Ide Bisnis Ternak Ikan Cupang
Ide Bisnis Ternak Ikan Cupang

Ide Bisnis Ternak Ikan Cupang

Posted on

Persentase Harian

Pernahkah kamu memikirkan bahwa ide bisnis ternak ikan cupang merupakan salah satu jenis bisnis sampingan yang sangat menggiurkan. Bagaimana tidak menggiurkan jika keuntungan yang dihasilkan dari ternak ikan cupang bisa membayar cicilan rumah atau apartemenmu?

Berbagai peluang bisnis yang ada saat ini mungkin tidak semenarik dengan ide bisnis ternak ikan cupang karena ikan cupang tidak hanya menjadi sumber penghasil uang, namun memberikan kesenangan bagi peternaknya karena memiliki warna yang indah. Ikan cupang terkenal dengan berbagai bentuk dan warna yang sangat menawan.

Keindahan dari ikan cupang ini menjadikannya sebagai salah satu jenis ikan yang sangat populer di kalangan pecinta ikan. Karena ikan cupang merupakan jenis ikan hias, harga yang bisa didapatkan dari pejualan ikan ini pun sangat tinggi dan menjadikannya sebagai peluang bisnis.

Pertanyaan berupa berapa modal bisnis ternak ikan cupang, berapa keuntungan bisnis ternak ikan cupang, jenis ikan cupang terbaik, dan cara beternak ikan cupang akan dikupas tuntas pada artikel ini.

Cloud Hosting Indonesia

Berapa Modal Bisnis Ternak Ikan Cupang

Ide Bisnis Ternak Ikan Cupang

Pertanyaan pertama dan terpenting pada setiap peluang bisnis adalah berapa modal yang harus dikeluarkan. Suatu peluang bisnis akan menjadi kurang menarik jika modal yang harus dikeluarkan di awal terasa di luar kemampuanmu. Tetapi kamu bisa tenang karena modal bisnis ternak ikan cupang cukup terjangkau.

Kamu bisa memulai ide bisnis ternak ikan cupang ini hanya dengan modal 5 juta rupiah. 5 juta tersebut digunakan untuk membeli induk ikan cupang, peralatan, perlengkapan, dan modal pakan ternak ikan cupang.

Dibandingkan dengan ternak ikan lainnya, ide bisnis ternak ikan cupang ini cukup rendah bukan? selain keterjangkauan, ikan cupang juga terkenal sebagai ikan yang tahan banting sehingga kamu bisa cukup tenang akan hasil panenmu nanti. Dengan mengetahui berapa modal bisnis ternak ikan cupang, kamu bisa mulai beternak dengan peralatan yang ada di rumah dan tentunya akan lebih hemat lagi.

Berapa Keuntungan Bisnis Ternak Ikan Cupang

Pertanyaan kedua pada sebuah peluang bisnis adalah berapa keuntungan yang bisa didapatkan. Suatu peluang bisnis dikatakan menarik jika penghasilan yang didapatkan lebih tinggi daripada modal yang harus dikeluarkan. Bisnis ternak ikan cupang ini pun memenuhi syarat tersebut.

Kamu telah mengetahui bahwa modal bisnis ternak ikan cupang adalah 5 juta untuk sekali panen. Sekarang mari lakukan hitungan sederhana untuk mengetahui berapa keuntungan bisnis ternak ikan cupang ini.

Misalkan satu indukan menghasilkan 100 anakan. 100 anakan tersebut bisa kamu kembangkan hingga memenuhi standar ekspor. Minat ikan cupang di negara tetangga Indonesia sangatlah tinggi. Mereka rela mengimpor dari Indonesia dengan harga 1 juta rupiah per 10 ekor. Kamu tinggal mengirimkan 10 paket ikan cupang melalui ekspor dan kamu pun bisa menghasilkan 10 juta rupiah.

Dari perhitungan sederhana tersebut, kamu sudah mengantongi keuntungan sebesar 5 juta atau 100% dari modal yang harus dikeluarkan. Hal menarik lainnya adalah indukan yang kamu gunakan, bisa kamu gunakan lagi atau kamu bisa menjadikan anakan dari hasil ternak ikan cupangmu menjadi indukan yang baru. Hal ini menjadikanmu hanya perlu mengeluarkan modal untuk pakan ternak ikan cupang karena peralatan yang digunakan pun tetap sama.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan harga jual ikanmu dari hasil ide bisnis ternak ikan cupang adalah melakukan lelang. Kamu bisa menjual sepasang ikan yang akan dijadikan indukan oleh para peternak atau penghobi ikan cupang.

Rata-rata harga yang bisa didapatkan dari 1 pasang ikan cupang adalah 300 ribu jika jenis dan warna ikan cupang yang kamu miliki menarik. Jika hasil panenmu 100 ekor dan dijual secara berpasangan seharga 300 ribu, kamu bisa mendapatkan penghasilan 15 juta.

Kedua perhitungan di atas merupakan jawaban dari pertanyaan berapa keuntungan bisnis ikan cupang. Keuntungan yang didapatkan akan semakin tinggi seiring bertambahnya usaha yang kamu keluarkan.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Jenis Ikan Cupang Terbaik

Setelah mengetahui bahwa harga ikan cupang ditentukan oleh jenis ikan cupang tersebut, kamu pun bertanya apa jenis ikan cupang terbaik? Kamu perlu mengetahui bahwa ikan cupang terbagi sebagai ikan cupang hias dan petarung. Ikan cupang yang memiliki harga tinggi adalah ikan cupang hias.

Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa jenis ikan cupang terbaik untuk dijadikan indukan pada ide bisnis ternak ikan cupang milikmu. Beberapa jenis ikan cupang terbaik adalah jenis Fancy, Kachen Worachai, Double Tail, Giant, Plakat, Big Earl Dumbo, dan Halfmoon. Selain jenis ikan cupang, hal yang menentukan harga ikan cupang tersebut adalah warna pada badan dan ekor ikan cupang. Kamu dapat menyimak 5 tips ternak ikan cupang.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *