Cara Melupakan Seseorang Menurut Psikolog
Cara Melupakan Seseorang Menurut Psikolog

Ketahui 5 Cara Melupakan Seseorang Menurut Psikolog

Posted on

Persentase Harian

Melupakan seseorang yang sebelumnya sangat berarti bagimu adalah sesuatu yang sulit. Kamu mungkin memiliki beberapa teman yang memberikanmu saran, namun tidak ada yang berhasil. Yuk simak cara melupakan seseorang menurut psikolog berikut ini:

Cara Melupakan Seseorang Menurut Psikolog

1. Berikan Dirimu Waktu untuk Merenung

Ketika suatu hal buruk terjadi padamu akan terasa sangat sulit bagimu jika dituntut untuk tersenyum bahagia. Ibaratkan luka yang ada di tubuh, luka tersebut membutuhkan waktu untuk sembuh secara total.

Begitupula dengan hatimu. Berikanlah waktu sejenak untuk merenungi apa yang terjadi, apa yang hilang, dan apa yang tidak mungkin bisa kembali. Jika kamu memang perlu bersedih, bersedihlah.

Luapkan segala emosi yang ada dalam hatimu dan segera bersiap untuk melupakan hal tersebut. Ingat, akan ada sesuatu yang datang ketika sesuatu hilang.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

2. Ketahui Apa Penyebab Perpisahan Tersebut

Perpisahan dengan orang terkasih secara umum bisa dibagi menjadi dua, yaitu perpisahan karena kematian dan perpisahan karena perbedaan. Jika saat ini kamu bersedih karena perpisahaan yang disebabkan oleh kematian, tidak ada yang bisa kamu lakukan selain menerimanya.

Kematian merupakan sesuatu yang sudah pasti. Baik cepat maupun lambat hal itu akan terjadi. Oleh sebab itu, berikanlah waktu terbaikmu setiap saat pada orang terkasih karena tidak selamanya mereka akan bersamamu.

Perpisahan kedua adalah karena perbedaan. Perbedaan di sini bisa berarti dalam banyak hal. Misalkan kamu putus dengan pacarmu karena perbedaan visi, maka ketahuilah kenapa visi tersebut bisa berbeda.

Setiap orang memiliki alasannya tersendiri. Kamu tidak harus bisa menerima apa alasan orang tersebut tetapi coba pahamilah kenapa ia memilih pilihan tersebut sehingga kamu bisa melupakannya.

3. Terima Apa yang Sudah Terjadi

Ketika kamu sudah mengetahui apa penyebab dari kehilanganmu, kamu pun bisa mulai menerima apa yang sudah terjadi. Cara melupakan seseorang menurut psikolog ketiga ini adalah sesuatu yang sulit.

Hal ini dikarenakan kamu akan berusaha merelakan kenangan-kenangan yang ada tersebut tidak akan terulang kembali. Ketika kamu mengetahui sesuatu tidak akan sama, kamu akan merasakan sebuah kekosongan dalam hatimu.

Namun, biarkan hal tersebut terlebih dahulu. Pahami bahwa dirimu saat ini memang memiliki kekosongan yang kekosongan tersebut suatu saat akan diisi oleh kenangan-kenangan lainnya.

4. Cari Aktivitas yang Bisa Memberikanmu Kebahagiaan

Cara melupakan seseorang menurut psikolog keempat adalah mencari aktivitas yang bisa membuatmu bahagia. Ketika kamu sudah menerima dan mengetahui bahwa terdapat kekosongan dalam diri, kamu harus mencari sesuatu yang lain untuk mengisinya.

Kamu bisa melakukan berbagai macam cara seperti berkumpul bersama teman, mencari hobi baru, mengejar impian yang selama ini tertunda, dan lain sebagainya. Intinya, aktivitas yang kamu lakukan harus memiliki dampak positif bagimu.

Tidak perlu memaksakan diri bahwa kamu harus segera bahagia karena mungkin lukamu memang belum sembuh. Berjalanlah secara perlahan namun pasti menuju kebahagiaanmu.

5. Mulailah Membuka Hati Terhadap Orang Lain

Cara melupakan seseorang menurut psikolog terakhir adalah membuka diri terhadap orang lain. Hal ini mungkin akan menjadi sulit bagimu karena kamu baru saja kehilangan seseorang yang kamu cintai.

Membuka hati disini diartikan bahwa kamu sudah siap menerima orang lain untuk bisa membahagiakanmu. Percayalah, banyak orang di luar sana yang ingin membuatmu tertawa bahagia seperti dulu.

Kamu tidak harus menganggap orang baru tersebut sebagai pengganti seseorang kesayanganmu sebelumnya. Terimalah bahwa mereka merupakan orang yang berbeda. Namun, satu hal yang pasti adalah mereka menginginkanmu untuk bahagia.

Jika perpisahanmu dikarenakan perbedaan, gunakan pembelajaran sebelumnya agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik. Ambil segala sesuatu yang positif dari hubungan sebelumnya dan gunakan untuk memperindah hubungan saat ini. Gunakanlah waktumu sebaik mungkin karena waktu merupakan sesuatu yang sangat berharga.

Cloud Hosting Indonesia

Sekian informasi mengenai cara melupakan seseorang menurut psikolog. Karena kamu sudah membaca artikel ini hingga selesai, kamu dapat membaca ebook ini secara gratis.

Cek juga artikel-artikel lainnya yang lebih bermanfaat untukmu.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *