tahapan budidaya kelinci

Ini Dia 4 Tahapan Budidaya Kelinci Dengan Mudah

Posted on

Persentase Harian

Tahapan budidaya kelinci sebenarnya mudah terlebih jika Anda memiliki ilmunya. Peluang usaha ternak hewan tersebut bisa dibilang menjanjikan karena mudah dan cepat berkembang biak. Secara umum kelinci ada dua, yaitu kelinci hias dan kelinci budidaya.

Kelinci budidaya adalah jenis kelinci yang bisa dikonsumsi dagingnya serta dimanfaatkan bulunya. Sedangkan kelinci hias untuk peliharaan dan ladang bisnis. Namun, tidak ada batasan pasti antara keduanya. Banyak kelinci yang awalnya dijadikan peliharaan kemudian dimanfaatkan menjadi kelinci konsumsi atau yang lainnya.

Agar tidak berlama-lama lagi, langsung saja kita simak di bawah ini.

Tahapan Budidaya Kelinci

1. Tentukan Jenis Kelinci

Ada 3 fokus dalam budidaya kelinci, yakni daging, kulit dan bulu. Jadi, Anda tinggal putuskan untuk berorientasi pada bagian yang mana. Jika Anda ingin fokus pada daging maka bisa memilih jenis Flemish Giant dan New Zealand White.

Jika kulit bisa budidaya kelinci jenis Rex dan Satin. Sedangkan untuk bulu atau wol bisa jenis Angora.

2. Siapkan Kandang

Tahapan budidaya kelinci selanjutnya adalah siapkan kandang. Ada 2 tipe kandang yang bisa Anda pilih, yaitu terbuka dan tertutup. Kandang terbuka berupa hamparan dengan pagar di sekelilingnya.

Sementara kandang tertutup yang memiliki batas lantai, dinding, dan tutup.

3. Memilih Indukan

Memilih calon indukan merupakan salah satu tahap yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, jika induk yang Anda pilih tidak baik maka akan menghasilkan anak yang tidak baik pula. Berikut tips memilih induk yang baik:

  • Bobot induk betina minimal 4-5 kg dan jantan 3-5 kg.
  • Memiliki pinggul bulat penuh.
  • Punggung tidak cekung.
  • Memiliki mata merah dan tidak lesu.
  • Bulu bersih, utamanya di daerah kelamin.

4. Proses Mengawinkan Kelinci

Mengawinkan kelinci bisa dengan berbagai cara, yaitu berpasangan atau berkelompok. Jika berkelompok Anda bisa memasukkan 1 jantan di antara betina. 1 pejantan bisa mengawini 5-10 betina. Sedangkan jika berpasangan ialah satu betina dan satu jantan dalam 1 kandang.

Demikianlah tahapan budidaya kelinci dengan mudah yang harus Anda tahu. Tambah terus pengetahuan dan pengalaman Anda agar usaha Anda semakin maju. Semoga bermanfaat!

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply