapat berbagai tempat wisata yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, seperti perkebunan teh, kebun apel, dan juga air terjun.

Air terjun Kemetul merupakan salah satu objek wisata yang paling menarik di desa wisata ini. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki kolam yang cukup dalam. Selain air terjun, terdapat juga pemandangan alam yang indah seperti perkebunan teh yang luas dan hamparan sawah hijau yang indah.

Budaya Khas Desa Wisata Kemetul

Desa Wisata Kemetul juga mempunyai budaya yang khas dan menarik untuk dilihat. Salah satu budaya yang khas adalah kesenian tari topeng. Tari topeng merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Tarian ini dilakukan oleh beberapa penari yang memakai topeng yang berbeda-beda.

Selain tari topeng, desa wisata ini juga memiliki kerajinan tangan yang khas, seperti tenun ikat dan anyaman bambu. Wisatawan dapat membeli berbagai produk kerajinan tangan yang dihasilkan oleh warga desa, sebagai oleh-oleh yang dapat dibawa pulang.

Penginapan dan Fasilitas di Desa Wisata Kemetul

Desa Wisata Kemetul juga menyediakan berbagai fasilitas untuk wisatawan, seperti penginapan, restoran, dan pusat informasi. Terdapat beberapa homestay yang dapat disewa oleh para wisatawan yang ingin menginap di desa wisata ini. Penginapan yang tersedia juga cukup terjangkau, sehingga cocok bagi para backpacker yang ingin menghemat pengeluaran.

Selain itu, desa wisata ini juga menyediakan restoran yang menyajikan berbagai hidangan khas Jawa Timur. Wisatawan dapat mencoba berbagai hidangan lezat yang diolah dari bahan-bahan segar dan alami.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Desa Wisata Kemetul

Selain menikmati keindahan alam dan budaya, desa wisata Kemetul juga menyediakan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah trekking di gunung Arjuno. Para wisatawan dapat menjelajahi gunung Arjuno dengan menempuh jalur trekking yang tersedia. Selama perjalanan, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Selain trekking, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas yang lebih santai seperti berjalan-jalan di kebun apel atau menyusuri sawah. Aktivitas ini cocok bagi mereka yang ingin menikmati suasana pedesaan yang tenang dan damai.

Cara Menuju Desa Wisata Kemetul

Untuk menuju ke desa wisata Kemetul, wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Dari kota Malang, wisatawan dapat menggunakan bus atau travel menuju ke terminal Dau. Dari terminal Dau, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau taksi menuju desa wisata Kemetul.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan dapat mengikuti rute perjalanan Malang-Kepanjen-Tumpang-Dau. Dari Dau, wisatawan dapat mengikuti petunjuk arah menuju desa wisata Kemetul.

Tips Berwisata ke Desa Wisata Kemetul

Sebelum berkunjung ke desa wisata Kemetul, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh para wisatawan. Pertama, pastikan untuk membawa perlengkapan yang cukup, terutama jika berencana untuk melakukan trekking. Perlengkapan yang disarankan antara lain sepatu gunung, jaket, dan kantong tidur.

Kedua, wisatawan perlu memperhatikan cuaca saat berkunjung ke desa wisata ini. Karena terletak di dataran tinggi, suhu di desa wisata Kemetul bisa cukup dingin. Pastikan untuk membawa pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca.

Ketiga, hindari membawa sampah atau merusak lingkungan sekitar. Desa wisata Kemetul merupakan daerah yang masih terjaga alaminya, sehingga perlu kita jaga kebersihan dan kelestariannya.

Kesimpulan

Desa wisata Kemetul adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di daerah Malang, Jawa Timur. Desa ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, budaya yang khas, serta berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung. Selain itu, desa wisata ini juga menyediakan fasilitas penginapan dan restoran yang cukup terjangkau.

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi desa wisata Kemetul, pastikan untuk memperhatikan tips-tips yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan demikian, kunjungan ke desa wisata ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Leave a Reply

error: Content is protected !!