saham second liner fundamental bagus
saham second liner fundamental bagus

Ketahui 3 Saham Second Liner Fundamental Bagus

Posted on

Persentase Harian

Bagi seorang trader maupun investor, saham second liner fundamental bagus bisa menjadi peluang untuk mendapatkan keuntungan. Saham second liner memiliki daya tarik sendiri di kalangan trader dan investor pada bagian prospek di masa depan. Saham second liner dianggap memiliki potensi growth yang lebih tinggi dibandingkan dengan saham blue chip. Namun, sebelum trading dan berinvestasi di saham second liner, yuk simak dulu definisi saham second liner dan 3 saham second liner fundamental bagus pilihan persentase harian.

Cloud Hosting Indonesia

Definisi Saham Second Liner

Saham lapis dua atau sering disebut saham second liner maupun saham mid-cap adalah sebuah kelompok saham yang berisi saham-saham dengan market capital dikisaran 500 miliar rupiah hingga 10 triliun rupiah.

Kelebihan Saham Second Liner

Saham second liner memiliki kelebihan daripada saham blue chip, diantaranya:

  1. Harga dan valuasi saham yang cenderung lebih murah daripada saham blue chip sehingga lebih menarik para value investor.
  2. Memiliki potensi untuk berkembang lebih besar daripada saham blue chip sehingga bisa memberikan potensi return lebih besar.
  3. Saham second liner biasanya memberikan dividen lebih besar daripada saham blue chip.

Kekurangan Saham Second Liner

Selain kelebihan, saham second liner tentunya memiliki kekurangannya sendiri seperti:

  1. Harga saham cenderung lebih fluktuatif sehingga bisa membuat investor pemula merasa was-was.
  2. Ketika jajaran direksi gagal membuat perusahaan dengan saham second liner fundamental bagus berkembang, perusahaan tersebut bisa turun menjadi saham third liner.

Cara Mencari Saham Second Liner Fundamental Bagus

Cara mencari saham second liner fundamental bagus cukup mudah. Jika dianalisa secara makro, kamu cukup mencari perusahaan yang memiliki produk terbaik namun tidak termasuk kedalam saham blue chip.

Selain itu, kamu juga perlu melihat ke laporan keuangan perusahaan agar kamu tidak tertipu dengan harga saham saat ini. Kamu bisa menggunakan analisa fundamental dengan rasio Earnings Per Share (EPS) maupun Price to Book Value (PBV). Carilah perusahaan dnegan EPS tinggi namun memiliki PBV kurang dari 1.

3 Saham Second Liner Fundamental Bagus Pilihan Persentase Harian

Persentase harian memiliki 3 pilihan saham second liner fundamental bagus yang di antaranya:

1. BJTM

BJTM merupakan saham milik Bank Jatim. Perusahaan yang mayoritas dimiliki oleh pemerintah provinsi jatim ini memiliki nasabah yang cukup banyak di daerah jawa timur. Selain nasabah, saham BJTM juga diminati oleh para trader dan investor di seluruh Indonesia.

Hal mernarik dari saham BJTM adalah saham yang masih cukup murah dan memiliki dividen yield yang cukup besar. Sehingga para investor bisa merasakan capital gain sekaligus dividen setiap tahunnya.

2. MDKA

MDKA merupakan saham perusahaan Merdeka Copper Gold yang bergerak di pertambangan. Komoditas unggulan dari MDKA adalah emas. Kamu mungkin sempat mengikuti hype naiknya harga emas pada akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021. Naiknya harga emas, membuat harga saham MDKA juga ikut melambung.

3. DMAS

Saham second liner fundamental bagus pilihan terakhir adalah DMAS. Saham perusahaan PT Puradelta Lestari Tbk merupakan saham yang berfokus pada pengembangan properti terpadu. Saham DMAS menjadi pilihan menarik karena memiliki dividend yield yang besar.

Dividen tersebut diberikan sebanyak 2 kali dalam setahun dan setiap pembagian dividen, besaran yieldnya hampir 10% dari harga saat itu. Sangat menarik bukan?

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Sekian artikel mengenai 3 saham second liner fundamental bagus. 3 saham second liner tersebut hanyalah contoh. Jangan melakukan pembelian hanya karena kamu telah membaca artikel ini, lakukan analisamu sendiri karena investasimu adalah keputusanmu.

Kamu bisa meningkatkan kemampuan analisamu dengan mambaca ebook ini.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *