Jelaskan 3 Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan antar Negara

Jelaskan 3 Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan antar Negara

Persentase Harian

Jelaskan 3 Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan antar Negara – Perdagangan antar negara merupakan salah satu contoh nyata dari dampak globalisasi. Globalisasi membuat dunia kita saat ini menjadi borderless. Dunia tanpa batas hingga kita dapat menikmati produk-produk yang berasal dari luar negeri.

Perdagangan antar negara merupakan hasil dari kerja sama dalam bidang ekonomi. Negara yang menjual produknya ke negara lain disebut dengan eksportir sedangkan negara yang membeli barang dari negara lain disebut importir.

Jelaskan 3 Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan antar Negara

Faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antar negara bisa kamu pahami dengan membaca informasi berikut ini:

1.   Perbedaan Sumber Daya Alam

Faktor pertama yang bisa mendorong terjadinya perdagangan antar negara adalah adanya perbedaan sumber daya alam yang dimiliki oleh masing-masing negara. Misalkan saja negara yang wilayahnya merupakan daratan penuh tanpa adanya laut, tentu mereka akan sangat kesulitan untuk mendapatkan makanan laut.

Oleh karena itu, mereka melakukan perdagangan internasional dengan negara lain guna mendapatkan produk laut.

2.   Perbedaan Faktor Produksi

Saat ini faktor produksi bisa dikategorikan menjadi 3 poin utama sebagai berikut:

  • Faktor produksi sumber daya alam: faktor produksi yang bergantung pada bahan material yang ada di negara tersebut;
  • Faktor produksi sumber daya manusia: sumber daya manusia merupakan salah satu faktor produksi karena berperan sebagai tenaga produksi. Sumber daya manusia bisa dinilai berdasarkan usia, jenis kelamin, dan skill yang dimilikinya.
  • Faktor produksi modal: tidak bisa dipungkiri bahwa modal juga merupakan faktor yang sangat penting dalam produksi. Tanpa adanya modal, proses produksi tentunya akan terhambat.

Setiap negara memiliki keunggulannya masing-masing sehingga produk yang dihasilkan pun tentunya mengikuti dengan kemampuan faktor produksi. Misalkan produk dari negara – negara di Afrika, tentunya akan lebih ke hasil bumi daripada produk digital seperti barang dari negara – negara di Amerika.

3.   Perbedaan Harga

Faktor lain yang mendorong terjadinya perdagangan antar negara adalah perbedaan harga. Sebagai seorang pebisnis, tentunya menginginkan produk yang lebih murah untuk bisa dijual kembali dengan keuntungan yang lebih besar. Alasan ini lah yang membuat banyak orang melakukan impor dan menjualnya kembali.

Sekian artikel mengenai Jelaskan 3 Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan antar Negara. Nantikan artikel lainnya yang akan lebih berguna.

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!