Keindahan Wisata Hutan Mangrove Bengkulu

0
Wisata Hutan Mangrove Bengkulu

Persentase Harian

Wisata Hutan Mangrove Bengkulu – Bengkulu, sebuah provinsi yang terletak di bagian barat daya pulau Sumatera, memiliki beragam potensi wisata alam yang dapat dieksplorasi. Salah satu destinasi wisata yang populer di Bengkulu adalah hutan mangrove yang terletak di kawasan Pantai Panjang, Kota Bengkulu. Wisata hutan mangrove Bengkulu menawarkan pengalaman yang unik dan menarik bagi wisatawan yang ingin mengeksplorasi keindahan alam dan keanekaragaman hayati di Bengkulu.

Keindahan Wisata Hutan Mangrove Bengkulu

Hutan mangrove di Bengkulu memiliki keindahan yang memukau. Terdapat banyak pohon mangrove yang menjulang tinggi dengan akar-akar yang menjuntai di atas permukaan air. Keindahan alam di wisata hutan mangrove Bengkulu semakin terasa dengan adanya jembatan kayu yang membentang di atas air. Jembatan tersebut memungkinkan para pengunjung untuk menikmati pemandangan hutan mangrove secara lebih dekat dan merasakan sensasi berjalan di atas air.

Keunikan Wisata Hutan Mangrove Bengkulu

Keunikan wisata hutan mangrove Bengkulu terletak pada keanekaragaman hayati yang terdapat di dalamnya. Terdapat berbagai jenis tumbuhan dan satwa yang hidup di dalam hutan mangrove, seperti burung camar, monyet, dan kepiting. Wisatawan dapat melakukan aktivitas birdwatching dan wildlife watching di sini. Selain itu, hutan mangrove juga berfungsi sebagai tempat perlindungan dan pemijahan ikan, sehingga menjadi tempat yang ideal untuk para penggemar olahraga memancing.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wisata Hutan Mangrove Bengkulu

Wisata hutan mangrove Bengkulu menawarkan banyak aktivitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan. Selain birdwatching, wildlife watching, dan memancing, para pengunjung juga dapat menikmati keindahan hutan mangrove dengan berjalan-jalan di sekitar jembatan kayu atau naik perahu untuk menjelajahi area hutan yang lebih luas. Wisatawan juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam di hutan mangrove.

Tips Berwisata ke Hutan Mangrove Bengkulu

Agar pengalaman wisata ke hutan mangrove Bengkulu semakin menyenangkan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan, seperti sepatu yang cocok untuk berjalan di atas kayu atau sandal yang mudah kering untuk naik perahu. Kedua, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah di wisata hutan mangrove Bengkulu. Ketiga, bawalah perlengkapan memancing jika ingin memancing di area hutan mangrove. Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Menginap di Dekat Hutan Mangrove Bengkulu

Bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata hutan mangrove Bengkulu secara lebih menyeluruh, menginap di dekat lokasi wisata bisa menjadi pilihan yang tepat. Terdapat berbagai macam penginapan yang bisa dipilih, mulai dari hotel berbintang hingga homestay yang lebih terjangkau. Beberapa penginapan yang dapat dipertimbangkan di antaranya adalah:

  1. Hotel Santika Bengkulu – hotel berbintang yang terletak di pusat kota Bengkulu dan memiliki fasilitas lengkap, seperti kolam renang, spa, dan restoran.

  2. Hotel Sinar Sport Bengkulu – hotel yang terletak di dekat Pantai Panjang dan hutan mangrove. Pengunjung dapat dengan mudah mengakses lokasi wisata dari hotel ini.

  3. Homestay Si Pitung – homestay yang terletak di dekat Pantai Panjang dan hutan mangrove. Homestay ini cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana menginap yang lebih hangat dan akrab.

Cara Menuju Wisata Hutan Mangrove Bengkulu

Untuk menuju ke wisata hutan mangrove Bengkulu, terdapat beberapa opsi transportasi yang bisa dipilih. Jika berangkat dari luar kota Bengkulu, wisatawan bisa menggunakan transportasi udara melalui Bandara Fatmawati Soekarno, yang terletak sekitar 20 km dari pusat kota Bengkulu. Selain itu, wisatawan juga dapat menggunakan transportasi darat dengan menggunakan bus atau taksi dari kota-kota di sekitar Bengkulu.

Setelah tiba di kota Bengkulu, wisatawan dapat menggunakan angkutan umum seperti angkot atau ojek untuk menuju ke Pantai Panjang. Kemudian, wisatawan dapat berjalan kaki ke lokasi wisata hutan mangrove atau menggunakan jasa perahu sewa yang tersedia di sekitar area Pantai Panjang.

Makanan Khas Bengkulu

Selain wisata hutan mangrove, Bengkulu juga terkenal dengan berbagai macam kuliner yang lezat dan unik. Ada beberapa makanan khas Bengkulu yang wajib dicoba oleh wisatawan, di antaranya adalah:

  1. Pempek – makanan khas Palembang yang juga populer di Bengkulu. Pempek Bengkulu memiliki ciri khas yang berbeda dengan pempek dari daerah lain.

  2. Nasi Goreng Kambing – nasi goreng yang diolah dengan daging kambing dan bumbu khas Bengkulu. Rasanya yang gurih dan pedas membuat makanan ini menjadi favorit wisatawan.

  3. Martabak Bengkulu – martabak yang diisi dengan telur, daging, dan sayuran. Martabak Bengkulu memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang enak.

 

Leave a Reply

error: Content is protected !!