Hidup Minimalis adalah

Hidup Minimalis, Manfaat dan Tips Melakukannya

Persentase Harian

Kata minimalis atau minimalism kerap kita dengar dalam dunia seni, arsitektur atau mode. Padahal minimalism ini juga menyangkut banyak hal dalam kehidupan salah satunya adalah gaya hidup. Hidup minimalis dapat diartikan sebagai gaya hidup yang tidak berlebih-lebihan atau minimalis. Menganut gaya hidup ini tidak berarti hidup pas-pasan tetapi lebih menghargai barang yang sudah ada dan hanya membeli barang yang diperlukan.

Cara hidup minimalis kerap dikonotasikan negatif karena dianggap tidak bisa menikmati segala fasilitas yang ada di dunia ini. Hidup minimalis dianggap membosankan, padahal dengan menganut gaya hidup ini seseorang bisa menghabiskan waktu untuk dirinya sendiri atau orang-orang yang dicintai. Hidup minimalis bukan berarti tidak bisa bersenang senang dengan orang lain, berbelanja, atau kegiatan lainnya. Konsep ini, lebih menekankan pada kontrol diri agar tidak hidup berlebih-lebihan dan lebih menghargai kehidupan.

Cloud Hosting Indonesia

Manfaat Hidup Minimalis

Hidup minimalis bisa menjadi solusi di masa yang tidak menentu ini. Dengan mempraktekkan hidup gaya hidup ini maka seseorang bisa mendapatkan banyak manfaat, yaitu:

1.  Pikiran Lebih Tenang

Dengan hidup minimalis maka pikiran akan terasa lebih tenang. Alih-alih mencari sesuatu yang tidak dibutuhkan, Kamu bisa lebih menghargai hal-hal yang sudah dimiliki. Sehingga Kamu mudah stres dalam menjalani hidup ini karena beban hidup terasa lebih ringan.

2.  Lebih Mudah Menabung

Cara hidup minimalis membuat Kamu akan lebih mudah untuk menabung. Kamu hanya membeli barang-barang yang diperlukan sehingga pengeluaran bisa berkurang dan dapat ditabung. Ketergantungan uang dalam gaya hidup minimalis jauh lebih rendah.

3.  Lebih Fokus Menjalani Hidup

Saat Kamu memilih untuk hidup sederhana maka akan memudahkan Kamu untuk fokus dalam menjalani hidup. Jika Kamu memiliki banyak keinginan tentunya hidup akan sulit untuk fokus. Pada akhirnya Kamu akan tertekan dan mengalami stres.

4.  Memiliki Lebih Banyak Waktu

Karena tidak dikejar-kejar oleh materi Kamu perlu menghabiskan waktu untuk bekerja. Kamu bisa memfokuskan waktu Kamu ke hal-hal yang Kamu butuhkan dan menggunakan waktu ekstra untuk melakukan hal-hal yang Kamu sukai.

5.  Lebih Sehat

Gaya hidup minimalis membuat Kamu menjadi lebih sehat. Kamu tidak perlu membuang banyak energi secara percuma. Sudah terbukti bahwa orang dengan gaya hidup sederhana lebih kuat dan sehat dibandingkan mereka yang konsumtif.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Tips Hidup Minimalis

Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam menjalani gaya hidup minimalis. Namun secara garis besar, hal yang utama dalam gaya hidup ini adalah hidup secara sederhana. Menjauhi hal-hal yang konsumtif juga menjadi inti gaya hidup ini. Berikut contoh gaya hidup minimalis bagi Kamu yang membutuhkan:

1.  Evaluasi Pengeluaran Terbarumu

Kelompokkan kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Cobalah sedikit demi sedikit untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

2.  Rapikan Barang-Barang di Kamar atau Rumahmu

Carilah barang-barang yang tidak digunakan lagi. Kamu pasti memiliki barang seperti pakaian, buku, make up, aksesoris yang tidak digunakan lagi. Barang-barang tersebut bisa Kamu buang atau berikan ke orang lain.

3.  Matikan Notifikasi dan Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan di Handphone

Hal ini mungkin sederhana namun mulai dari sesuatu yang simple ini akan membuat Kamu lebih fokus dalam menjalani hidup.

4.  Memanfaatkan Barang Bekas yang Masih Bisa Dipakai

Sering kali kita menemukan barang bekas yang masih bisa dipakai. Maka gunakanlah barang tersebut dari untuk membantu aktivitasmu.

 

Cara hidup minimalis adalah sebuah pilihan bagi Kamu yang sudah muak dengan segala bentuk konsumerisme yang ada. Dengan menjalani hidup minimal diharapkan kita bisa lebih menghargai diri sendiri dan segala sesuatu yang sudah dimiliki.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Comments (1)

  • Tips yang sangat bermanfaat! Aku sudah melakukan hampir semuanya. Hidup jadi lebih fokus dan tenang, memiliki lebih banyak waktu dan paling penting menambah Tabungan! Terima Kasih untuk Artikelnya kak 🙂

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *