Perbedaan psikolog dan psikiater
Perbedaan psikolog dan psikiater

Ketahui 2 Perbedaan Psikolog dan Psikiater

Posted on

Persentase Harian

Belakangan ini sedang ramai tentang gangguan kesehatan mental dan kamu mungkin bertanya apa perbedaan psikolog dan psikiater. Banyak orang yang masih mengira bahwa kedua profesi tersebut merupakan profesi yang sama, namun sebenarnya keduanya berbeda. Lalu, kamu harus kemana saat mengalami kesehatan mental? Yuk, simak perbedaan psikolog dan psikiater berikut ini:

Cloud Hosting Indonesia

Perbedaan Psikolog dan Psikiater

1. Pendidikan yang Ditempuh

Sebuah profesi tentunya didapatkan melalui pendidikan. Baik itu pendidikan formal maupun non formal. Perbedaan psikolog dan psikiater pertama terletak pada pendidikan yang telah ditempuhnya.

Psikolog memliki gelar doctor yang berada di bidang psikologi yaitu studi tentang pola pikir dan perilaku manusia. Sesuai dengan bidangnya, psikolog memiliki keahlian di tes psikologi seperti tes kepribadian, tes minat bakat, hingga tes IQ.

Berbeda dengan psikolog, psikiater merupakan doctor medis yang menempuh pendidikan di jurusan kedokteran. Karena merupakan doctor medis, psikiater lebih berfokus ke pengobatan melalui obat-obatan.

2. Fokus Pengobatan

Ketika seseorang mengalami gangguan kesehatan mental, sebenarnya psikolog maupun psikiater merupakan profesi yang bisa membantu. Namun, kamu harus mengetahui apa yang sebenarnya kamu butuhkan agar penyembuhanmu lebih tepat sasaran.

Dilihat dari latar belakang pendidikan, seorang psikolog akan memberikanmu perawatan secara langsung mengenai perilaku-perilaku yang kamu lakukan. Mereka akan mendiagnosa apa yang sebenarnya terjadi di mentalmu melalui sinyal-sinyal yang diberikan oleh perilakumu.

Sedangkan seorang psikiater akan lebih berfokus pada kesehatan tubuhmu sebelum mendiagnosa kesehatan mentalmu. Mereka akan melakukan cek terhadap kebutuhan tubuh seperti vitamin, mineral, dll sebelum mendalami perilakumu. Psikiater akan memastikan terlebih dahulu bahwa sifat lesumu bukan karena kekurangan gizi.

Pilih Psikolog atau Psikiater?

Setelah mengetahui perbedaan psikolog dan psikiater, kamu mungkin langsung memilih untuk ke psikolog ketika kamu mengalami gangguan kesehatan mental. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar.

Kamu bisa menuju ke dokter umum terlebih dahulu untuk mengecek apakah gangguan yang kamu rasakan memanglah gangguan kesehatan mental. Jika ternyata gangguan yang kamu alami merupakan gangguan kesehatan biologis, kamu cukup meminum obat dari resep dokter umum tersebut.

Namun, ketika gangguan tersebut memang gangguan kesehatan mental kamu bisa meminta rujukan dari dokter umum tersebut. Rujukan tersebut bisa diarahkan ke psikolog maupun psikiater.

Jika akses yang harus dilalui menuju ke psikolog dan psikiater tersebut jauh, kamu bisa tenang karena saat ini sudah terdapat aplikasi mobile yang bisa menghubungkanmu dengan para psikolog maupun psikiater.

Hal ini membuatmu tidak perlu ragu dan takut lagi untuk berkonsultasi ke psikolog maupun psikiater. Karena terlambatnya penanganan pada gangguan kesehatan mental, bisa berakhir fatal.

Sekian informasi mengenaiperbedaan psikolog dan psikiater. Baca juga artikel lain yang lebih bermanfaat untukmu.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *