cara menjadi pengusaha batu bara
cara menjadi pengusaha batu bara

Ketahui 3 Cara Menjadi Pengusaha Batu Bara

Posted on

Persentase Harian

Banyak orang mengatakan bisnis batu bara bisa membuat orang kaya sehingga pertanyaan mengenai cara menjadi pengusaha batu bara pun bermunculan di internet. Hal ini dikarenakan kebanyakan pengusaha batu bara bisa memiliki kekayaan yang berlimpah.

Batu bara sendiri digunakan sebagai bahan pembangkit listrik. Seperti yang kamu ketahui, listrik saat ini merupakan kebutuhan pokok hampir seluruh umat manusia di dunia termasuk Indonesia.

Walaupun sudah banyak bermunculan sumber daya yang bisa diperbarui, namun kamu juga perlu menyimak cara menjadi pengusaha batu bara berikut ini:

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Cara Menjadi Pengusaha Batu Bara

1. Siapkan Modal dan Bentuk Perusahaan

Hal yang harus dilakukan untuk menjadi pengusaha batu bara adalah menyiapkan modal dan membentuk perusahaan. Perusahaannya pun harus berbentuk PT PMA atau Perusahaan Penanaman Modal Asing.

Modal yang dibutuhkan pun tidak sedikit karena sebagai pengusaha batu bara harus mengantongi berbagai perizinan. Kamu bisa berkonsultasi dengan BKPM terkait perizinan pembentukan PT PMA.

2. Buat Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis merupakan suatu hal yang sangat penting bagi pengusaha, tak terkecuali pengusaha batu bara. Cara menjadi pengusaha batu bara sukses adalah memiliki perencanaan bisnis yang matang.

Hal pertama yang harus dihindari sebagai pengusaha batu bara adalah memilih aktivitas pertambangan gas dan minyak bumi. Kedua sektor tersebut memiliki pembatasan yang sangat ketat sehingga sukar untuk melakukan bisnis sdi sektor tersebut.

Perencanaan bisnis yang kedua adalah memilih jenis core maupun non core. Jika fokus bisnis batu bara milikmu adalah kegiatan eksplorasi, pengilangan, konstruksi, layanan usai tambang, dan reklamasi transportasi, kamu bisa memilih jenis usaha core.

3. Kantongi Perizinan yang Diperlukan

Cara menjadi pengusaha batu bara yang sukses dan berkesinambungan adalah memiliki perizinan yang lengkap. Izin usaha merupakan hal yang wajib dimiliki oleh pengusaha batu bara.

Bayangkan saja ketika usahamu bisa berkembang dengan sangat pesat namun harus terhenti karena kurangnya izin yang dimiliki. Sungguh menyusahkan bukan?

Kamu harus mengumpulkan dan menyerahkan berkas yang diperlukan ke Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara. Setelah itu, kamu akan memiliki lisensi untuk melakukan bisnis batu bara.

Terdapat dua lisensi yang bisa kamu pilih yaitu Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Setelah mengantongi izin, kamu bisa mengikuti tender lokasi pertambangan untuk memiliki hak atas lokasi tersebut.

Kamu wajib mengikuti tender yang diselenggarakan oleh pemerintah karena hanya pemerintah yang berhak menentukan siapa yang berwenang atas suatu wilayah. Setelah memenangkan tender, kamu bisa memiliki IUP (Izin Usaha Pertambangan) dan kamu pun bisa memulai bisnis batu bara milikmu.

Cloud Hosting Indonesia

Keuntungan Menjadi Pengusaha Batu Bara

1. Pangsa Pasar Besar

Seperti yang dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, batu bara digunakan sebagai bahan baku pembangkit listrik. Listrik merupakan kebutuhan pokok umat manusia sehingga seluruh dunia pasti membutuhkan batu bara.

Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk melakukan bisnis ekspor batu bara. Salah satu negara tujuan yang bisa kamu pilih adalah China.

2. Keuntungan Besar

Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis batu bara dapat memberikanmu keuntungan yang menggiurkan. Modal yang kamu perlukan pun kebanyakan adalah fixed cost yang bisa kamu beli dan manfaatkan hingga beberapa tahun.

Ketika penghasilan yang didapatkan dari penjualan dan ekspor batu bara disandingkan dengan cost yang dikeluarkan, tentunya keuntungan yang bisa didapatkan sangat menggiurkan.

3. Bisa Menjadi Passive Income

Ketika kamu mendirikan suatu perusahaan, tentunya kamu ingin perusahaan tersebut menjadi sumber passive income milikmu. Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan cara membentuk susunan direksi yang akan bertanggung jawab di perusahaan.

Dengan cara tersebut, kamu pun akan menjadi shareholder yang hanya berperan menyetujui rencana strategis yang dibuat oleh direksi. Seperti kata pepatah, biarkanlah uangmu bekerja untukmu.

Sekian 3 cara menjadi pengusaha batu bara dan 3 manfaat menjadi pengusaha batu bara. Jika kamu adalah orang awam dan pemula yang tidak memiliki modal besar, kamu tentunya akan kesusahan untuk membuat PT PMA.

Namun, kamu tetap bisa menjadi pengusaha batu bara hanya bermodalkan ratusan ribu saja. Cara yang bisa kamu lakukan adalah menjadi shareholder atau investor dari perusahaan pertambangan batu bara seperti PTBA. Kamu bisa mempelajari cara berinvestasi dengan membaca ebook dasar investasi saham.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *